20 Camilan Rendah Kalori dan Sehat untuk Diet agar Berat Badan Tetap Terjaga

Saat sedang diet, harus bisa menjaga asupan kalori yang masuk dan utamakan makanan dengan sumber protein tinggi. Tujuannya supaya berat badan akan turun lebih cepat dan berat badan stabil. Lalu apa saja rekomendasi camilan rendah kalori?

Macam Macam Camilan Rendah Kalori 

Tubuh membutuhkan kalori untuk menjadikannya sebagai sumber energi. Jika kebutuhan asupan kalori tinggi namun tubuh tidak melakukan banyak kegiatan untuk mengeluarkan kalori tersebut, maka kalori akan tersimpan dalam tubuh yang menyebabkan berat badan meningkat. 

Jika kamu memiliki tujuan menurunkan badan, maka kebutuhan kalori harian juga harus berkurang. Pada usia dewasa lebih baik mengurangi asupan kalori sekitar 500-1000 kalori per hari untuk menurunkan berat badan 0,5-1 kilogram dalam seminggu.

Salah satu upaya membatasi asupan kalori yaitu dengan menjaga asupan makanan. Ada beberapa jenis makanan atau cemilan rendah yang bisa konsumsi setiap hari seperti:

1. Telur Ayam

rekomendasi camilan rendah kalori

Telur ayam menjadi salah satu makanan atau camilan rendah kalori namun tinggi protein. Dalam sebuah penelitian mengatakan jika mengonsumsi satu porsi telur pada pagi hari akan mengurangi rasa lapar dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Kandungan protein tinggi pada telur dapat memperlambat pengosongan perut dan mengurangi hormon rasa lapar.

Baca Juga: 10+ Kebiasaan Baik Ini Ampuh Bakar Kalori Tubuh, Berhasil Turunkan Berat Badan!

2. Ikan Kod

Ikan kod merupakan jenis ikan tanpa lemak yang rendah kalori dan tinggi protein. Mengonsumsi ikad kod dapat meningkatkan asupan protein dan menurunkan nafsu makan. Ikad kod bisa masuk dalam list camilan rendah kalori yang enak dan bergizi. 

3. Kentang

Kentang disebut sebagai pengganti nasi karena mengandung karbohidrat. Meskipun begitu, karbohidrat kentang lebih sehat dibanding nasi. Kentang juga menjadi salah satu camilan rendah kalori yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi nafsu makan. Namun sangat disarankan untuk mengolah kentang dengan cara direbus, sebab kentang goreng akan meningkatkan jumlah kalori.

4. Daging Tanpa Lemak

rekomendasi camilan rendah kalori

Daging merupakan sumber protein tinggi yang bagus untuk program diet. Daging tanpa lemak seperti daging merah, ayam dan kalkun bisa kamu olah menjadi camilan rendah kalori yang sehat. Kandungan protein tinggi dalam daging akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah ngemil setiap waktu.

5. Shirataki

Shirataki adalah jenis nasi yang mengandung kalori lebih sedikit dibandingkan nasi biasa. Nasi ini biasanya dikonsumsi saat sedang menjalankan program diet. Tak hanya rendah kalori, shirataki juga sangat rendah karbohidrat sehingga aman untuk kadar gula darah.

6. Mie Shirataki

Tidak berbeda dengan nasi shirataki, mie shirataki juga memiliki sifat yang sama. Jika kamu sedang diet dan ingin mengonsumsi mie, cobalah mie shirataki. Mie shirataki ukuran 100 gram mengandung 20 kalori. Supaya lebih bervariasi, kamu bisa membuat camilan rendah kalori dari mie shirataki.

7. Apel

rekomendasi camilan rendah kalori

Buah apel menjadi salah satu buah yang direkomendasikan sebab mengandung serat tinggi namun rendah kalori. Dalam ukuran 100 gram apel hanya mengandung 58 kalori. Dengan begitu kamu bisa menjadikan apel sebagai camilan rendah kalori yang enak dikonsumsi setiap hari.

