10 Rekomendasi Minuman Kesehatan Pasca Mudik Lebaran

Gaya hidup sehat tidak hanya tentang apa yang kamu makan, tetapi juga tentang minuman yang kamu konsumsi setiap hari. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang rekomendasi minuman kesehatan.

Mulai dari air lemon hangat yang menyegarkan hingga smoothie buah yang penuh dengan antioksidan. Kamu juga akan menemukan rekomendasi minuman kesehatan untuk menjaga imun tubuh supaya terhindar dari penyakit.

Pentingnya Konsumsi Minuman Kesehatan

Selain mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi, kamu juga harus mengonsumsi minuman yang sehat untuk menjaga kesehatan supaya terhindar dari serangan penyakit.

Perlu diketahui, sebagian besar tubuh terdiri dari air, oleh karena itu penting mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya supaya sistem metabolisme dan kinerja organ tetap berjalan. Namun bukan berarti bebas mengonsumsi berbagai macam minuman yang ada.

Air putih menjadi salah satu jenis minuman yang paling sehat. Air putih sangat berperan penting untuk memenuhi cairan dalam tubuh dan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. 

Kendati demikian, saat ini sudah ada banyak sekali pilihan minuman mulai dari yang ringan hingga minuman berenergi. Berbagai macam minuman juga hadir dengan berbagai varian rasa. Namun perlu diperhatikan, tidak semua jenis minuman baik dikonsumsi tubuh. 

Lalu apa saja rekomendasi minuman kesehatan yang harus dikonsumsi?

Baca Juga: Ketahui 10 Kebiasaan Buruk Saat Diet, Jangan Sampai Sia-sia!

Rekomendasi Minuman Kesehatan Pasca Mudik Lebaran

Minuman kesehatan memang sebaiknya rutin dikonsumsi supaya mendapat hasil yang maksimal. Ada banyak sekali manfaat minuman kesehatan yang bagus untuk tubuh terutama setelah lelah dalam perjalanan mudik. Berikut ini ini rekomendasi minuman kesehatan yang bisa kamu konsumsi

1. Teh Hijau

Rekomendasi minuman kesehatan yang pertama adalah teh hijau. Tidak sedikit orang yang konsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, teh hijau juga bisa dikonsumsi setelah mudik lebaran untuk menenangkan diri.

Dalam teh hijau terdapat kandungan L-theanine dan asam amino yang mampu meningkatkan gelombang alfa otak. Gelombang alfa dapat memberikan relaksasi, fokus dan ketenangan.

2. Smoothie

Rekomendasi Minuman Kesehatan

Rekomendasi minuman kesehatan selanjutnya yaitu smoothie. Smoothie adalah minuman yang terbuat dari buah segar dengan campuran yoghurt. Minuman ini cocok dikonsumsi setelah mudik lebaran karena dapat mengubah suasana hati yang buruk menjadi lebih baik.

Kandungan protein dalam yogurt juga dapat membantu meningkatkan kadar neurotransmitter yang dapat membuat suasana hati menjadi tenang. Tak hanya itu saja, probiotik juga bisa mengobati depresi.

3. Air Lemon Hangat

Jika kamu ingin kembali fokus setelah mudik, air lemon hangat rekomendasi minuman kesehatan yang sangat tepat. Dalam sebuah penelitian mengatakan jika aroma lemon dapat membantu meningkatkan kinerja otak dalam tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Dengan konsumsi air lemon hangat tubuh juga mendapatkan asupan vitamin C yang diperlukan untuk memproduksi norepinefrin dan neurotransmitter yang mengontrol perhatian.

4. Air Kunyit Hangat

Bukan hanya digunakan sebagai bahan makanan, kunyit juga bisa dijadikan sebagai rekomendasi minuman kesehatan yang enak.

Kunyit mengandung kurkumin yang bagus untuk kesehatan otak dan mampu mencegah gangguan kecemasan. Dalam sebuah penelitian mengatakan jika kunyit juga efektif mengobati gangguan mood.

