11 Tips Puasa Sehat Ala Rasulullah, Yuk Terapkan!

Adanya perubahan selama puasa membuat tubuh rentan sakit. Sakit pada saat puasa akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu ibadah. Lalu apa tips puasa sehat yang bisa diterapkan?

Puasa adalah ibadah yang dilakukan umat Muslim selama satu bulan pada bulan Ramadhan. Pada bulan ini lah pahala akan dilipatgandakan dan dosa diampuni.

Namun disatu sisi, sebagian orang tidak bisa langsung beradaptasi dengan pola hidup saat puasa. Alhasil tubuh akan sakit dan ibadah pun terganggu.

Tips Puasa Sehat Ala Rasulullah

Tips Puasa Sehat

Selama bulan Ramadhan akan banyak perubahan seperti pola makan, pola tidur dan aktivitas sehari-hari. Hal ini tentunya akan lebih berpengaruh terhadap kesehatan tubuh selama puasa. Supaya badan tetap sehat dalam menjalani ibadah puasa, yuk ikuti tips puasa sehat ala Rasulullah seperti berikut ini. 

Baca Juga: 12 Persiapan Bulan Ramadhan, Yuk Amalkan Sekarang!

1. Tidak Melewatkan Sahur

Tips puasa sehat ala Rasulullah yang pertama yaitu tidak melewatkan sahur. Supaya ibadah puasa lancar tanpa lemas, disarankan untuk tidak melewatkan waktu sahur. Dengan sahur tubuh akan mendapatkan energi yang dapat membantu tubuh dalam menahan rasa lapar. 

2. Makanan Sehat Bergizi

Perubahan pola makan akan sangat berpengaruh pada tubuh. Hal ini juga yang dapat meningkatkan risiko imun tubuh melemah. Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat bergizi saat sahur dan berbuka. 

Kamu bisa coba mengonsumsi roti gandum, oatmeal, beras merah, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, ikan dan susu rendah lemak. Saat berpuasa disarankan mengonsumsi buah yang tinggi air seperti blewah, pir, semangka dan stroberi. Tips puasa sehat ini bisa kamu terapkan setiap hari.

3. Penuhi Kebutuhan Air

Tips Puasa Sehat

Berpuasa bukanlah alasan tubuh kekurangan cairan. Justru saat puasa penting bagi kamu untuk selalu mencukupi kebutuhan air. Umumnya kebutuhan cairan harian sekitar 2 liter atau 8 gelas. Kamu bisa membaginya seperti 2 gelas saat berbuka, 2 gelas sebelum tarawih, 2 gelas sebelum tidur dan 2 gelas saat sahur. 

4. Tidak Makan Berlebihan

Tips puasa sehat selanjutnya yaitu tidak makan berlebihan. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi yang berbunyi:

“Tidakkah seorang memenuhi wadah yang lebih buruk daripada perut. Cukuplah bagi seseorang anak Adam makan makanan yang dapat menggerakkan tulang punggungnya. Jika tidak boleh tidak, maka isilah sepertiga perutnya untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk napasnya.” (HR At-Tirmidzi).

Saat berpuasa hindari makan berlebih saat sahur dan berbuka. Sebab makan secara berlebihan dapat menyebabkan kram perut. Tak hanya itu saja, makan dengan porsi yang berlebihan dapat menyebabkan maag dan asam lambung naik. 

5. Kurangi Gorengan

Tips puasa sehat berikutnya yaitu mengurangi gorengan. Gorengan adalah salah satu makanan yang selalu ada di meja makan untuk buka puasa. Tapi tahukah kamu? gorengan juga termasuk makanan yang dapat menyebabkan kamu radang saat puasa loh. 

Gorengan mengandung lemak jenuh yang sulit untuk dicerna. Saat gorengan dikonsumsi saat buka puasa, maka lambung akan bekerja keras untuk mencernanya. Hal inilah yang menyebabkan kamu sulit buang air besar. Tak hanya itu saja, gorengan juga dapat membuat kolesterol naik secara pesat.

Oleh karena itu disarankan untuk mengurangi konsumsi gorengan saat puasa. Dengan begitu ibadah puasa akan lebih lancar tanpa terkena berbagai macam penyakit.

6. Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Tips puasa sehat selanjutnya yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan akan berbahaya bagi tubuh, terutama penderita diabetes. Oleh karena itu konsumsi secukupnya saja.

7. Banyak Mengonsumsi Buah

Mengonsumsi buah saat berbuka adalah tips puasa sehat ala Rasulullah. Kurma adalah jenis buah yang dikonsumsi Rasulullah saat berbuka. Dalam hadits yang berbunyi:

Dari Salman bin ‘Amir Adh Dhobbi radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak dapati kurma, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan.” (Bulughul Marom Hadis).

Namun perlu diperhatikan, memakan kurma sebaiknya tidak lebih dari tiga biji. Sebab kurma mengandung gula alami yang cukup tinggi, sehingga berdampak buruk bagi kesehatan. Selain kurma, kamu juga bisa mengonsumsi berbagai jenis buah lainnya seperti pisang, apel, jeruk dan lain-lain.

8. Konsumsi Sayur

Mengonsumsi sayur adalah tips puasa sehat yang harus kamu terapkan. Sama halnya dengan buah, sayuran adalah jenis makanan yang sangat bagus dikonsumsi selama puasa.

