10+ Kebiasaan Baik Ini Ampuh Bakar Kalori Tubuh, Berhasil Turunkan Berat Badan!

Memiliki berat badan berlebih terkadang membuat kita minder dan kurang percaya diri. Berat badan berlebih disebabkan oleh pola hidup dan pola makan yang buruk. Kebiasaan pola makan yang buruk seperti mengonsumsi terlalu banyak junk food akan meningkatkan kalori tubuh yang dapat membuat gemuk. 

Supaya kamu tidak memiliki berat badan lebih karena kalori tubuh meningkat, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Apa saja? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Pengertian Kalori 

Kalori Tubuh

Saat sedang menerapkan program diet, pastinya kamu tidak jarang mendengar istilah kalori. Lalu apa sebenarnya kalori itu?

Kalori merupakan jumlah energi yang tubuh dapatkan dari mengonsusi makanan dan minuman. Namun kalori tubuh juga bisa diartikan sebagai jumlah energi yang dibakar saat olahraga atau melakukan aktivitas sehari-hari. 

Pengertian lain mengatakan jika kalori adalah energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Meskipun kalori seringkali dianggap sebagai penyebab berat badan naik, namun faktanya tubuh juga membutuhkan asupan kalori setiap harinya.

Lalu sebenarnya berapa banyak kebutuhan kalori harian setiap orang?

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Selama ini kalori sering kali disalahkan karena penyebab berat badan naik. Namun setiap tubuh manusia memang membutuhkan asupan kalori yang berperan sebagai energi untuk melakukan berbagai aktivitas. 

Kalori memang dapat membuat berat badan naik, namun hal itu terjadi jika kalori yang masuk dalam tubuh lebih banyak dari kebutuhan harian. Berapa sih sebenarnya kalori yang dibutuhkan tubuh dalam sehari?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah kalori seseorang mulai dari jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, aktivitas sehari-hari hingga kebutuhan kalori yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan. Kebutuhan kalori ini sebenernya bisa kita ketahui dengan cara dihitung loh.

a. Kebutuhan Kalori Harian Berdasarkan Usia

Kebutuhan kalori dari anak-anak hingga dewasa berbeda. Pada usia anak-anak, kebutuhan harian kalori yang dibutuhkan tubuh sekitar 1000-2000. Sedangkan kebutuhan kalori pada usia remaja sebanyak 2000-2650 per hari.

Untuk usia dewasa, kebutuhan kalori tubuh laki-laki dan wanita sangat berbeda. Wanita dewasa membutuhkan kalori tubuh sekitar 2100 per hari, sedangkan kebutuhan pada laki-laki dewasa membutuhkan 2500 per hari. 

Namun saat memasuki usia lanjut, kebutuhan kalori dalam tubuh cenderung berkurang. Sebab saat usia lanjut, kegiatan sehari-hari berkurang sehingga kebutuhan kalori pun berkurang.

b. Kebutuhan Kalori Tubuh untuk Menurunkan Berat Badan

Jika kamu memiliki tujuan menurunkan badan, maka kebutuhan kalori harian juga harus berkurang. Pada usia dewasa lebih baik mengurangi asupan kalori sekitar 500-1000 kalori per hari untuk menurunkan berat badan 0,5-1 kilogram dalam seminggu.

Pada wanita disarankan untuk mengonsumsi asupan kalori 1100-1600 per hari, sedangkan pada laki-lai disarankan mengonsumsi kalori 1500-2000 per hari. 

Lalu bagaimana jika asupan kalori dalam tubuh sudah sangat berlebih? Bagaimana cara membakar kalor dalam tubuh untuk menurunkan berat badan?

Kebiasaan Baik Ampuh Bakar Kalori Tubuh

Kalori Tubuh

Bakar kalori dalam tubuh tidak harus selalu dengan aktivitas yang memberatkan. Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ampuh membakar kalori dalam tubuh loh, seperti:

1. Bersepeda

Tidak hanya membantu mengencangkan otot kaki, bersepeda juga mampu membakar kalori dengan ampuh loh. Saat kamu mulai mengayuh sepeda, simpanan lemak dan karbohidrat akan digunakan untuk menghasilkan energi. Dengan begitu bersepeda mampu meningkatkan metabolisme, meningkatkan detak jantung dan menurunkan berat badan.

