7+ Olahraga untuk Bakar Lemak Tubuh dan Perut Supaya Tetap Ideal

Apakah kamu menginginkan tubuh yang lebih sehat dan ramping? Salah satu kunci untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui olahraga yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari peran penting olahraga untuk bakar lemak tubuh. 

Olahraga bukan hanya tentang memperkuat otot atau meningkatkan kardiovaskular, tetapi juga tentang membakar lemak yang menyebalkan. Ketika dilakukan dengan benar, aktivitas fisik dapat menjadi alat ampuh untuk membakar lemak tubuh, mempercepat metabolisme, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Dari latihan kardio yang menguras keringat hingga latihan kekuatan yang membentuk tubuh, kita akan menjelajahi berbagai jenis olahraga untuk bakar lemak tubuh yang cepat dan efektif. Tidak hanya itu, kita juga akan membahas strategi dan tips untuk mengoptimalkan rutinitas olahraga kamu guna mencapai hasil yang diinginkan.

Olahraga untuk Bakar Lemak Tubuh

Jika kamu sedang memiliki masalah berat badan yang naik, maka diperlukan olahraga dengan intensitas sedang hingga tinggi. Berikut ini jenis olahraga untuk bakar lemak tubuh yang bisa kamu terapkan setiap hari. 

1. Berlari

Berlari atau jogging adalah olahraga untuk bakar lemak tubuh yang paling efektif. Lari dengan kecepatan 12 km/jam akan membakar lebih dari 1000 kalori. Jika kamu sudah terbiasa jogging, kamu bisa meningkatkan waktu jogging lebih lama.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Minuman Kesehatan Pasca Mudik Lebaran

2. Tinju

Olahraga untuk Bakar Lemak

Tinju atau boxing merupakan olahraga untuk bakar lemak tubuh. Sebab tinju membutuhkan gerakan terus-menerus untuk melawan musuh. Dalam setiap satu jam, olahraga ini bisa membakar sekitar 550-800 kalori. Tidak heran jika olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

3. Senam Aerobik

Senam aerobik adalah jenis olahraga yang diiringi dengan musik. Olahraga ini biasanya dilakukan secara berkelompok. Senam aerobik menjadi pilihan tepat untuk membakar lemak tubuh karena seluruh tubuh bergerak mengikuti irama musik.

Biasanya senam aerobik dilakukan selama 1-2 jam per sesi. Gerakannya pun bervariasi tergantung dengan musik, namun olahraga ini akan mengeluarkan keringat yang cukup banyak. Perlu diketahui jika senam aerobik dapat membakar hingga 1000 kalori. Tidak heran jika senam aerobik merupakan olahraga untuk bakar lemak tubuh yang paling efektif.

4. High Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT adalah olahraga yang mengkombinasikan antara anaerobik dan aerobik sehingga dapat membakar kalori lebih banyak. Olahraga HIIT akan meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kebutuhan oksigen tubuh. 

Olahraga untuk Bakar Lemak Perut

Permasalahan yang hampir dirasakan semua orang baik laki-laki atau perempuan yaitu perut buncit. Sebagian orang dengan perut buncit mengaku kurang percaya diri. Perut buncit membuat penampilan terlihat kurang menarik terutama bagi wanita yang hobi memakai pakaian crop. 

Kunci supaya perut buncit hilang yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat mulai dari pola makan dan olahraga. Kurangi junk food dan perbanyak makan sayur dan buah. Supaya perut buncit hilang dengan cepat jangan lupa untuk olahraga. Ada beberapa jenis olahraga untuk bakar lemak perut dengan cepat, yaitu:

1. Burpees

Burpees adalah jenis olahraga untuk bakar lemak perut dengan melatih otot trisep, dada, bahu dan paha depan. Olahraga ini juga membuat jantung mengalirkan darah ke seluruh tubuh dengan baik. 

Dikutip dari Halodoc, dalam sebuah penelitian berjudul High-Intensity Intermittent Exercise and Fat Loss mengatakan jika burpees merupakan jenis olahraga intermiten intensitas tinggi yang sangat ampuh membakar lemak pada perut. 

Tak hanya itu saja, gerakan pada olahraga ini secara masif kegiatan tersebut juga dapat mengurangi kekebalan insulin dan mengakibatkan berbagai perubahan pada otot rangka yang meningkatkan pembakaran lemak dan toleransi glukosa.

Olahraga ini juga cukup mudah dilakukan. Cara pertama berdiri dengan posisi kali membuka selebar bahu. Setelah itu lakukan gerakan membungkuk dan posisi pinggul menungging. Saat pada posisi jongkok posisi tangan lurus kedua sisi tubuh setelah itu lompat setinggi-tingginya.

2. Mountain Climbers

Olahraga ini sekilas terlihat seperti push up, namun keduanya adalah jenis olahraga yang berbeda. Olahraga mountain climber dapat dilakukan dengan mudah hanya di rumah saja. 

Langkah pertama posisikan tubuh seperti push up. Setelah itu tekuk salah satu lutut ke bagian dada secara bergiliran. Saat sedang olahraga ini, pastikan kamu kencangkan otot perut supaya lebih banyak lemak yang terbakar.

