12 Persiapan Bulan Ramadhan, Yuk Amalkan Sekarang!

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim. Pada bulan mulia ini pahala ibadah dilipatgandakan, dosa diampuni, doa dikabulkan, pintu surga terbuka dan pintu neraka ditutup.

Pada bulan Ramadhan umat muslim juga dilatih kesabarannya untuk menahan diri dari berbagai godaan. Memasuki bulan Ramadhan ada beberapa persiapan yang dilakukan.

Lalu apa saja persiapan bulan Ramadhan yang harus dilakukan?

Persiapan Bulan Suci Ramadhan

Persiapan Bulan Ramadhan

Saat bulan Ramadhan, umat muslim akan melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Oleh karena itu sangat diperlukan kesiapan mental dan fisik yang baik supaya ibadah dapat berjalan dengan lancar. 

Beberapa minggu sebelum bulan puasa, biasanya umat islam akan menyiapkan hal yang dibutuhkan selama bulan Ramadhan. Berikut ini persiapan bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan:

1. Perkuat Iman

Persiapan bulan Ramadhan yang pertama adalah memperkuat iman. Menyambut bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah, sudah semestinya dibekali dengan iman yang kuat. Dengan iman yang kuat, maka selama bulan Ramadhan dapat mengendalikan kebiasaan buruk dan memanfaatkan waktu dengan baik untuk meningkatkan ibadah.

2. Memperdalam Pengetahuan Tentang Agama

Supaya ibadah selama bulan Ramadhan dapat diterima, sebaiknya memperdalam pengetahuan tentang agama. Pelajari hal-hal yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan selama puasa. Selain itu kamu juga bisa belajar mengenai tata cara ibadah yang benar sesuai dengan syariat islam. 

Saat bulan Ramadhan kamu juga bisa mengikuti berbagai kajian yang dilaksanakan di masjid. Hal ini akan membantu kamu menerima ilmu baru tentang agama. 

3. Persiapan Fisik

Persiapan bulan Ramadhan selanjutnya yaitu persiapan fisik. Supaya ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar, maka penting untuk menjaga kondisi fisik dan jasmani. Baik sebelum atau saat bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk mengurangi kebiasaan yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan tidak sehat atau begadang. Sebab hal itu dapat membuat tubuh mudah sakit terutama saat puasa. 

3. Membayar Hutang Puasa

Persiapan bulan Ramadhan yang umum dilakukan wanita adalah membayar hutang puasa. Tidak hanya untuk perempuan saja, bagi laki-laki yang memiliki hutang puasa di tahun sebelumnya maka harus segera dilunasi sebelum masuk bulan Ramadhan. Membayar hutang puasa hukumnya adalah wajib dan dapat dilakukan kapan saja selama belum memasuki bulan Ramadhan. 

4. Mempersiapkan Kebutuhan 

Salah satu persiapan yang biasa dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan yaitu mempersiapkan kebutuhan sehari-hari. Saat bulan Ramadhan, orang-orang akan melaksanakan sahur sebelum berpuasa. Begitupun saat berbuka, biasanya ada berbagai macam menu makanan yang dimasak. Oleh karena itu mempersiapkan kebutuhan sangat diperlukan.

5. Mempersiapkan Perlengkapan Ibadah

Selain menyiapkan kebutuhan pangan, sebagai seorang muslim juga harus mempersiapkan perlengkapan ibadah selama bulan Ramadhan. Sebab saat bulan Ramadhan pahala dilipatgandakan, maka sudah seharusnya meningkatkan ibadah. Oleh karena itu penting mempersiapkan perlengkapan ibadah. 

6. Mempersiapkan Multivitamin

Persiapan bulan Ramadhan yang tidak boeh dilewatkan adalah multivitamin. Saat puasa, kita tetap melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja dan sekolah. Namun hal ini juga dapat meningkatkan risiko sakit saat bulan Ramadhan, sebab banyaknya aktivitas namun kurang hidrasi dan energi dapat menyebabkan imunitas tubuh menurun.

Supaya imun tetap kuat dan tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit, disarankan untuk mengonsumsi multivitamin saat puasa. 

7. Menyiapkan Mental

Persiapan bulan Ramadhan selanjutnya adalah mempersiapkan mental. Saat puasa mental harus dipersiapkan sebaik mungkin. Alangkah baiknya kita menyambut bulan Ramadhan dengan gembira dan hati yang bersih dan tulus. Kamu juga bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT supaya mental lebih tenang.

8. Berbuat Baik

persiapan bulan Ramadhan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk panen pahala sehingga harus banyak melakukan kebaikan saat bulan Ramadhan. Selain beribadah, kamu juga bisa membiasakan berbuat baik pada sesama dengan cara bersedekah.

9. Melatih Diri Menahan Hawa Nafsu

Menahan hawa nafsu adalah persiapan bulan Ramadhan yang harus dilakukan. Sebab tidak hanya menahan rasa lapar dan haus saja, namun saat berpuasa juga harus bisa menahan hawa nafsu seperti berhubungan seksual dengan pasangan.

10. Membuat Menu Sahur yang Sehat

Persiapan bulan Ramadhan yang biasa dilakukan beberapa orang yaitu membuat menu sahur. Disarankan untuk membuat menu sahur sehat yang memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna. Dengan begitu tubuh tetap mendapat nutrisi selama puasa dan tubuh tidak akan mudah lemas.