2. Berbelanja

Siapa yang tidak suka belanja? Pastinya hampir semua orang suka berbelanja. Kebiasaan yang menyenangkan ini ternyata mampu membakar kalori yang cukup banyak loh. Berjalan kaki saat belanja membutuhkan banyak pergerakan otot. Sehingga ketika jalan kaki, otot tubuh akan lebih aktif berkontraksi dan meregang untuk menggerakan tubuh yang membuat kalori terbakar.

3. Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah adalah aktivitas sehari-hari yang ternyata juga bisa membakar kalori tubuh. Misalkan saat kamu menyapu kalori yang terbakar hingga 80 kkal. Belum lagi jika kamu mengepel, membersihkan kamar mandi dan lain-lain.

4. Berkebun

Kegiatan berkebun seperti merawat tanaman, mencangkul, merapikan halaman dan lain-lain akan membakar kalori tubuh dengan efektif. Jika kamu berkebun selama 1 jam, maka jumlah kalori yang terbakar 250-500 kkal, tergantung dengan aktivitas yang dilakukan.

5. Naik Turun Tangga

Jika kamu ingin membakar lemak dengan mudah, cobalah untuk naik turun tangga setiap harinya. Cara ini akan membakar kalori lebih banyak sebab membutuhkan banyak energi dan melibatkan banyak otot. 

6. Jogging

Jogging juga merupakan salah satu kebiasaan yang dapat membakar kalori. Saat jogging kamu akan menggunakan banyak otot tubuh dan organ tubuh seperti jantung akan lebih keras bekerja untuk memompa darah. 

Baca Juga: Ini 16 Cara memiliki Tubuh Langsing dan Sehat ala Orang Korea, Mudah Ditiru!

7. Jalan Kaki

Kalori Tubuh

Meskipun hanya berjalan santai, ternyata jalan kaki juga bisa membakar kalori loh. Tak hanya itu saja, rutin jalan kaki juga memberikan banyak manfaat yang bagus untuk tubuh seperti mengurangi risiko stroke dan menghilangkan stress. 

8. Donor Darah

Selain memberi kesehatan tubuh, donor darah juga salah satu cara untuk membakar kalori tubuh loh. Setelah mendonorkan darah, tubuh harus membentuk protein baru, sel darah merah dan komponen darah lainnya. Hal ini membutuhkan banyak energi yang berasal dari kalori.

9. Berhubungan Intim

Berhubungan intim salah satu kegiatan yang membutuhkan banyak energi. Dalam sebuah penelitian mengatakan jika berhubungan intim dapat membakar lemak 3,6 kkal per menit. Jumlah kalori yang terbakar tergantung dari durasi, intensitas dan posisi yang dilakukan.

10. Lebih Sering Berdiri

Jika kamu ingin membakar kalori tubuh lebih banyak, disarankan untuk lebih banyak berdiri. Saat berdiri otot punggung dan kaki akan bekerja lebih keras sehingga membakar kalori lebih banyak.

Cara Membakar Kalori Tubuh

Selain kebiasaan di atas, ada beberapa hal yang terlihat sangat sepele namun ternyata dapat membantu membakar kalori cukup banyak loh, yaitu:

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur adalah suatu kebutuhan yang tidak boleh dilewatkan. Sebab tidur terutama pada malam hari adalah waktu tubuh beristirahat dari segala aktivitas. Meskipun demikian, sayangnya masih banyak yang mengabaikan hal ini dan memilih untuk begadang hingga pagi hari.

Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata kualitas tidur yang baik juga dapat membantu membakar kalori. Sebab tidur yang nyenyak dan berkualitas akan melancarkan metabolisme tubuh dengan baik. 

Waktu tidur yang berkualitas yaitu 7-9 jam setiap malam. Namun jika kamu mengalami kesulitan tidur, disarankan untuk melakukan meditasi, mandi air hangat dan menghindari berbagai alat elektronik.