8. Oat

Oat menjadi pilihan banyak orang untuk diet. Oat mengandung protein tinggi dan serat namun rendah kalori. Mengonsumsi oat akan memberikan rasa lapar lebih lama sehingga berat badan akan lebih cepat turun.

9. Greek Yoghurt

Greek yoghurt adalah jenis yoghurt yang rendah kalori namun mengandung protein tinggi. Meskipun dalam berbagai merek kandungannya berbeda-beda, namun umumnya dalam takaran 100 gram yoghurt mengandung 52 kalori. Kamu bisa menjadikan greek yogurt sebagai camilan rendah kalori yang menyehatkan untuk tubuh.

10. Dada Ayam

Dada ayam merupakan bagian ayam yang paling baik untuk dikonsumsi. Sebab dada ayam mengandung tinggi protein, rendah lemak dan juga rendah kalori. Dalam takaran 100 gram, dada ayam mengandung 165 kalori, 31 gram protein dan 3,57 gram lemak. Supaya kamu tidak bosan, kamu bisa membuat kreasi camilan rendah kalori dengan dada ayam.

11. Sup

Konsumsi sayur sop dapat memberikan tubuh cairan yang cukup tanpa banyak kalori. Dalam takaran 100 gram sayur sop hanya mengandung 27 kalori saja. Dengan begitu mengonsumsi sayur sop akan membuat kamu kenyang lebih lama.

12. Buah Beri

Buah beri dikenal sebagai buah yang kaya antioksidan. Strawberry, blackberry, raspberry dan blueberry adalah jenis-jenis buah beri yang tinggi akan kandungan mineral, vitamin dan antioksidan. Tak hanya itu saja, buah berry juga mengandung kalori yang rendah. Dengan begitu buah beri bisa menjadi camilan rendah kalori yang enak dan sehat.

13. Chia Seeds

Chia seeds adalah biji-bijian yang paling banyak direkomendasi karena memiliki banyak manfaat yang bagus untuk tubuh. Chia seeds juga rendah kalori dan kaya akan serat larut yang akan membuat kamu kenyang lebih lama. Cara mengonsumsinya cukup tambahkan chia seeds ke dalam camilan rendah kalori, makanan atau minuman.

14. Brokoli

Brokoli salah satu sayuran hijau yang dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Brokoli juga rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi saat sedang diet. Brokoli cocok dijadikan sebagai camilan rendah kalori, sebab dalam semangkuk brokoli mengandung 64 kalori dan 4,3 gram protein. 

15. Wortel

Sayuran lain yang rendah kalori yaitu wortel. Dalam takaran 100 gram wortel rebus mengandung 28 kalori. Sebagai camilan rendah kalori, wortel juga memiliki banyak manfaat yang bagus untuk tubuh. Wortel juga bagus untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

16. Kacang Polong

Jika kamu mencari camilan rendah kalori yang cocok saat diet dan murah, maka kacang polong jawabannya. Kacang polong mengandung kalori rendah namun tinggi protein dan serat. Mengonsumsi kacang polong dapat mengurangi nafsu makan dan membuat kenyang lebih lama.

17. Semangka

Semangka adalah buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Tak hanya itu, semangka juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Dalam takaran 100 gram buah semangka mengandung 28 kalori. 

18. Udang

rekomendasi camilan rendah kalori

Udang mengandung kalori yang rendah namun kaya akan nutrisi. 4 buah uang berukuran besar mengandung sekitar 26 kalori. Adapun nutrisi yang terdapat dalam udang yaitu niasin, protein, vitamin B12, selenium dan yodium. Kamu bisa mengonsumsi udang secara langsung atau dicampur dengan sayuran hijau supaya lebih sehat dan bergizi.

