Hidup Sehat Dengan Vitameal, Ini Bahan-Bahan, Kandungan, dan 9 Manfaatnya

Orang Indonesia belum dibilang sarapan kalau belum makan nasi. Betul atau betul?

Meskipun mengenyangkan dan bermanfaat sebagai sumber energi, tetapi nasi putih disinyalir memiliki kandungan glukosa yang tinggi dan tidak disarankan untuk penderita penyakit tertentu, seperti diabetes tipe-2.

Alih-alih nasi, ada banyak pengganti nasi yang lebih kaya akan gizi lho, misalnya oat. Namun, oat dikenal akan rasanya yang kurang ramah di lidah masyarakat kita. Nah, kalau kamu ingin sarapan yang enak dan menyehatkan, kamu bisa banget coba Vitameal!

Wah, apa itu Vitameal?

Kalau kamu ingin tahu apa itu Vitameal, yuk simak selengkapnya pada pembahasan-pembahasan di bawah ini!

Dijamin nggak akan nyesel, deh!

Apa Itu Vitameal?

vitameal

Saat ini, makanan sehat merupakan topik yang hangat untuk diperbincangkan. Tidak hanya itu, sekarang ini sudah banyak orang yang mulai memiliki kesadaran untuk menerapkan hidup sehat.

Tidak heran kalau ada banyak produk makanan sehat yang dapat dengan mudah ditemukan. Di saat sebagian konsumen memutuskan untuk mengonsumsi, sebagian yang lain justru kurang tertarik dengan adanya produk tersebut.

Mengapa demikian?

Makanan sehat dikenal memiliki rasa yang kurang cocok di lidah, entah itu hambar, teksturnya kurang disukai, dan lain sebagainya. Jadi, banyak yang maju-mundur untuk mencoba makanan sehat, deh.

Eitsss, kamu cari yang enak dan menyehatkan?

Pilih Vitameal, dong!

Vitameal adalah sereal sehat yang hanya terbuat dari bahan-bahan unggulan tinggi gizi. Oleh karena itu, Vitameal dikenal sebagai cereal with high nutrition atau “sereal yang kaya akan gizi”.

Sereal yang satu ini disarankan untuk dikonsumsi sebagai pengganti makanan. Cara mengonsumsinya pun terbilang mudah sehingga Vitameal cocok sekali untuk kamu dengan aktivitas padat dan tidak sempat sarapan.

Kamu hanya perlu menambahkan air hangat dan Vitameal siap untuk dikonsumsi. Uniknya, cara mengonsumsinya sangat bervariasi, tergantung seberapa banyak air yang kamu gunakan.

Semakin sedikit air yang ditambahkan, maka teksturnya akan semakin kental seperti bubur. Sebaliknya, semakin banyak air yang digunakan, teksturnya semakin cair seperti minuman sereal.

Bahan-Bahan Vitameal

vitameal

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya pada pembahasan sebelumnya, Vitameal terbuat hanya dari bahan-bahan berkualitas tinggi yang kaya akan nutrisi. Inilah yang menjadikan Vitameal sebagai sereal enak dan menyehatkan.

In case you wonder, berikut dibawah ini merupakan deretan bahan-bahan yang terkandung dalam setiap gelas atau mangkuk Vitameal yang kamu konsumsi, di antaranya meliputi:

1. Psyllium husk

Psyllium husk adalah sumber serat yang berasal dari sekam atau kulit ari biji Plantago ovata atau yang memiliki nama lain tanaman ispaghula. Tanaman ini berasal dari daerah Mediterania, Asia Tenggara, Tengah, dan Timur, serta Amerika Utara.

Tidak banyak yang mengenal Psyllium husk sebab penggunaannya memang belum masif terutama di Indonesia, padahal nutrisinya bukan main, lho.

Melansir dari laman Healthline, manfaat Psyllium bagi kesehatan adalah untuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan, dan menjaga keseimbangan glikemik untuk penderita diabetes.

Dalam setiap 100 gram Psyllium husk, terkandung nutrisi seperti:

  • 350 kkal kalori
  • 200 mg kalsium
  • 18 mg zat besi
  • 18 mg natrium
  • 60 gram serat larut dalam air
  • 10 gram serat tak larut dalam air

2. Stevia

Stevia merupakan pemanis buatan yang berasal dari ekstrak daun tanaman Stevia rebaudiana. Di dalam daun tersebut, terkandung zat bernama steviol glycosides yang disinyalir memiliki rasa manis 100-400 kali lipat daripada gula pada umumnya.

Menggunakan stevia berarti kita turut mengurangi jumlah asupan gula meskipun tidak melakukan diet makanan manis sekalipun. Selain itu, stevia dikenal cukup baik di kalangan penderita diabetes sebab dapat membantu mengontrol diabetes.