11. Memperbanyak Minum Air Putih dan Olahraga

Supaya fisik mampu berpuasa selama satu hari penuh, maka harus perbanyak minum air putih dan rutin berolahraga. Karena dengan banyak minum air putih, tubuh akan tetap terhidrasi dan mengurangi risiko haus yang berkepanjangan.

12. Silaturahmi ke Orang-Orang

Persiapan bulan Ramadhan selanjutnya yaitu bersilaturahmi ke orang-orang baik keluarga, tetangga, teman dan lain-lain. Silaturahmi merupakan bentuk kita dalam menyambut bulan Ramadhan dengan jiwa yang bersih dan hati yang tulus. 

Hal-Hal yang Membatalkan Puasa

persiapan bulan Ramadhan

Selain mengetahui persiapan bulan Ramadhan, kamu juga harus memahami hal-hal apa saja yang dapat membatalkan puasa. 

1. Makan dan Minum dengan Sengaja

Puasa adalah kegiatan menahan nafsu, termasuk nafsu makan dan haus. Apabila kamu makan dan minum dengan sengaja, maka hal ini tentunya akan langsung membuat batal puasa. Berbeda jika kamu makan atau minum dengan keadaan lupa dan tidak sengaja, maka puasa tetap bisa dilanjutkan.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Menjelang Puasa Agar Ramadan Penuh Berkah

2. Merokok

Meskipun bukan makanan, namun merokok juga salah satu kegiatan yang dapat membatalkan puasa. Oleh karena itu, saat puasa dianjurkan untuk berhenti merokok supaya ibadah puasa dapat berjalan lancar.

3. Muntah dengan Sengaja

Muntah yang dilakukan secara sengaja, dapat membatalkan puasa dan harus dibayar. Ketentuan ini disampaikan dalam hadits riwayat Abu Daud, Ibnu Majah dan Tirmidzi yang berbunyi 

“Barangsiapa muntah dengan tidak sengaja, jika ia sedang berpuasa maka tidak wajib qadha atasnya. Dan barangsiapa muntah dengan sengaja maka wajib qadha”

4. Haid atau Nifas

Saat berpuasa tubuh harus dalam keadaan suci. Bagi perempuan bisa tiba-tiba batal puasa jika haid atau nifas setelah melahirkan. Karena darah yang keluar merupakan darah kotor yang dapat membuat puasa batal.

5. Gila atau Hilang Akal

Dalam Hadits riwayat Abu Daud dan Ahmad yang berbunyi:

“Hukum (puasa) tidak berlaku atas tiga orang: anak kecil hingga dia baligh (dewasa), orang gila hingga dia waras dan orang tidur hingga dia bangun.”

Syarat mutlak seseorang dapat menjalani puasa yaitu berakal sehat. Jika syarat tersebut tidak terpenuhi, maka kewajiban berpuasa juga hilang.

6. Emosi

Saat berpuasa, kita harus bisa menahan hawa nafsu seperti marah. Jika seseorang emosi berlebihan saat sedang berpuasa, maka bisa membatalkan puasa. Tak hanya itu saja, pahala puasa juga akan berkurang.

7. Mengeluarkan Air Mani

Mengeluarkan air mani dengan sengaja akan membatalkan puasa. Namun jika air mani keluar saat mimpi basah, maka puasa tidak batal.

8. Bekam

Bekam adalah jenis pengobatan dengan cara mengeluarkan darah dari tubuh. Darah yang keluar saat bekam merupakan darah yang mengandung toksin, sehingga dapat membatalkan puasa. 

9. Berciuman

Meskipun tidak melakukan hubungan badan, namun berciuman dengan pasangan hukumnya makruh dan dapat membatalkan puasa. Sebab berciuman dapat mengundang nafsu dan keluarnya air mani.

10. Bergunjing atau Ghibah

Bergunjing adalah kegiatan yang seharusnya tidak dilakukan saat berpuasa. Meskipun tidak membatalkan puasa, namun ghibah akan mengurangi pahala puasa.

Persiapan Bulan Ramadhan Bersama Vitameal

vitameal
Konsumsi Vitameal Sebagai Sarana Persiapan Bulan Ramadhan

Menyambut bulan suci Ramadhan, ada beberapa hal yang harus disiapkan terutama yang memiliki riwayat asam lambung dan gerd. Supaya ibadah puasa dapat berjalan lancar, dibutuhkan makanan yang aman untuk lambung seperti Vitameal.

Vitameal merupakan sereal sehat dengan kombinasi serealia oat dan multigrain yang bagus untuk tubuh. Ada banyak manfaat Vitameal salah satunya mengatasi masalah asam lambung, maag dan gerd. 

Supaya ibadah puasa dapat berjalan lancar tanpa hambatan, maka disarankan untuk mengonsumsi Vitameal baik saat sahur atau berbuka. Tak hanya itu saja, Vitameal juga mampu mengatasi gangguan pencernaan dan mampu menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit selama puasa.

Itulah beberapa persiapan bulan ramadhan yang bisa kamu lakukan. Namun persiapan yang paling penting selama bulan ramadhan adalah memperkuat iman. Dengan iman yang kuat, maka hati akan terdorong melakukan banyak kebaikan dan ibadah selama bulan Ramadhan.

Tinggalkan komentar

Index