2. Minum Air Dingin

Minum air dingin ternyata salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk membakar kalori loh. Minum air dapat membantu menghidrasi tubuh dan meningkatkan metabolisme. Dalam sebuah penelitian juga dikatakan jika mengonsumsi air dingin dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh.

3. Minum Teh Hijau

Teh hijau salah satu minuman yang terkenal untuk membantu program diet. Sebab teh hijau memiliki beberapa manfaat seperti menurunkan indeks massa tubuh, tekanan darah sistolik dan lingkar pinggang. Selain itu mengonsumsi teh hijau juga dapat mencegah dari risiko penyakit kronis. 

Cara Mengurangi Kalori Tubuh Ampuh Turunkan Berat Badan

Kalori Tubuh

Apabila kamu sedang menerapkan program diet dan ingin cepat membakar kalori supaya berat badan turun, ada beberapa gerakan olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah seperti:

1. Lompat Tali

Lompat tali adalah olahraga yang mudah dan bisa dilakukan dimana saja. Lompat tali menjadi salah satu olahraga yang dapat menghilangkan banyak kalori tubuh. Jika kamu melakukan lompat tali sebanyak 125-185 hitungan, maka kalori yang terbakar sebanyak 10-14 kalori setiap menit.

Apabila kamu melakukan lompat tali selama 1,5 jam atau 100 menit, maka kalori yang terbakar bisa mencapai 1000 kalori. Dengan rutin lompat tali, kamu bisa semakin cepat menurunkan berat badan. 

2. Berenang

Berenang salah satu olahraga yang dijadikan sebagai hobi karena menyenangkan. Olahraga ini salah satu olahraga yang menggerakan seluruh badan sehingga dapat membakar kalori hingga 1000 dalam waktu 90-120 menit. 

3. Plank

Meskipun terlihat sepele, namun plank dapat membakar kalori cepat banyak loh. Jika kamu melakukan plank dalam waktu satu jam, kalori yang terbakar yaitu 600-1000 kalori. Kamu bisa lakukan ini di rumah setiap hari, sehingga berat badan akan lebih mudah cepat turun.

4. Sit Up

Sit up dapat membantu membakar kalori yang ada pada perut. Rutin melakukan olahraga sit up dapat membakar kalori sebanyak 1000 kkal. Jika kamu baru memulai, disarankan melakukan sit up sebanyak 10 kali terlebih dahulu.

Berat Badan Turun Bersama Vitameal

Salah satu upaya supaya berat badan cepat turun adalah dengan membatasi asupan kalori dan membakar kalori tubuh dengan olahraga. Membatasi kebutuhan kalori bisa dilakukan dengan cara makan makanan sehat seperti Vitameal.

Vitameal adalah merupakan sereal sehat dengan kombinasi serealia oat dan multigrain yang bagus untuk tubuh. Ada banyak manfaat Vitameal salah satunya yaitu membantu menurunkan berat badan. 

Vitameal juga terbuat dari susu kambing yang membantu dalam meningkatkan imunitas dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi Vitameal dapat membuat tubuh lebih kuat, tidak mudah sakit akibat virus dan bonus tubuh ideal.

Ada banyak manfaat lain dari Vitameal seperti menurunkan tekanan darah, mengatasi gangguan pencernaan, mengatasi hepatitis, bantu atasi diabetes, menjaga kadar kolesterol, mengatasi radang usus, pengganti sumber energi dan protein, sumber vitamin dan serat, menjaga berat badan, menjaga kesehatan tulang, mencegah penyakit kronis, hingga mengatasi asam lambung, maag dan gerd.

Cara mengkonsumsi Vitameal juga mudah. Cukup tuangkan 3 sendok makan Vitameal ke dalam gelas atau mangkuk. Setelah itu tambahkan 150 ml air panas kedalam gelas dan aduk rata. Konsumsi Vitameal secara rutin dan rasakan berbagai manfaatnya

Tinggalkan komentar

Index