Ada dua jenis bentuk stevia yang digunakan, yaitu cair dan bubuk. Bagaimanapun, cara penggunaannya pun berbeda. Cukup tambahkan sebanyak 1-2 tetes stevia cair atau 1-3 gram stevia bubuk pada minuman atau makanan kamu.

3. Susu kambing etawa

Generally, susu kambing etawa adalah susu yang berasal dari jenis kambing bernama Jamnapari atau Jamunapari. Lantas, bagaimana pada akhirnya disebut sebagai susu kambing etawa?

For your information, kambing Jamnapari berasal dari sebuah distrik bernama Etawah di India. Berangkat dari nama distrik tersebut, kini susu kambing jenis ini dikenal juga dengan nama susu kambing etawa.

Bagaimanapun, susu kambing etawa diyakini lebih sehat dibandingkan dengan susu sapi. Nyatanya, fakta ini benar adanya sebab kandungan protein dan kalsium pada susu kambing etawa lebih besar daripada susu sapi biasa.

Selain itu, ada banyak manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan meliputi menjaga kesehatan tulang, menstabilkan kadar kolesterol, meningkatkan imunitas tubuh, melancarkan pencernaan, menurunkan risiko serangan jantung, dan lain sebagainya.

Dalam satu gelas susu kambing etawa (200 ml), terkandung beragam nutrisi di dalamnya, seperti:

  • 130 kkal kalori
  • 13 gram lemak
  • 13 gram karbohidrat
  • 5 gram lemak
  • 200 mg kalsium
  • 5 mg zat besi
  • 160 mg fosfor
  • 320 g kalium
  • 70 mg natrium

4. Multigrain

Sekeren namanya, multigrain memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Tapi, multigrain itu apa sih?

Sebenarnya, multigrain adalah kombinasi antara biji-bijian, beras, dan lain sebagainya. Nah, multigrain yang terkandung di dalam Vitameal di antaranya adalah beras merah, jagung, kedelai, dan kacang hijau.

Tidak kaleng-kaleng, multigrain bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis pada tubuh seperti penyakit kanker, kardiovaskular, serta diabetes tipe-2.

Bahkan, para peneliti dan ahli medis menyarankan untuk mengonsumsi multigrain secara rutin sebagai bentuk dari upaya menerapkan pola hidup sehat.

5. Berries

Bahan Vitameal selanjutnya adalah berries, nih. Di dalam Vitameal, setidaknya ada 5 jenis berries yang ditambahkan pada sereal ini, yaitu blueberry, cranberry, raspberry, cherry, dan anggur hijau.

Meski bentuknya kecil, buah semacam ini masuk dalam kategori superfood yang mengandung sejuta nutrisi bagi tubuh, lho. Selain itu, rasanya yang manis dengan little hint of sour sangat disukai oleh orang-orang.

Ngomong-ngomong soal manfaatnya, berries dapat menurunkan risiko diabetes, mengobati peradangan pada kanker dan penyakit jantung, menjaga sistem imun tubuh sebagai sumber vitamin C, menurunkan risiko infeksi bakteri, melindungi otak, dan masih banyak lagi.

6. Oat

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah oatmeal. Makanan jenis ini mirip dengan bubur dengan tekstur lebih kental dan lengket serta rasanya yang tergolong hambar.

Nah, oatmeal sendiri merupakan jenis makanan yang terbuat dari oat yang dimasak atau direbus dengan susu atau air. Oat diyakini sebagai biji-bijian paling sehat di dunia.

Mengapa demikian?

Kamu perlu tahu nih, bahan Vitameal yang satu ini mengandung berbagai nutrisi yang luar biasa, mulai dari vitamin, serat, mineral, hingga antioksidan. Selain itu, oat cocok untuk kamu yang sedang mengurangi makanan gluten karena oat gluten-free, lho!

Dalam setiap 100 gram oat kering, nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah:

  • 379 kkal kalori
  • 67,7 gram karbohidrat
  • 6,52 gram lemak
  • 13,15 protein
  • 52 mg kalsium
  • 410 mg fosfor
  • 138 mg magnesium
  • 362 mg kalium
  • 10,84 gram air

Manfaat Vitameal

vitameal

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai bahan-bahan di dalam Vitameal, kita akan mengupas lebih dalam mengenai manfaat Vitameal untuk kesehatan.

Berdasarkan superfood yang terkandung di dalamnya, adapun manfaat Vitameal untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh jika kamu mengonsumsinya secara rutin, di antaranya adalah:

1. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas adalah senyawa berbahaya yang memicu berbagai penyakit pada tubuh. Senyawa semacam ini harus dihalau supaya tidak mengakibatkan munculnya penyakit di kemudian hari.

