5 Manfaat Gula Stevia Alternatif Pemanis Sehat, Apa Saja?

Sudah banyak masyarakat yang menyadari gula stevia alternatif pemanis sehat yang aman dikonsumsi. Namun sayangnya masih banyak belum mengetahui apa itu gula stevia dan terbuat dari apakah jenis gula tersebut? Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap, oleh karena itu simak sampai selesai ya.

Gula Stevia Alternatif Pemanis Sehat

Manfaat Gula Stevia Alternatif Pemanis Sehat

Stevia (Stevia rebaudiana) adalah tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, terutama dari wilayah Paraguay dan Brasil. Daun stevia mengandung senyawa yang disebut steviol glycosides, yang memberikan sifat manis pada tanaman ini.

Stevia telah digunakan oleh masyarakat asli di Amerika Selatan selama berabad-abad sebagai pemanis alami dalam makanan dan minuman.

Gula Stevia Berapa Kalori?

Dari penjelasan diatas, kita tahu jika gula stevia memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan gula pasir biasa. Dengan rasanya yang sangat manis tersebut, sebenarnya berapa jumlah kalori dalam gula stevia? 

Baca Juga: Apa Itu Multigrain? Simak 6 Manfaatnya untuk Tubuh

Meskipun gula stevia memiliki rasa yang jauh lebih manis dari gula biasa, namun bukan berarti gula ini memiliki kandungan kalori yang tinggi. Perlu diketahui, meskipun memiliki rasa manis yang lebih tinggi dari gula biasa, namun ternyata jenis gula stevia tidak mengandung kalori loh. 

Tidak heran jika gula stevia menjadi salah satu jenis gula yang direkomendasikan bagi penderita diabetes ataupun seseorang yang sedang menjalankan program diet. Meskipun gula stevia alternatif pemanis sehat yang aman, namun bukan berarti bisa menggunakannya dengan bebas.

Supaya tetap aman, alangkah baiknya kamu mengonsumsi gula stevia tetap dengan memperhatikan cara penggunaannya, termasuk jumlah maksimal konsumsi hariannya. Selain tetap sehat, kamu pun akan berhasil menurunkan berat badan secara aman. 

Gula Stevia Terbuat dari Apa?

Manfaat Gula Stevia Alternatif Pemanis Sehat

Meskipun istilah stevia sudah sangat familiar di masyarakat, namun ternyata masih banyak yang belum tau loh gula stevia terbuat dari apa.

Seperti yang kita ketahui, gula pasir terbuat dari tebu dan gula aren terbuat dari nira. Lalu terbuat dari apakah gula stevia alternatif pemanis sehat? 

Gula stevia terbuat dari tanaman stevia. Jika dilihat secara sekilas, tanaman stevia berbentuk mirip daun mint. Tanaman stevia tidak mengandung kalori sehingga gula stevia alternatif pemanis sehat yang direkomendasikan.

Bahan utama yang membuat rasa manis stevia berasal dari daunnya. Daun stevia akan diekstraksi dan menghasilkan pemanis yang bisa digunakan sebagai bahan pengganti gula untuk makanan dan minuman yang rendah kalori. 

Perlu diketahui saat tubuh mengonsumsi gula atau sukrosa, akan memecah menjadi glukosa dan fruktosa. Tubuh akan menggunakan sesuai yang dibutuhkan dan akan menyimpan sisanya di dalam tubuh. Berbeda dengan gula stevia, jenis gula ini tidak memiliki komponen pemanis yang dapat tersimpan dalam tubuh. 

Justru gula stevia akan digunakan mikroba usus di usus besar untuk energi dan sisanya akan dikeluarkan melalui urin. Oleh karena itu mengonsumsi gula stevia tidak akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Namun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebaiknya mengonsumsi gula stevia sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan. Karena mengonsumsi secara berlebihan juga dapat memicu masalah pencernaan. 

