15 Ide Makanan Khas Lebaran dari Beras, Mudah dan Enak!

Menjelang Idul Fitri banyak yang harus disiapkan termasuk memilih menu makanan. Umumnya idul fitri identik dengan ketupat dan opor ayam. Selain ketupat, apa saja makanan khas lebaran dari beras yang bisa disajikan? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Setelah berpuasa satu bulan penuh, umat islam akan merayakan hari kemenangan yang disebut lebaran. Lebaran atau Idul Fitri merupakan hari raya umat Islam di seluruh dunia. Lebaran dirayakan pada 1 Syawal tahun Hijriah. Pada hari raya Idul Fitri orang-orang akan saling bermaafan dan bersilaturahmi ke rumah saudara atau tetangga. 

Tak hanya itu saja, lebaran juga identik dengan berbagai macam makanan salah satunya ketupat. Selain ketupat ada beberapa makanan khas lebaran dari beras yang enak untuk dinikmati. 

Ide Makanan Khas Lebaran dari Beras

Supaya tidak bosan dengan menu ketupat saat lebaran, berikut ini adalah ide makanan khas lebaran yang bisa kamu buat di rumah.

Baca Juga: 5+ Kebiasaan Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing, Mudah Ditiru!

1. Lemper

makanan khas lebaran dari beras
Makanan Khas Lebaran dari Beras

Makanan khas lebaran yang terbuat dari beras selain ketupat yaitu lemper. Lemper merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan putih.

Cara membuat lemper tidak jauh berbeda dengan membuat ketupat. Hanya saja membuat lemper harus menambahkan sedikit santan dan isian beruba daging cincang atau abon. Lemper juga dibungkung menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. 

2. Lepet

Dari bungkusnya lepet dan ketupat sama-sama menggunakan daun. Namun lepet dibentuk memanjang sedangkan ketupat persegi. Lepet juga merupakan salah satu makanan khas lebaran dari beras ketan yang dicampur dengan kacang dan santan. Lepet memiliki rasa yang enak sehingga menjadi favorit setiap orang.

3. Lemang

Lemang adalah makanan khas lebaran yang terbuat dari beras ketan dan santan. Lemang dimasak cukup unik menggunakan seruas bambu yang masih basah. Meskipun jarang terdengar, namun lemang merupakan makanan khas yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Jenis makanan ini juga terkenal di beberapa negara seperti Malaysia.

4. Lontong

Selain ketupat, lontong menjadi makanan khas lebaran dari beras yang menjadi pilihan orang-orang. Berbeda dengan ketupat, lontong dibuat dengan cara digulung menggunakan daun pisang dan direbus cukup lama. Kamu bisa menyajikan lontong bersama dengan opor.

5. Tape Beras Ketan

makanan khas lebaran dari beras
Makanan Khas Lebaran dari Beras

Meskipun bukan hidangan yang selalu tersedia di setiap rumah, namun tape beras ketan adalah makanan khas lebaran yang disukai banyak orang.

Tape ketan terbuat dari ketan hitam dan putih. Berbeda dengan makanan khas lebaran dari beras sebelumnya yang memiliki rasa asin dan gurih, tape ketan justru memiliki cita rasa asam, manis dan kecut. 

Cara membuat tape ketan juga mudah. Kamu bisa memilih membuat tape ketan menggunakan beras putih atau hitam, setelah itu diproses dengan cara difermentasi. Dari proses fermentasi ini akan menciptakan rasa manis dan kecut pada ketan. Setelah difermentasi, tape ketan dibungkus menggunakan daun pisang.

6. Burasa

Burasa adalah makanan khas lebaran dari beras yang mirip dengan ketupat dan lontong. Yang membedakan yaitu pada bentuknya. Burasa berbentuk pipih, tidak terlalu panjang dan dibungkus menggunakan daun pisang. Burasa akan lebih nikmat jika disajikan bersama sambal goreng, opor ayam, bumbu kari atau kuah bersantan.