Nah, di sinilah antioksidan memainkan perannya. Sudah menjadi rahasia umum kalau antioksidan merupakan sebuah senyawa yang bertugas menangkal radikal bebas. Kabar baiknya, hampir semua bahan Vitameal mengandung antioksidan, nih!

2. Menurunkan tekanan darah

Multigrain merupakan campuran biji-bijian yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi.

Salah satu komposisi dalam multigrain berupa beras merah memperkecil risiko seseorang terkena hipertensi sebab serat tambahan yang terkandung di dalamnya.

3. Menjaga kadar kolesterol

Tidak selalu buruk, kolesterol memiliki peranan penting dalam pembentukan sel. Namun, kadar kolesterol yang berlebihan justru menjadi bumerang tersendiri bagi seseorang.

Inilah alasan mengapa kita harus menjaga kadar kolesterol dalam tubuh dengan baik sebab kondisi semacam ini merupakan pemicu penyakit kronis dan berbahaya.

Bagaimanapun, kandungan beta glucan dalam oat Vitameal mampu menurunkan serat larut dan kolesterol yang dapat mencegah penyerapan kolesterol jahat pemicu stroke dan serangan jantung.

4. Pengganti sumber energi

Oat banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin mendapatkan sumber energi sebagai pengganti nasi. Kenapa demikian?

Kandungan karbohidrat pada oat akan diolah menjadi energi yang bermanfaat untuk menjalankan segala aktivitas serta memastikan tubuh memainkan fungsinya dengan baik.

5. Baik untuk pencernaan

Komposisi berupa Psyllium husk inilah yang menjadikan Vitameal baik untuk pencernaan. Hal ini sejalan dengan manfaat Psyllium husk yang dikutip dari laman Healthline.

Kok bisa, sih?

Perlu kita ketahui bersama, kandungan serat yang tinggi (high fiber) dalam Psyllium husk inilah yang berperan penting dalam melancarkan pencernaan.

6. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh berfungsi mencegah benda asing seperti virus, bakteri, parasit, dan sejenisnya menginfeksi tubuh.

Kamu bisa nih mendapatkan kebaikan atau manfaat Vitameal yang satu ini berkat komposisi berries yang kaya akan vitamin C.

7. Menjaga kesehatan tulang

Siapa sangka minuman sekaligus makanan sereal bernama Vitameal baik untuk kesehatan tulang karena kandungan susu etawa di dalamnya, nih.

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum kalau susu kambing etawa kaya akan kandungan kalsiumnya yang tinggi (high calcium).

Kandungan semacam ini sangat dibutuhkan oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak dalam perkembangan tulangnya, hingga lansia untuk mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang).

8. Menjaga berat badan

Buat kamu yang sedang mengontrol diet dengan menjaga berat badan, merupakan keputusan yang tepat kalau kamu menjatuhkan pilihanmu pada Vitameal.

Selain melancarkan pencernaan, Psyllium husk dikenal baik dalam menjaga berat badan. Tidak mustahil kamu dapat dengan mudah mendapatkan berat badan ideal dengan Vitameal, lho.

9. Mencegah penyakit kronis

Zaman sekarang, sangat mudah penyakit kronis menyerang tubuh terutama dari pola makan yang tidak sehat. Tetapi tidak jika kamu mengonsumsi Vitameal secara rutin.

Multigrain yang merupakan kombinasi dari jagung, beras merah, kacang hijau, dan kedelai mampu mencegah penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes menyerang tubuh.

Kandungan Vitameal

vitameal

Bukan minuman dan makanan sereal biasa, Vitameal hadir dengan bahan-bahan yang sangat luar biasa, mulai dari Psyllium husk, oat, susu kambing etawa, stevia, berries dan multigrain. Yang jelas, nutrisi atau kandungan Vitameal tidak kaleng-kaleng, nih!

Berikut di bawah ini merupakan kandungan Vitameal yang membawa sejuta kebaikan bagi tubuh kita, di antaranya meliputi:

  • Vitamin C
  • Antioksidan
  • Kalsium
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Protein

Superb! Ternyata, Vitameal memiliki kandungan dan manfaat yang sangat kompleks. Tidak heran kalau Vitameal digadang-gadang menjadi minuman dan makanan sereal pertama di Indonesia dengan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Maka dari itu, Vitameal aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia, terutama buat kamu yang ingin menerapkan pola hidup sehat.

Selain itu, Vitameal juga direkomendasikan buat kamu yang memiliki aktivitas padat namun ingin tetap sehat sebab nutrisi di dalamnya sangat lengkap, lho.

Ingin makan enak dan menyehatkan

Apalagi kalau bukan Vitameal!

Yuk, pesan sekarang dan bersiaplah untuk hidup sehat bersama Vitameal!

Your tasty healthy meal.

Tinggalkan komentar

Index