15 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Harus Tahu!

Mudik lebaran merupakan tradisi yang sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang di Indonesia. Namun, perjalanan pulang ke kampung halaman juga membawa sejumlah tanggung jawab, terutama terkait dengan keamanan dan kenyamanan rumah yang ditinggalkan.

Meninggalkan rumah saat mudik Lebaran memerlukan persiapan yang matang dan serangkaian tindakan yang penting untuk dipertimbangkan.

Dalam artikel ini, akan dibahas secara detail mengenai tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran. Mulai dari persiapan keamanan rumah, pengaturan utilitas, hingga perawatan hewan peliharaan dan tanaman, semua akan menjadi pembahasan utama agar perjalanan mudik berjalan lancar dan rumah tetap aman selama ditinggalkan.

Dengan mengikuti panduan yang disajikan dalam artikel ini, diharapkan pembaca dapat meninggalkan rumah dengan tenang dan fokus sepenuhnya pada kebahagiaan berkumpul dengan keluarga di hari Lebaran, tanpa khawatir akan keamanan rumah yang ditinggalkan. Mari simak dengan seksama panduan lengkapnya dalam artikel ini.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran
Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

1. Nyalakan Beberapa Lampu Rumah

Tips aman pertama meninggalkan rumah saat mudik lebaran yaitu menyalakan lampu rumah. Apabila kamu mempunyai rencana mudik selama beberapa hari, disarankan untuk menyalakan beberapa lampu rumah termasuk teras. 

Baca Juga: 15 Ide Makanan Khas Lebaran dari Beras, Mudah dan Enak!

Sebab rumah yang terang akan menkamukan jika ada pemiliknya di rumah. Namun jika menurut kamu menyalakan lampu sepanjang hari boros, kamu bisa minta tolong tetangga untuk menyalakan lampu pada siang hari dan mematikannya pada malam hari.

2. Pintu dan Jendela Terkunci Rapat

Hal paling penting dan tidak boleh dilewatkan yaitu selalu mengunci pintu dan jendela rapat-rapat. Supaya lebih aman, kamu juga bisa menambahkan gembok di beberapa pintu. Jangan lupa untuk membawa kunci rumah saat mudik. Hindari menyimpan kunci di tempat yang mudah diketahui seperti pot bunga, keset, rak sepatu dan lain-lain.

3. Cabut Semua Barang Elektronik dari Stop Kontak

Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

Selain kunci pintu dan jendela, hal penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu mencabut barang elektronik dari stop kontak.

Hal ini akan menghindari dari musibah seperti korsleting atau arus pendek listrik yang dapat menimbulkan kebakaran. Sebelum kamu pergi mudik, pastikan sudah mencabut kabel radio, lemari es, televisi, mesin cuci dan lain-lain.

4. Jangan Meninggalkan Barang Berharga

Jika kamu berencana mudik dalam waktu yang cukup lama, sangat disarankan untuk tidak meninggalkan barang berharga di rumah seperti uang tunai, sertifikat rumah, perhiasan dan lain-lain.

Namun jika kamu ingin tetap meninggalkan barang-barang tersebut, pastikan simpan di tempat yang aman dan tidak terjangkau dari orang-orang.

5. Memberitahu RT dan RW Setempat

Warga sekitar berperan sangat penting saat kamu akan melakukan perjalanan mudik. Oleh karena itu, sebelum mudik disarankan untuk lapor RT atau RW untuk membantu menjaga rumah selama mudik. Jangan lupa untuk memberikan nomor telepon supaya kamu mudah menghubunginya.

6. Memasang Detektor pada Jendela dan Pintu

Rumah yang kosong akan sangat menarik perhatian pencuri. Umumnya, saat pencuri tahu jika ada rumah kosong, mereka akan membobol jendela dan pintu. Oleh karena itu disarankan untuk memasang detektor yang berfungsi untuk mendeteksi ada pergerakan di sekitar rumah. Detektor akan mengirim alarm peringatan ke kamu melalui handphone jika rumah dibuka secara paksa.

7. Lepas Regulator Gas

Jika kamu mudik lama, disarankan untuk melepas regulator gas. Sebelum pergi, kamu juga harus memastikan jika tabung gas dalam keadaan aman. Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran gas yang menimbulkan kebakaran rumah.

8. Pastikan Token Listrik Terisi

Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran selanjutnya mengisi token listrik. Sebelum kamu mudik, pastikan terlebih dahulu token listrik sudah terisi.

Hal ini akan membantu lampu tetap menyala saat ditinggal mudik dan alarm token tidak berbunyi. Sebab alarm token yang bunyi akan mengganggu kenyamanan orang-orang sekitar.

