Ini 16 Cara memiliki Tubuh Langsing dan Sehat ala Orang Korea, Mudah Ditiru!

Memiliki tubuh langsing dan ideal adalah impian semua orang terutama wanita. Tidak jarang saat ini kita lihat banyak wanita yang melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan tubuh langsing ala orang Korea. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mendapatkan tubuh ideal?

Artikel kali ini akan membahas lengkap mengenai cara memiliki tubuh langsing bak orang Korea. Oleh karena itu simak artikel ini sampai selesai ya.

Apakah Berat Badan Kamu Sudah Ideal?

tubuh langsing

Memiliki bentuk tubuh yang langsing dan ideal akan mendukung penampilan menjadi terlihat lebih baik. Namun saat ini banyak tidak sedikit orang-orang yang menurunkan berat badan secara drastis dengan cara yang salah untuk memperoleh bentuk tubuh yang diinginkan.

Perlu diketahui, setiap orang memiliki tinggi badan yang berbeda-beda. Tinggi badan sangat mempengaruhi bentuk tubuh ideal seseorang. Tak hanya itu saja, berat badan ideal juga dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti jenis kelamin, usia, bentuk tubuh dan jumlah massa otot. 

Sehingga berat badan tertentu tidak boleh disamaratakan ke setiap orang. Sebab angka berat badan yang salah dapat menyebabkan beberapa risiko penyakit. Jika angka berat badannya berlebih akan meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes melitus.

Sedangkan berat badan yang terlalu rendah atau kurus akan meningkatkan risiko penyakit seperti osteoporosis, anemia, malnutrisi hingga gangguan pertumbuhan yang menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk membentuk tubuh ideal dan langsing, ada baiknya menghitung berat badan ideal yang sesuai untuk kamu dengan menggunakan rumus.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

tubuh langsing

Dikutip dari situs Halodoc, ada dua rumus yang bisa kamu gunakan untuk menghitung berat badan ideal, yaitu rumus broca dan kalkulator BMI.

1. Rumus Broca

Rumus ini ditemukan oleh Paul Broca yang membedakan perhitungan antara pria dan wanita. Meskipun begitu, menghitung berat badan ideal menggunakan rumus broca tidaklah rumit. Adapun rumusnya sebagai berikut:

– Rumus untuk Pria: [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10%]

– Rumus untuk wanita: [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15%]

2. Kalkulator BMI

Body Mass Index atau BMI merupakan cara menghitung berat badan ideal berdasarkan dengan berat badan, tinggi badan dan usia. Sebelum mencoba menghitungnya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu seperti:

– Angka BMI yang normal berada di kisaran 18,5-25

– Apabila angka BMI lebih dari 25, maka artinya kamu memiliki berat badan yang berlebih

– Sedangkan jika angka BMI berada di bawah 18, maka kamu memiliki berat badan yang kurang. 

– Jika kamu mendapatkan angka BMI lebih dari 40, maka sangat disarankan untuk segera melakukan penanganan.

Adapun cara menghitungnya yaitu:

Berat badan (kilogram): Tinggi badan (meter)

Sebagai contoh, apabila berat badan 50 kilogram dan tinggi badan 1,5 meter. Maka nilai BMI kamu yaitu 50:(1,5)= 33. Berarti berat badan kamu termasuk di atas rata-rata. 

Jika sudah mengetahui berat badan ideal, kamu bisa mulai menerapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga.

Cara Memiliki Tubuh Langsing

tubuh langsing

Menghitung berat badan dengan menggunakan dua rumus di atas membantu kamu dalam menentukan berat badan ideal dan membantu kamu dalam mendapatkan tubuh langsing. Jika kamu menyadari tubuhmu masih jauh dari kata ideal, maka hal itu akan mempersulit kamu dalam mendapat tubuh langsing.

Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab kamu tetap bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal dan langsing dengan mengikuti cara-cara berikut ini:

1. Perbanyak Konsumsi Protein Saat Sarapan

Dikutip dari Halodoc, BMJ Journals mengatakan jika makanan yang mengandung tinggi protein akan membantu dalam mengendalikan hormon nafsu makan. Dengan begitu kamu akan merasa kenyang lebih lama. Contoh makanan yang tinggi akan protein yaitu telur, dada ayam, tahu, tempe dan lain-lain.

2. Kurangi Asupan Gula dan Karbohidrat Olahan

Salah satu upaya untuk mendapatkan tubuh langsing ideal yaitu dengan mengurangi asupan karbohidrat olahan dan gula. Sebab karbohidrat olahan tidak memiliki kandungan nutrisi penting dan serat. Tak hanya itu saja, karbohidrat olahan akan lebih mudah dicerna dan berubah menjadi glukosa yang membuat tubuh menjadi cepat lapar.

Baca Juga: Benarkah Gula Stevia Lebih Sehat dari Gula Biasa?

Glukosa yang mengalir dalam darah nantinya akan menyebabkan risiko peningkatan kadar hormon insulin. Hal tersebut sangat buruk bagi tubuh sebab dapat menyebabkan tubuh menyimpan lemak terlalu berlebihan yang memicu peningkatan berat badan.

3. Perbanyak Asupan Serat

Serat merupakan asupan yang dibutuhkan tubuh saat sedang menjalani program diet. Asupan serat dapat membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Memperbanyak asupan serat salah satu cara yang efektif untuk cepat mendapatkan tubuh langsing ideal. Adapun makanan yang kaya serat yaitu buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran dan biji-bijian. 