3. Turkish Get-Up

Olahraga untuk bakar lemak perut selanjutnya adalah turkish get-up. Dalam prakteknya, olahraga ini membutuhkan alat bantu berupa kettlebell. Langkah pertama posisikan tubuh berbaring miring kiri, sedangkan tangan kiri lurus dengan posisi telapak tangan menempel pada lantai. Setelah itu angkat tangan kanan secara perlahan ke atas. 

4. Medicine Ball Burpees

Medicine ball burpees merupakan jenis olahraga yang dapat membantu menghilangkan perut buncit. Dalam prakteknya, olahraga ini membutuhkan alat bantu berupa bola. Langkah pertama posisi tubuh berdiri dengan kaki membuka selebar bahu. 

Lalu pegang bola dan posisikan kedua tangan di depan dada. Setelah itu rentangkan bola ke atas kepala dan banting ola ke tanah dengan posisi tubuh membungkuk. Rutin melakukan olahraga ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh. 

5. Side to Side Medicine Ball Slams

Olahraga untuk bakar lemak perut ini juga membutuhkan bola sebagai alat bantu. Cara prakteknya yaitu berdiri dengan kaki membuka selebar bahu. Pegang bola menggunakan kedua tangan dan arahkan ke depan dada. Setelah itu lempar bola dari tangan kiri ke tangan kanan dengan posisi kaki dan tubuh sedikit memutar ke kanan. 

6. Sit Up

Sit up adalah olahraga untuk bakar lemak perut secara efektif. Dikutip dari Halodoc, dalam jurnal ilmiah berjudul Associations of sit-up ability with sarcopenia classification measures in Japanese older women dikatakan jika sit up dapat melatih otot inti, mengencangkan otot perut, meningkatkan massa otot dan membakar lemak.

7. Skipping

Olahraga untuk Bakar Lemak

Skipping atau lompat tali merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dengan cepat. Rutin melakukan lompat tali akan membantu mengecilkan perut buncit dan mengencangkan otot perut. Jangan lupa diimbangi dengan konsumsi multivitamin supaya lemak terbakar lebih maksimal.

Jenis-Jenis Olahraga untuk Tubuh Tetap Ideal

Menjaga berat badan stabil dan tubuh yang ideal merupakan hal yang sulit. Selain mengontrol nafsu makan, beberapa olahraga di bawah ini akan membantu kamu menjaga tubuh supaya tetap ideal.

1. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah olahraga yang paling mudah dan tidak memberatkan. Meskipun terlihat sepele, faktanya kebiasaan jalan kaki dapat membantu menjaga tubuh tetap ideal loh. Olahraga ini tidak membutuhkan alat bantu apapun dan bisa dilakukan kapan saja, dimana saja. 

Perlu kamu ketahui, berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit akan membantu membakar sebanyak 167 kalori. Semakin lama durasi berjalan kaki, maka semakin banyak jumlah kalori yang terbakar.

2. Bersepeda

Olahraga untuk Bakar Lemak

Bersepeda juga menjadi salah satu olahraga untuk bakar lemak dalam tubuh secara efektif. Sebab bersepeda 30 menit mampu membakar sebanyak 280-360 kalori. Apabila kamu tidak ingin keluar rumah, cobalah bersepeda menggunakan sepeda statis di rumah selama 30 menit. Jika sudah terbiasa, kamu bisa tingkatkan waktunya lebih lama.

3. Berenang

Jika kamu ingin berat badan tetap ideal, luangkan waktu untuk berenang. Berenang adalah salah satu olahraga yang menyenangkan. Tak hanya berat badan yang berkurang, berenang juga sangat efektif meringankan rasa cemas dan stres. 

Perlu diketahui berenang gaya punggung selama 30 menit dapat membakar 298 kalori, renang gaya bebas membakar 372 kalori dan gaya kupu-kupu membakar 409 kalori. Kamu bisa rutin berenang setiap dua kali seminggu. 

4. Yoga

Olahraga untuk Bakar Lemak

Jika kamu ingin menjaga tubuh ideal, cobalah untuk ikut yoga. Yoga adalah salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah. Melakukan yoga selama 40 menit dapat membakar sekitar 149 kalori.

Tak hanya itu saja, yoga juga dapat membantu mengontrol tubuh dan hawa nafsu untuk berhenti atau mengurangi makanan tidak sehat. Hal ini tentunya akan sangat mendukung kamu yang sedang menerapkan program diet. 

Menjaga Tubuh Ideal Bersama Vitameal

Salah satu upaya menjaga tubuh tetap ideal yaitu dengan olahraga. Namun itu saja tak cukup dan harus diimbangi dengan pola makan yang sehat. Salah satu makanan yang sehat dan penuh nutrisi adalah Vitameal.

Vitameal sebagai makanan tinggi nutrisi yang dapat dikonsumsi setiap hari. Sehingga vitameal dapat dimanfaatkan sebagai pengganti sarapan, pendamping makan malam maupun camilan disela-sela makan.

Vitameal memiliki rasa yang unik, flavory, serta manis yang pas sehingga mematahkan asumsi makanan sehat itu tidak enak/tawar. Selain itu vitameal juga menyehatkan karena high nutrition yang berasal dari kombinasi fiber kompleks,  berbagai vitamin dan extra antioksidan (5 mixed berries) serta penggunaan healthy sugar (stevia).

Kombinasi fiber kompleks dalam Vitameal akan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu akan membantu kamu dalam membatasi asupan makan dengan berlebih.

Tinggalkan komentar

Index