10 Kiat Jitu Kontrol Nafsu Makan, Dijamin Anti Melar-Melar Club

Salah satu upaya supaya diet berhasil yaitu dengan kontrol nafsu makan. Mengontrol nafsu makan dapat merubah pola makan sehat, terhindar dari berbagai macam penyakit dan membantu menurunkan berat badan. Lalu bagaimana cara yang efektif untuk mengontrol nafsu makan?

Penyebab Nafsu Makan Meningkat

Nafsu makan yang meningkat tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa faktor penyebab yang dapat meningkatkan nafsu makan seperti:

1. Aktivitas Fisik Meningkat

Salah satu penyebab nafsu makan meningkat karena banyaknya aktivitas fisik yang dilakukan. Banyaknya aktivitas fisik membuat tubuh membutuhkan kalori yang cukup sebagai sumber energi. Kebutuhan kalori yang meningkat jug membuat nafsu ikut meningkat.

2. Penyakit

Nafsu makan yang meningkat bisa juga disebabkan oleh penyakit. Saat sakit sistem kekebalan tubuh akan bekerja dan membutuhkan banyak kalori. Hal inilah yang menyebabkan nafsu makan meningkat.

3. Masa Pemulihan dan Pasca Operasi

Saat tubuh sedang masa pemulihan pasca sakit atau operasi, metabolisme tubuh dalam keadaan anabolik atau keadaan konstruksi yang membutuhkan kalori sehingga nafsu makan kamu meningkat secara tidak sadar.

4. Hamil

kontrol nafsu makan

Nafsu makan meningkat saat hamil adalah hal yang wajar. Sebab saat hamil memberi makan dua orang sekaligus sang ibu dan bayi dalam kandungan. Bayi membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh kembangnya sejak dalam kandungan.

Baca Juga: 20 Camilan Rendah Kalori dan Sehat untuk Diet agar Berat Badan Tetap Terjaga

5. Diabetes

Seringkali peningkatan nafsu makan dianggap biasa oleh orang-orang. Namun tahukah kamu jika diabetes juga menjadi penyebab nafsu makan meningkat loh. Diabetes tipe satu akan membuat nafsu makan meningkat, rasa haus yang berlebihan dan berat badan yang turun drastis. 

6. Stress

kontrol nafsu makan

Stress juga bisa menjadi penyebab nafsu makan meningkat. Saat sedang stress umumnya orang akan melampiaskan hal tersebut ke makanan. Secara tidak sadar akan mengonsumsi berbagai jenis makanan dalam satu waktu. Dibandingkan dengan makan, kamu bisa mengurangi stress dengan berolahraga, yoga, meditasi dan lain-lain.

7. Kurang Tidur

Kurang tidur atau pola tidur yang berantakan hingga sering begadang akan mengganggu dalam menurunkan berat badan. Sebab kebiasaan buruk saat diet seperti kurang tidur nantinya akan meningkatkan kadar kortisol yang akan memperlambat metabolisme, sehingga menyebabkan produksi lemak perut yang berlebih.

Cara Kontrol Nafsu Makan

Otak dan hormon berperan dalam kontrol nafsu makan naik atau turun. Rasa lapar akan muncul saat gula darah dalam tubuh menurun karena banyaknya aktivitas yang membutuhkan energi. Ketikan sinyal lapar ini diterima oleh otak, tidak lama tubuh akan merespon dengan memunculkan keinginan untuk akan. Adapun hormon yang berperan dalam mengontrol nafsu makan seperti hormon insulin, leptin, glukagon dan ghrelin. 

Namun sayangnya beberapa orang banyak yang memiliki nafsu makan besar yang berisiko naiknya berat badan hingga obesitas. Nafsu makan yang tinggi bisa menjadi sesuatu yang buruk jika dibiarkan saja. Namun ada beberapa cara yang bisa kamu terap untuk kontrol nafsu makan supaya tidak berlebihan.

1. Jangan Lewatkan Makan

Jika kamu ingin kontrol nafsu makan maka jangan lewatkan jam makan. Melewatkan jam makan justru akan meningkatkan nafsu makan secara tidak sadar. Tak hanya itu melewatkan jam makan justru akan memperlambat proses metabolisme tubuh. Hal ini akan mengandung rasa lapar dan membuat tubuh ingin mengonsumsi lebih banyak kalori.

2. Tidur Cukup

Tidur yang cukup saat malam hari dapat membantu kamu dalam kontrol nafsu makan loh. Sebab kebiasaan buruk saat diet seperti kurang tidur nantinya akan meningkatkan kadar kortisol yang akan memperlambat metabolisme, sehingga menyebabkan produksi lemak perut yang berlebih dan nafsu makan lebih meningkat.

3. Atur Porsi Makan yang Pas

Dikutip dari Hello Sehat, penelitisn American Journal of Clinical Nutrition mengatakan jika mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit, pada hari berikutnya kemungkinan akan mengurangi porsi makan lebih sedikit. Hal ini bisa kamu coba untuk kontrol nafsu makan supaya berat badan tidak naik.

4. Perbanyak Konsumsi Serat

kontrol nafsu makan

Serat merupakan asupan yang dibutuhkan tubuh saat sedang kontrol nafsu makan. Asupan serat dapat membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Memperbanyak asupan serat salah satu cara yang efektif untuk cepat mendapatkan tubuh langsing ideal. Adapun makanan yang kaya serat yaitu buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran dan biji-bijian.