Manfaat Gula Stevia untuk Tubuh

Dari penjelasan diatas, kita jadi mengetahui jika gula stevia alternatif pemanis sehat dan aman. Lalu apa saja manfaat mengonsumsi gula stevia untuk tubuh?

1. Aman untuk Diabetes

Salah satu pantangan penderita diabetes adalah gula. Sebab mengonsumsi banyak gula akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh, namun berbeda dengan stevia. 

Meskipun gula stevia memiliki rasa yang lebih manis dari gula biasa, namun jika dikonsumsi tidak meningkatkan kadar gula darah. Namun tetap dikonsumsi sewajarnya saja dan tidak berlebihan.

2. Mengurangi Berat Badan

Gula Stevia Alternatif Pemanis Sehat

Mengonsumsi gula stevia akan membantu mengurangi kalori harian. Hal inilah yang akan membantu kamu dalam mengurangi berat badan. Namun tetap harus diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam sebuah penelitian mengatakan jika mengonsumsi gula stevia akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan menurunkan kolesterol jahat LDL. Namun hal ii masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Menurunkan Tekanan Darah

vitameal
Gula Stevia Alternatif Pemanis Sehat

Sebagian masyarakat percaya jika mengonsumsi gula stevia secara rutin akan membantu menurunkan tekanan darah. Namun terkait hal ini, membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

5. Mengurangi Risiko Penyakit Ginjal

Menurut penelitian, gula stevia dapat mengurangi risiko penyakit ginjal dan membantu mencegah penyakit diabetes serta darah tinggi. Dalam penelitian ini juga mengatakan jika gula stevia alternatif pemanis sehat yang aman dikonsumsi. 

Tips Mengonsumsi Stevia

Buat kamu yang baru akan mencoba mengonsumsi stevia, berikut tips yang bisa kamu lakukan:

1. Coba Terlebih Dahulu

Gula stevia alternatif pemanis sehat merupakan julukan yang umum di masyarakat. Namun beberapa orang mengatakan jika gula stevia memiliki rasa pahit atau terasa seperti mentol. 

Untuk pengalaman pertama, kamu bisa mengonsumsi stevia sedikit terlebih dahulu. Tambahkan stevia dalam minuman seperti teh, kopi dan lain-lain. Jika kamu cocok dengan rasanya, barulah konsumsi sesuai dengan selera.

2. Pada Kondisi Medis Tertentu Konsumsi Secara Hati-Hati

Untuk yang memiliki riwayat darah rendah, sebaiknya hati-hati saat mengonsumsi pemanis alami dari daun stevia. Dari beberapa penelitian mengatakan jika zat aktif dalam daun stevia terdapat efek vasodilator atau melebarkan pembuluh darah. Hal ini akan menurunkan tekanan darah yang berbahaya bagi penderita darah rendah.

3. Gunakan Secukupnya

Rasa manis pada gula stevia lebih tinggi dari gula biasa. Sehingga menggunakan sedikit sudah cukup memberikan rasa manis.

Itulah manfaat gula stevia alternatif pemanis sehat. Gunakan gula stevia secukupnya dan tidak berlebihan untuk merasakan manfaat yang lebih maksimal.

Tubuh Ideal dan Sehat Bersama Vitameal

Sereal enak dan sehat Vitameal terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan unggulan yang tidak diragukan lagi khasiatnya, mulai dari psyllium husk, oat, multigrain (jagung, kacang hijau, kacang kedelai, beras merah), stevia, susu kambing Etawa, buah-buahan, dan mixed berries.

Dilihat dari bahan-bahannya yang kompleks, nilai gizinya pun sudah tidak diragukan lagi. Kamu akan memperoleh manfaat dari antioksidan, serat pangan, beta-glucan, berbagai jenis vitamin dan mineral penting lainnya.

Cocok disantap saat sarapan, Vitameal merupakan pilihan sarapan sehat yang patut kamu pertimbangkan untuk hari yang lebih aktif dan berenergi.

Yuk, hidup sehat bersama Vitameal! Vitamealyour tasty healthy meal!

Tinggalkan komentar

Index