5. Susu Hangat

Susu merupakan sumber triptofan yang baik sehingga cocok sebagai rekomendasi minuman kesehatan. Triptofan sangat berperan dalam produksi serotonin yang bagus untuk meningkatkan suasana hati.

Pilihlah rasa susu yang kamu sukai, namun jangan menambahkan pemanis lain dalam susu karena dapat meningkatkan kadar gula darah.

6. Teh Chai

rekomendasi minuman kesehatan selanjutnya adalah teh chai. Selain rasanya yang enak, teh chai juga memiliki berbagai kandungan yang dapat menenangkan seperti kayu manis.

Dalam sebuah penelitian mengatakan jika aroma kayu manis dapat meningkatkan rasa waspada dan bisa membantu mengurangi rasa frustasi. Oleh karena itu, konsumsi teh chai akan membantu meningkatkan suasana hati.

7. Air Kelapa

Air kelapa adalah rekomendasi minuman kesehatan yang menyegarkan. Air kelapa mengandung konstituen, niasin, tiamin, riboflavin, vitamin C dan asam patogen yang dapat meredakan stres.

Tak hanya itu, mengonsumsi air kelapa akan memberikan rasa segar pada tubuh dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. 

8. Teh Chamomile

Teh chamomile menjadi rekomendasi minuman kesehatan yang dapat mengurangi kecemasan dan stres. Teh ini juga memiliki berbagai macam manfaat yang bagus untuk kesehatan. Selain itu, teh chamomile sangat efektif melawan insomnia.

9. Wedang Jahe

Rekomendasi Minuman Kesehatan

Wedang jahe adalah minuman tradisional Indonesia yang sering dijadikan sebagai rekomendasi minuman kesehatan. Jahe mengandung senyawa aktif seperti sifat anti inflamasi dan antioksidan yang dapat meredakan peradangan pada tubuh. Tak hanya itu saja, wedang jahe juga bisa membantu menghangatkan tubuh.

10. Teh Jahe

Berbeda dengan wedang jahe, teh jahe adalah minuman teh yang dicampur dengan jahe. Teh jahe sebagai rekomendasi minuman kesehatan memberikan banyak manfaat yang bagus untuk tubuh.

Kandungan Senyawa aktif dalam jahe seperti gingerol dan shogaol memiliki sifat anti inflamasi yang meredakan gejala perut kembung, mual ddan pusing setelah perjalanan jauh.

Tak hanya itu saja, konsumsi teh jahe secara rutin juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan pencernaan. Minuman ini juga sangat ampuh membantu tubuh pulih setelah melakukan perjalanan jauh.

Rekomendasi Minuman Kesehatan untuk Menjaga Imun Tubuh

Rekomendasi Minuman Kesehatan

menjaga sistem kekebalan tubuh adalah bagian penting dari menjaga kesehatan secara keseluruhan. Ada beberapa minuman yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Berikut adalah beberapa diantaranya beserta penjelasannya:

1. Jus Jeruk

Jus jeruk kaya akan vitamin C, yang dikenal memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu produksi sel-sel kekebalan tubuh yang diperlukan untuk melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, jeruk juga mengandung antioksidan lainnya yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

2. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). Antioksidan ini telah terbukti memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh, membantu melawan radikal bebas dan memperkuat pertahanan tubuh terhadap infeksi.

3. Kombucha

Kombucha adalah minuman fermentasi yang dibuat dari teh hitam atau teh hijau yang difermentasi oleh bakteri dan ragi. Kombucha mengandung probiotik yang bermanfaat bagi sistem pencernaan dan juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memelihara keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

4. Minuman Berbahan Baku Herbal

Beberapa herbal seperti echinacea, jahe, dan kunyit dikenal memiliki sifat penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. kamu dapat membuat minuman herbal dari bahan-bahan ini dengan cara merebusnya dalam air panas dan menambahkan sedikit madu atau lemon untuk rasa dan manfaat tambahan.

5. Smoothie Berbasis Sayuran Hijau

Menggabungkan sayuran hijau seperti bayam, kale, atau selada dalam smoothie dengan tambahan buah-buahan segar dapat memberikan dosis vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh kamu.