5. Konsumsi Protein Lebih Banyak

Dikutip dari Halodoc, BMJ Journals mengatakan jika makanan yang mengandung tinggi protein akan membantu dalam mengendalikan hormon nafsu makan. Dengan begitu kamu akan merasa kenyang lebih lama. Contoh makanan yang tinggi akan protein yaitu telur, dada ayam, tahu, tempe dan lain-lain.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Jika kamu sedang kontrol nafsu makan jangan lupa perbanyak minum air putih. Cairan tubuh sangat berperan penting dalam fungsi tubuh seperti organ dan jaringan. Apabila tubuh terhidrasi dengan baik, maka organ akan bekerja lebih optimal termasuk dalam proses pembakaran lemak. Mengonsumsi banyak air akan membantu kamu dalam menahan nafsu makan, meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi kadar kalori dalam tubuh.

7. Jangan Lupakan Sarapan

Sarapan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk kontrol nafsu makan kamu loh. Saat kamu melewatkan sarapan, justru akan membuat kamu makan siang lebih banyak dengan porsi yang besar. Melewatkan sarapan juga menurunkan mood dan meningkatkan risiko obesitas.

8. Kurangi Camilan

Jika kamu merasa lapar, hindari konsumsi cemilan untuk mengurangi rasa lapar. Apalagi jika camilan yang dikonsumsi adalah makanan yang tidak sehat, tinggi karbo dan gula. Saat kamu merasa lama cobalah konsumsi makanan sehat seperti telur rebus, granola bar, yoghurt rendah lemak dan lain-lain.

9. Olahraga Teratur

kontrol nafsu makan

Rutin olahraga akan membantu menurunkan hormon ghrelin dalam tubuh. Tidak perlu olahraga yang memberatkan atau intensitas tinggi, cukup dengan olahraga ringan seperti renang, bersepeda dan jogging. Senam aerobik selama 60 menit juga dapat membantu kontrol nafsu makan.

10. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur atau pola tidur yang berantakan hingga sering begadang akan mengganggu dalam menurunkan berat badan. Sebab kebiasaan buruk saat diet seperti kurang tidur nantinya akan meningkatkan kadar kortisol yang akan memperlambat metabolisme, sehingga menyebabkan produksi lemak perut yang berlebih.

Cara Kontrol Nafsu Makan Agar Badan Tetap Ideal

Apabila kamu ingin badan tetap ideal, maka cara paling tepat dengan kontrol nafsu makan. Ada beberapa cara mengontrol nafsu makan supaya badan tetap ideal, yaitu:

1. Tambahkan Sensasi Pedas pada Makanan

Dikutip dari Klik Dokter, senyawa aktif capsaicin dalam makanan pedas kecuali paprika, ternyata dapat menekan nafsu makan secara alami. Senyawa capsaicin juga mampu meningkatkan metabolisme yang membuat kalori tubuh terbakar lebih banyak.

2. Menghirup Aroma Peppermint

Dikutip dari Klik Dokter, menurut penelitian mengatakan jika mencium aroma peppermint setiap dua jam selama lima hari, kalori akan berkurang sebanyak 1800 kalori. Tak hanya itu saja, menghirup aroma peppermint juga mampu membuat nafsu makan lebih terkontrol.

3. Menambahkan Biji Chia Sebagai Pelengkap Makanan

Seperti yang kita ketahui, biji chia salah satu makanan yang paling dianjurkan saat diet. Sebab biji chia mengandung serat tinggi yang dapat menekan nafsu makan. Biji chia yang sudah masuk dalam tubuh nantinya akan mengembang sembilan kali lipat yang akan membuat kamu kenyang selama berjam-jam.

4. Konsumsi Satu Apel Setiap Hari

kontrol nafsu makan

Apel salah satu buah yang kaya akan nutrisi sehingga bagus untuk kesehatan tubuh. Untuk mengendalikan nafsu makan, kamu bisa coba konsumsi satu apel satu hari saat sarapan. Sebab kadar air yang tinggi pada buah apel dapat membuat kamu kenyang lebih lama.

5. Minum Dua Gelas Air Sebelum Makan

Sebelum makan biasakan untuk minum air sebanyak dua gelas supaya kamu merasa kenyang dan makan lebih sedikit. 

Kontrol Nafsu Makan dengan Vitameal

Mengontrol nafsu makan harus dimulai dari diri sendiri dengan menerapkan pola makan sehat. Salah satu pola makan sehat yang ampuh menekan nafsu makan yaitu dengan konsumsi sereal sehat seperti Vitameal.

Vitameal adalah daily meal nutrition (sereal sehat) dengan kombinasi fiber kompleks (serealia oat dan multigrain) sebagai sumber karbohidrat dan protein rendah kalori yang diperkaya dengan serat Psyllium Husk serta vitamin dan extra antioksidan yang bersumber dari mixed berry (raspberry, cherry, anggur hijau, dan blueberry). 

Vitameal memiliki kandungan gula yang rendah dan rendah allergen dengan penggunaan susu kambing sehingga Vitameal aman dikonsumsi setiap hari. Vitameal bisa berperan sebagai pendamping pola makan sehat untuk memulai hidup sehat serta mengurangi resiko penyakit kronis yang disebabkan pola hidup yang tidak sehat.

Tinggalkan komentar

Index