9. Pasang CCTV

Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran selanjutnya memasang CCTV. Supaya kamu bisa mudik dengan tanpa kepikiran rumah, kamu bisa memasangkan kamera pengawas di beberapa bagian rumah. Pilihlah jenis kamera yang dapat terhubung dengan aplikasi smartphone.

Kamu bisa memasang CCTV di setiap sudut dengan ketinggian 2-3 meter. Dengan begitu kamu bisa melihat semua titik di rumah.

10. Kosongkan Bak Mandi

Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran selanjutnya yaitu mengosongkan bak mandi. Karena di rumah tidak ada orang, maka disarankan untuk mengosongkan bak mandi atau ember.

Hal ini dapat mencegah nyamuk berkembang biak dan menjadi sarang penyakit. Kamu juga bisa membalikan posisi penampungan air supaya tetap kering dan tidak ada nyamuk

11. Melakukan Pembayaran Tagihan Listrik di Awal Bulan

Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran selanjutnya membayar tagihan listrik. Untuk para pelanggan pascabayar, disarankan untuk melakukan pembayaran tagihan listrik di awal bulan, terutama sebelum tanggal 20.

Tindakan ini bertujuan untuk menghindari potensi denda akibat keterlambatan pembayaran dan juga untuk mencegah pemutusan pasokan listrik. Hal ini penting, terutama bagi mereka yang akan mudik, agar ketika kembali ke rumah, tidak mengalami kendala pasokan listrik.

12. Mematikan Keran Air

Saat meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran dalam beberapa hari, disarankan untuk mematikan aliran air. Tindakan ini bertujuan untuk mencegah pemborosan air yang tidak perlu mengalir.

Selain mengurangi tagihan air yang membengkak, mematikan keran air juga mencegah terjadinya genangan air yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

13. Membersihkan Rumah

Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran selanjutnya yaitu membersihkan rumah. Sebelum meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran, disarankan meluangkan waktu untuk membersihkan rumah secara menyeluruh.

Meninggalkan rumah dalam keadaan kotor untuk waktu yang lama dapat menyebabkan munculnya hama seperti tikus, kecoa, dan semut. 

Oleh karena itu, membersihkan rumah sebelum berangkat mudik adalah langkah penting untuk menghindari kejadian tersebut.Jika terdapat rumput liar atau tanaman liar di sekitar rumah, sebaiknya dipotong terlebih dahulu agar tampilan rumah saat ditinggalkan mudik Lebaran tetap terjaga.

14. Menitipkan Hewan Peliharaan

Jika memiliki hewan peliharaan di rumah, sebaiknya dipertimbangkan untuk membawa hewan tersebut bersama saat mudik atau menitipkannya ke tempat penitipan hewan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan hewan peliharaan tetap terjaga dan mendapatkan perawatan yang cukup selama pemiliknya sedang mudik dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hal yang sama juga berlaku bagi pemilik tanaman hias yang cukup banyak. Meminta bantuan tetangga untuk menyiram tanaman selama pemiliknya sedang mudik adalah langkah yang bijaksana.

15. Memasang Alarm Kebakaran

Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

Untuk meningkatkan tingkat keamanan rumah saat ditinggalkan untuk mudik Lebaran, disarankan untuk memasang alarm kebakaran di rumah.

Alarm tersebut dapat dipasang di area lorong dekat kamar tidur untuk mendeteksi adanya asap yang mungkin timbul akibat kebakaran. Dengan alarm yang berdering, resiko kebakaran dapat diminimalisir karena dapat segera ditindaklanjuti oleh tetangga terdekat.

Itulah beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran. Kamu bisa menerapkan tips di atas supaya mudik lebih tenang dan rumah pun tetap aman saat ditinggal. Selamat mudik untuk semuanya

Ciptakan Tubuh Langsing, Ideal dengan Vitameal

Untuk mendukung kecantikan, kamu tidak hanya menjaga kesehatan kulit wajah namun juga tubuh. Tubuh yang ideal akan membuat kamu terlihat cantik dan percaya diri. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menerapkan pola makan sehat salah satunya dengan Vitameal.

Vitameal adalah sereal sehat dengan kombinasi sereal oat dan multigrain yang bagus untuk tubuh. Ada banyak manfaat Vitameal salah satunya yaitu membantu menurunkan berat badan. 

Vitameal juga terbuat dari susu kambing yang membantu dalam meningkatkan imunitas dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi Vitameal dapat membuat tubuh lebih kuat, tidak mudah sakit akibat virus dan bonus tubuh ideal.

Tinggalkan komentar

Index