4. Tidak Melewatkan Sarapan

Cara selanjutnya untuk mendapatkan tubuh langsing ideal yaitu dengan tidak melewatkan sarapan. Namun perlu diperhatikan juga jenis makanan yang dikonsumsi saat sarapan. Sangat disarankan untuk konsumsi makanan yang tinggi akan protein. 

5. Minum Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh sehat yang dapat membantu kamu mendapatkan tubuh langsing. Teh hijau mengandung tinggi antioksidan yang dapat membantu meningkatkan proses pembakaran lemak. Supaya proses menurunkan berat badan berhasil, disarankan mengonsumsi teh hijau tanpa tambahan gula.

6. Perbanyak Minum Air

Cairan tubuh sangat berperan penting dalam fungsi tubuh seperti organ dan jaringan. Apabila tubuh terhidrasi dengan baik, maka organ akan bekerja lebih optimal termasuk dalam proses pembakaran lemak. Mengonsumsi banyak air akan membantu kamu dalam menahan nafsu makan, meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi kadar kalori dalam tubuh.

7. Konsumsi Probiotik

Makanan yang mengandung banyak probiotik dibutuhkan tubuh karena membantu menyeimbangkan bakteri baik dalam usus. Probiotik akan merangsang pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik sehingga berat badan akan lebih terkontrol. 

8. Makan dengan Perlahan

Meskipun terlihat sepele, faktanya makan dengan perlahan akan membantu kamu dalam mendapatkan tubuh langsing. Sebab makan dengan terlalu cepat akan menghambat tubuh dalam memberikan sinyal rasa kenyang, sehingga kita cenderung akan terus merasa lapar. Berbeda dengan makan perlahan yang justru membuat tubuh mendapatkan sinyal rasa kenyang.

9. Tidak Makan Saat Stres

Tidak sedikit dari kita saat sedang stres akan lari ke makanan. Hal ini disebut emotional eating, yang dapat membuat kamu gagal mendapatkan tubuh ideal dan langsing. Sebab saat stres, tubuh selalu merasa lapar dan ingin berbagai macam makanan. Dibandingkan dengan makan, kamu bisa mengalihkannya dengan jalan-jalan, yoga atau mendengarkan musik.

10. Makan Secukupnya

Saat kamu sedang menjalankan program diet, disarankan untuk makan secukupnya saja. Hindari makan berlebihan hingga membuat kamu merasa kekenyangan. Makan berlebihan juga akan membuat tubuh kelebihan energi.

Cara Memiliki Tubuh Langsing ala Orang Korea

tubuh langsing

Selain mengubah pola makan dan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, ada beberapa rutinitas yang bisa kamu terapkan supaya bisa mendapatkan tubuh langsing ala orang Korea, seperti:

1. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Tahukah kamu, ternyata berjemur di bawah sinar matahari dapat menurunkan berat badan loh. Sinar matahari saat pagi hari akan meningkatkan hormon serotonin yang mempengaruhi nafsu makan. Hormon ini juga membantu hormon lainnya yang berhubungan dengan berat badan. 

2. Sering Naik Tangga

Rutinitas selanjutnya yang membuat kamu mudah mendapatkan tubuh langsing dan ideal yaitu dengan sering berjalan naik turun tangga. Tangga menjadi salah satu latihan kardio yang mudah dilakukan. Rutin naik turun tangga akan membantu menguatkan otot kaki dan membakar lemak.

3. Tidur Lebih Awal

Tidak hanya pola makan saja yang haru dijaga, namun pola tidur juga sangat berpengaruh pada berat badan. Tidur lebih awal akan membantu mengatur hormon yang memengaruhi nafsu makan. Namun jika tubuh kurang tidur akan meningkatkan hormon nafsu makan dan menurunkan hormon yang memberi sinyal kenyang. 

4. Jalan Kaki

Jalan kai meski hanya beberapa menit namun menjadi rutinitas dapat membantu mendapatkan tubuh ideal loh. Jalan kaki dengan kecepatan rendah akan membantu membakar lemak 180-220 kkal per jam. 

5. Mengganti Camilan Manis dengan Buah

Selain mengandung tinggi gula, makanan manis juga tidak bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Kamu bisa mengganti cemilan manis dengan buah-buahan yang kaya serat dan rendah kalori. 

Buah-buahan juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh. 

6. Kurangi Gorengan

Salah satu upaya yang dapat membantu kamu cepat mendapatkan tubuh langsing dan ideal dengan mengurangi gorengan. Makanan yang digoreng memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi. Tak hanya itu, makanan yang digoreng juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. 

Daripada digoreng, kamu bisa memilih makanan yang dipanggang, rebus, kukus atau bakar yang lebih sehat sebab tidak mengandung kalori tambahan. 

Diet Sehat Bersama Vitameal

Salah satu upaya untuk mendapat tubuh ideal dan langsing dengan mengubah pola makan. Dengan mengurangi asupan gula, gorengan dan karbohidrat akan membantu kamu menurunkan berat badan. Salah satu makanan yang bernutrisi lengkap dan membantu proses diet kamu adalah Vitameal. 

Vitameal adalah merupakan sereal sehat dengan kombinasi serealia oat dan multigrain yang bagus untuk tubuh. Ada banyak manfaat Vitameal salah satunya yaitu membantu menurunkan berat badan. 

Vitameal juga terbuat dari susu kambing yang membantu dalam meningkatkan imunitas dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi Vitameal dapat membuat tubuh lebih kuat, tidak mudah sakit akibat virus dan bonus tubuh ideal.

Tinggalkan komentar

Index