6. Minuman Protein

Protein adalah nutrisi penting untuk memperbaiki dan membangun sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kekebalan tubuh. Minuman protein seperti susu almond, susu kedelai, atau whey protein shake dapat membantu memenuhi kebutuhan protein kamu dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Mengonsumsi minuman-minuman ini secara teratur sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan menjaga kamu tetap sehat dan bugar.

Namun, selalu penting untuk tetap mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman serta menjaga gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Manfaat Minuman Sehat

Rekomendasi Minuman Kesehatan

Minuman yang sehat dapat mendukung hidrasi tubuh, memberikan nutrisi penting, mendukung pencernaan, dan memberikan berbagai manfaat lainnya. Berikut adalah penjelasannya secara detail:

1. Meningkatkan Hidrasi

Salah satu keuntungan utama minuman sehat adalah meningkatkan kadar hidrasi tubuh. Minuman seperti air putih, teh herbal, dan jus segar membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Hidrasi yang memadai penting untuk menjaga fungsi optimal organ tubuh, karena tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air.

2. Pemberian Nutrisi

Minuman sehat seperti smoothie yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Ini membantu mendukung kesehatan tubuh dan meningkatkan kekuatan fisik.

3. Mendukung Pencernaan

Beberapa minuman seperti air lemon hangat atau teh herbal tertentu dapat membantu meningkatkan proses pencernaan dan mengurangi masalah seperti sembelit. Minuman ini merangsang sistem pencernaan, menjaga saluran pencernaan tetap lancar, dan secara keseluruhan membuat tubuh merasa lebih baik.

4. Menurunkan Risiko Penyakit

Konsumsi minuman sehat secara teratur dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidan dan nutrisi penting dalam minuman sehat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan peradangan.

5. Pengendalian Berat Badan

Minuman sehat seperti air putih dapat membantu merasa kenyang dan mengurangi keinginan makan berlebihan, sehingga membantu dalam pengendalian berat badan.

6. Meningkatkan Energi

Beberapa minuman seperti teh hijau mengandung kafein alami yang dapat meningkatkan energi tanpa efek samping negatif yang sering terkait dengan minuman berkafein tinggi, membantu menjaga kewaspadaan dan vitalitas sepanjang hari.

7. Merawat Kulit

Minuman seperti air dan herbal membantu menjaga kulit tetap sehat dan bersinar dengan menghidrasinya dari dalam. Kulit yang sehat mencerminkan kesehatan keseluruhan dan minuman sehat dapat membantu mencapai tampilan yang lebih segar dan muda.

8. Mengurangi Risiko Infeksi

Minuman seperti jus jeruk yang kaya akan vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit menular.

9. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Beberapa minuman seperti teh hijau dan air kelapa dapat meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi, membantu meningkatkan produktivitas sehari-hari dan menjaga kesehatan otak.

10. Mengurangi Risiko Kerusakan Sel

Minuman yang mengandung antioksidan, seperti teh herbal, membantu melawan radikal bebas dan mengurangi risiko kerusakan sel dalam tubuh, melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan masalah kesehatan yang mungkin muncul.

Tingkatkan Imun Tubuh Bersama Vitameal

Vitameal adalah daily meal nutrition (sereal sehat) dengan kombinasi fiber kompleks (serealia oat dan multigrain) sebagai sumber karbohidrat dan protein rendah kalori yang diperkaya dengan serat Psyllium Husk serta vitamin dan extra antioksidan yang bersumber dari mixed berry (raspberry, cherry, anggur hijau, dan blueberry). 

Vitameal memiliki kandungan gula yang rendah dan rendah allergen dengan penggunaan susu kambing sehingga Vitameal aman dikonsumsi setiap hari.

Vitameal bisa berperan sebagai pendamping pola makan sehat untuk memulai hidup sehat serta mengurangi resiko penyakit kronis yang disebabkan pola hidup yang tidak sehat.

Tinggalkan komentar

Index