Kandungan nutrisi dan gizi pada sayur dapat membantu memenuhi kebutuhan harian. Dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah maka imunitas tubuh akan meningkat. Kamu pun tidak akan mudah sakit selama puasa.

9. Minum Vitamin

tips puasa sehat

Tips sehat puasa yang perlu kamu lakukan adalah konsumsi vitamin. Tidak semua orang bisa langsung beradaptasi saat puasa, sehingga tubuh menjadi lebih mudah sakit.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi berbagai vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit. 

10. Istirahat yang Cukup

Tips puasa sehat selanjutnya yaitu istirahat yang cukup. Saat puasa maka akan terjadi perubahan pola hidup termasuk jam tidur.

Supaya tubuh tetap mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat, maka disarankan untuk tidak begadang di malam hari. 

11. Rutin Berolahraga

Saat puasa bukan berarti tidak bisa berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga 1-2 jam sebelum berbuka atau setelah melakukan ibadah solat tarawih. Tips sehat puasa ini bisa kamu lakukan rutin supaya tubuh tetap bugar dan tidak mudah lemas selama puasa. 

Kegiatan Positif Selama Ramadhan

Tidak hanya mengetahui tips puasa sehat untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga harus menjaga ibadah serta memperbanyak pahala saat puasa. Ada banyak kegiatan positif yang bisa kamu lakukan selama puasa seperti:

1. Membaca Al-Quran

Bulan Ramadhan merupakan bulan dilipatgandakannya pahala. Supaya waktu yang kamu miliki tidak sia-sia, gunakanlah untuk membaca Al-Quran. Kamu pun akan mendapat pahala.

2. Mengikuti Kajian

Sudah seharusnya saat puasa melakukan berbagai macam kegiatan positif seperti mengikuti kajian. Mengikuti kajian bisa mengisi waktu dan menambah pahala selama puasa. Kamu bisa mengikuti kajian online atau di majelis.

3. Salat Berjamaah

Saat bulan Ramadhan kamu bisa mulai rutin ikut salat berjamaah di masjid. Dengan salat berjamaah kamu akan mendapat pahala yang dilipatgandakan oleh Allah. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Segala amal kebajikan anak Adam di bulan Ramadhan dilipatgandakan pahalanya dengan 10 hingga 700 kali lipat.” (HR. Muslim)

Tak hanya itu saja, ada beberapa kebaikan yang bisa kamu dapatkan jika salat berjamaah seperti:

  • Mendapat anugerah dari Allah
  • Upaya mematuhi perintah Allah SWT
  • Doa tidak tertolak
  • Menjaga diri dari setan
  • Bebas dari api neraka

4. Salat Tarawih

Bulan Ramadhan juga identik dengan salat tarawih. Solat sunnah ini sangat dianjurkan untuk dilaksanakan sesuai dengan Rasulullah SAW.

Salat terawih dapat dilakukan setiap malam selama bulan Ramadhan dimulai pada malam ke-1 hingga ke-30 bulan Ramadhan. 

Ada banyak kebaikan melaksanakan salat terawih seperti mendapat pahala, diampuni dosa, terhindar dari siksa kubur, diberikan kemudahan melewati jembatan Shirath al-Mustaqim dan lain-lain.

5. Sedekah

Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap anggota tubuh manusia memiliki keharusan sedekah pada setiap harinya. Yaitu seperti mendamaikan dua orang yang berselisih adalah sedekah.

Menolong orang yang naik kendaraan atau menolong mengangkatkan barangnya ke atas kendaraan, itu juga termasuk sedekah. Ucapan atau tutur kata yang baik adalah sedekah.

Setiap langkah yang kamu ayunkan untuk menunaikan sholat adalah sedekah. Menyingkirkan sesuatu yang membahayakan di jalanan umum adalah sedekah.” (HR Muslim).

Oleh karena itu kita dianjurkan bersedekah terutama saat bulan Ramadhan kepada fakir miskin. Seperti hadits yang diriwayatkan at-Tarmidzi dari Anas, Rasulullah bersabda

“Seutama-utamanya sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan”

Tips Puasa Sehat Bersama Vitameal

vitameal sereal sehat

Saat puasa penting untuk menjaga kesehatan supaya tidak mudah sakit. Salah satu upaya menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan penuh gizi seperti Vitameal.

Vitameal adalah sereal yang praktis, lezat dan menyehatkan. Vitameal sebagai sumber karbohidrat, protein rendah kalori yang diperkaya dengan serat Psyllium Husk, vitamin dan antioksidan. 

Vitameal memiliki kandungan gula yang rendah dan menggunakan susu kambing sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Vitameal mampu menjaga berat badan, baik untuk pencernaan, menjaga kekebalan tubuh dan pengganti sumber energi dan protein.

Kamu bisa mengonsumsi Vitameal saat sahur dan berbuka. Caranya pun mudah, cukup tuangkan 3 sendok makan Vitameal ke dalam gelas atau mangkuk. Kemudian tambahkan air panas sebanyak 150 ml, aduk dan Vitameal siap dihidangkan.

Itulah tips puasa sehat ala Rasulullah yang bisa kamu terapkan selama bulan Ramadhan. Jangan lupa untuk selalu makan makanan bergizi dan cukup istirahat supaya badan tetap fit. 

Tinggalkan komentar

Index