7. Sekubal

Sekubal merupakan makanan lebaran yang berasal dari Lampung. Makanan ini dibuat dari beras ketan dan santan, kemudian dimasak dengan cara dikukus. Sekubal dimasak dengan menggunakan daun pisang.

8. Jaddah

Meskipun jarang terdengar, namun jaddah salah satu makanan khas lebaran dari beras. Jika dilihat sekilas, jeddah mirip dengan lemper. Namun jaddah dikukus tanpa harus menggunakan daun pisang. Saat disantap, kamu akan merasakan parutan kelapa di dalamnya sehingga menjadikan cita rasa jaddah yang istimewa.

9. Sokko Tumbu

Sokko tumbu adalah makanan khas dari Bugis. Makanan ini menjadi primadona saat perayaan hari besar seperti lebaran, selamatan dan momen lainnya.

Sokko tumbu terbuat dari ketan dan santan, kemudian diolah dengan cara ditumbuk hingga berbentuk bulat memanjang. Setelah itu adonan sokko dibalut menggunakan daun pisang dan dimasak selama 4-5 jam Umumnya sokko tumbu disajikan bersama dengan Nora.

10. Pali-Pali

Makanan khas lebaran yang terbuat dari beras selanjutnya yaitu Pali-Pali. Pali-pali dibuat dari beras dan dibungkus dengan anyaman daun lontar. Pali-pali paling enak disajikan dengan sayur berkuah atau tumis.

11. Wajik

makanan khas lebaran dari beras

Wajik salah satu makanan khas lebaran dari beras yang terkenal di beberapa daerah. Wajik terbuat dari beras ketan dan memasaknya dengan cara dikukus dan dimasak dengan santan serta gula hingga lembut. Wajik memiliki rasa yang manis namun tetap enak.

12. Bubur Ketan Hitam

Bubur ketan hitam adalah hidangan tertutup yang disajikan dengan gula merah dan santan. Bubur ketan hitam memiliki rasa yang manis sehingga cocok dijadikan sebagai makanan penutup saat lebaran. Supaya lebih segar, kamu juga bisa sajikan bubur ketan hitam dengan es batu.

13. Nasi Kebuli

Selain opor, kini nasi kebuli menjadi salah satu pilihan makanan untuk hari raya idul fitri. Makanan yang khas dari Timur Tengah ini terbuat dari beras basmati yang dimasak dengan rempah-rempah dengan daging domba atau daging. 

14. Nasi Timbel

Nasi timbel adalah nasi yang dibuat dengan cara dikukus menggunakan daun pisang. Biasanya nasi timbel disajikan dengan berbagai lauk seperti sayur labu siam, ikan goreng dan sambal. Nasi timbel juga menjadi pilihan makanan saat lebaran.

15. Nasi Liwet

makanan khas lebaran dari beras

Nasi liwet merupakan makanan khas lebaran yang terbuat dari beras dengan cita rasa yang asin dan gurih. Nasi liwet enak disajikan dengan lauk pauk seperti kentang balado, ayam goreng, telur goreng dan lain-lain. 

Itulah ide makanan khas lebaran yang bisa kamu buat dirumah. Tidak lupa selalu sajikan dengan berbagai macam lauk pauk seperti ayam goreng, telur, opor dan lain-lain supaya makanan terasa lebih nikmat. 

Ciptakan Tubuh Langsing, Ideal dengan Vitameal

Untuk mendukung kecantikan, kamu tidak hanya menjaga kesehatan kulit wajah namun juga tubuh. Tubuh yang ideal akan membuat kamu terlihat cantik dan percaya diri. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menerapkan pola makan sehat salah satunya dengan Vitameal.

Vitameal adalah merupakan sereal sehat dengan kombinasi serealia oat dan multigrain yang bagus untuk tubuh. Ada banyak manfaat Vitameal salah satunya yaitu membantu menurunkan berat badan. 

Vitameal juga terbuat dari susu kambing yang membantu dalam meningkatkan imunitas dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi Vitameal dapat membuat tubuh lebih kuat, tidak mudah sakit akibat virus dan bonus tubuh ideal.

Tinggalkan komentar

Index