19. Edamame

Edamame cemilan rendah kalori yang mudah ditemukan. Kandungan kalori dalam takaran 42 gram sekitar 75 kalori. Meskipun begitu, edamame mengandung protein yang cukup tinggi. Supaya rasanya lebih enak, kamu bisa mengonsumsinya dengan sedikit menambahkan garam. 

20. Kacang Almond

Kacang almond seringkali disebut sebagai makanan diet yang rendah kalori. 14 biji kacang almond mengandung kurang lebih 100 kalori. Kacang almond juga tinggi serat dan protein sehingga mampu menunda lapar lebih lama. 

Cara Memilih Camilan Sehat Rendah Kalori

Camilan merupakan pengganjal sementara sebelum masuk ke jam makan berikutnya. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi cemilan dengan porsi kecil. Selain memperhatikan porsi makanan, kamu juga harus memilih cemilan sehat yang rendah kalori. Supaya tidak salah memilih, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan:

  • Pilihlah cemilan dari biji-bijian seperti gandum utuh untuk memberikan energi lebih bagi tubuh.
  • Tidak hanya dikonsumsi saat pagi hari untuk sarapan, kamu juga bisa menjadikan granola sebagai cemilan sehat yang enak.
  • Pilih cemilan dari kacangan-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, kacang mete, hazel, dan lain-lain yang memiliki banyak nutrisi.
  • Saat bepergian jangan lupa untuk selalu bawa makanan buatan sendiri

Manfaat Konsumsi Makanan Rendah Kalori

Selain membantu menurunkan berat badan, ada beberapa manfaat lain mengonsumsi makanan rendah kalori yaitu:

1. Membantu Mengurangi Nafsu Makan

Jika kamu mengonsumsi makanan rendah kalori namun tinggi protein akan memberikan efek kenyang yang lebih lama. Hal ini akan membuat kamu mengurangi nafsu makan dan berat badan akan turun lebih cepat.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Diet dengan mengonsumsi makanan rendah kalori namun tinggi protein akan meningkatkan metabolisme tubuh. Asupan protein yang cukup dapat meningkatkan pembakaran jumlah kalori yang lebih banyak hingga 100 kalori per hari. 

3. Mencegah Kehilangan Massa Otot

Seringkali saat berat badan turun, massa otot juga mengalami penurunan. Asupan protein yang tinggi namun rendah kalori berperan penting dalam mencegah hilangnya massa otot. Hal ini akan membuat metabolisme menjadi tinggi dan kalori tubuh akan terbakar lebih banyak.

Berat Badan Turun Bersama Vitameal

Salah satu upaya supaya berat badan cepat turun adalah dengan membatasi asupan kalori dan membakar kalori tubuh dengan olahraga. Membatasi kebutuhan kalori bisa dilakukan dengan cara makan makanan sehat seperti Vitameal.

Vitameal adalah merupakan sereal sehat dengan kombinasi serealia oat dan multigrain yang bagus untuk tubuh. Ada banyak manfaat Vitameal salah satunya yaitu membantu menurunkan berat badan. 

Vitameal juga terbuat dari susu kambing yang membantu dalam meningkatkan imunitas dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi Vitameal dapat membuat tubuh lebih kuat, tidak mudah sakit akibat virus dan bonus tubuh ideal.

Ada banyak manfaat lain dari Vitameal seperti menurunkan tekanan darah, mengatasi gangguan pencernaan, mengatasi hepatitis, bantu atasi diabetes, menjaga kadar kolesterol, mengatasi radang usus, pengganti sumber energi dan protein, sumber vitamin dan serat, menjaga berat badan, menjaga kesehatan tulang, mencegah penyakit kronis, hingga mengatasi asam lambung, maag dan gerd.

Cara mengkonsumsi Vitameal juga mudah. Cukup tuangkan 3 sendok makan Vitameal ke dalam gelas atau mangkuk. Setelah itu tambahkan 150 ml air panas kedalam gelas dan aduk rata. Konsumsi Vitameal secara rutin dan rasakan berbagai manfaatnya.

Tinggalkan komentar

Index