2 Cara Mengelola Gula Stevia dan Penyajiannya, Sangat Mudah!

Gula stevia saat ini menjadi pilihan banyak orang sebagai pengganti gula biasa. Berbeda dengan gula biasa yang berasal dari batang tanaman tebu, gula stevia berasal dari daun.

Lalu bagaimana cara mengelola gula stevia? Bagaimana cara penyajian gula stevia? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gula stevia, simak artikel ini hingga selesai ya. 

Pengertian Stevia

Cara Mengelola Gula Stevia

Stevia (Stevia rebaudiana) adalah tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, terutama dari wilayah Paraguay dan Brasil. Daun stevia mengandung senyawa yang disebut steviol glycosides, yang memberikan sifat manis pada tanaman ini.

Stevia telah digunakan oleh masyarakat asli di Amerika Selatan selama berabad-abad sebagai pemanis alami dalam makanan dan minuman.

Meskipun gula stevia memiliki rasa yang jauh lebih manis dari gula biasa, namun bukan berarti gula ini memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Perlu diketahui, meskipun memiliki rasa manis yang lebih tinggi dari gula biasa, namun ternyata jenis gula stevia tidak mengandung kalori loh. 

Selain itu, gula yang berasal dari tanaman Stevia rebaudiana juga tidak mengandung karbohidrat, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Karbohidrat dapat menyebabkan peningkatan glukosa atau kadar gula darah yang signifikan. Selain itu, gula stevia juga efektif dalam menurunkan indeks glikemik (GI) suatu makanan.

GI mengindikasikan seberapa cepat makanan yang mengandung karbohidrat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Dengan memiliki GI yang rendah, gula stevia dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, meskipun dalam tingkat yang rendah. Dengan kata lain, mengonsumsi gula stevia lebih menguntungkan bagi kesehatan dibandingkan dengan gula biasa.

Tidak heran jika gula stevia menjadi salah satu jenis gula yang direkomendasikan bagi penderita diabetes ataupun seseorang yang sedang menjalankan program diet. Meskipun gula stevia alternatif pemanis sehat yang aman, namun bukan berarti bisa menggunakannya dengan bebas.

Supaya tetap aman, alangkah baiknya kamu mengonsumsi gula stevia tetap dengan memperhatikan cara penggunaannya, termasuk jumlah maksimal konsumsi hariannya. Selain tetap sehat, kamu pun akan berhasil menurunkan berat badan secara aman. 

Baca Juga: 5 Manfaat Gula Stevia Alternatif Pemanis Sehat, Apa Saja?

Manfaat Stevia

Salah satu alasan utama popularitas stevia adalah karena kandungan alaminya yang rendah kalori. Pemanis alami ini bisa menjadi alternatif yang baik untuk gula karena memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah seperti gula biasa.

Stevia juga dikenal karena kandungan senyawa aktifnya, yang disebut steviol glikosida. Senyawa ini memberikan rasa manis pada daun stevia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stevia memiliki potensi efek antiinflamasi, antioksidan, dan bahkan dapat membantu mengatur kadar gula darah. Adapun manfaat stevia yakni:

1. Menurunkan Asupan Gula

Dengan rasa manisnya yang alami dan rendah kalori, stevia dapat membantu mengurangi konsumsi gula, yang dapat mendukung kontrol berat badan dan mengurangi risiko penyakit terkait obesitas dan diabetes.

2. Memelihara Kesehatan Gigi

Cara Mengelola Gula Stevia

Selain gula stevia lebih sehat, konsumsi pemanis alami seperti stevia tidak memicu kerusakan gigi seperti gula, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

3. Pilihan Pemanis untuk Penderita Diabetes

Karena stevia tidak mengandung glukosa atau fruktosa, pemanis alami ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes yang perlu membatasi asupan gula.

4. Pemanis Alami dalam Makanan dan Minuman

Stevia dapat digunakan sebagai pemanis alami dalam berbagai makanan dan minuman, mulai dari kopi dan teh hingga kue dan saus, memberikan rasa manis tanpa menambah kalori yang berlebihan.

5. Stabil pada Suhu Tinggi

Stevia dapat digunakan untuk memasak dan membakar karena stabilitasnya pada suhu tinggi, yang menjadikannya alternatif yang baik untuk pengganti gula.

6. Potensi Manfaat Antiinflamasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam stevia mungkin memiliki sifat anti inflamasi, yang dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh. Tidak heran banyak masyarakat yang menganggap gula stevia lebih sehat dari lainnya. 

7. Tidak Mengandung Kalori

vitameal

Salah satu keuntungan utama dari stevia adalah bahwa ia tidak mengandung kalori, sehingga menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan atau ingin mengurangi asupan gula.

Cara Mengelola Gula Stevia dan Cara Penyajiannya

Cara Mengelola Gula Stevia

Saat ini gula stevia sudah banyak diperjual belikan. Dengan rasa yang manis namun menyehatkan, gula stevia menjadi pilihan orang-orang dibanding gula biasa. Dengan kepopulerannya, tidak sedikit yang menanyakan bagaimana cara mengelola gula stevia.

Sebelum kamu mengetahui cara mengelola gula stevia, kamu harus tahu terlebih dahulu asal dari gula stevia.

Gula stevia terbuat dari tanaman stevia. Jika dilihat secara sekilas, tanaman stevia berbentuk mirip daun mint. Bahan utama yang membuat rasa manis stevia berasal dari daunnya. Glycoside adalah senyawa yang terdapat pada stevia rebaudiana yang menghasilkan rasa manis pada tanaman stevia.

Cara Mengelola Gula Stevia Bubuk

Gula stevia dapat berbentuk bubuk dan cair. Cara mengelola gula stevia bubuk harus melalui beberapa tahap. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu proses pengeringan dengan menggunakan oven atau menjemur daun stevia.

Untuk mendapatkan kandungan glycoside yang optimal, digunakan suhu 400 derajat celcius-600 derajat celcius. Dengan mengatur suhu hingga 600 derajat celcius akan mendapatkan senyawa glycoside paling tinggi hingga 14,05%

Setelah melalui proses pengeringan, cara mengelola gula stevia berikutnya yaitu proses menghaluskan daun menggunakan blender atau coffee grinder. Setelah itu, stevia bubuk bisa disimpan ditempat yang kering atau bisa langsung digunakan sebagai pengganti gula.

Cara Mengelola Gula Stevia Cair 

Cara mengelola gula stevia cair cukup mudah karena tinggal melanjutkan proses dari gula stevia bubuk. Cara mengelola gula stevia cair yaitu dengan memasukkan satu sendok stevia ke dalam saringan teh atau kopi.

Letakkan saringan tersebut ke dalam gelas panas. Setelah itu tuang air panas ke dalam saringan yang berisi bubuk stevia. Tunggu selama kurang lebih 5 menit, kemudian angkat saringan dan ampas stevia dari gelas.

Sangat disarankan untuk tidak memeras stevia dari saringan karena akan menyebabkan rasa pahit. Diamkan stevia cair hingga dingin.

Jika sudah dingin, masukan cairan gula stevia ke dalam wadah. Supaya gula stevia dapat bertahan lebih lama, masukan gula stevia cair dalam botol plastik dengan lobang kecil dan simpan di tempat yang dingin.

Cara Penyajian Gula Stevia

Baik stevia bubuk atau cair dapat disajikan dengan mudah. Cara menyajikan gula stevia cair cukup dengan meneteskan beberapa tetes ke dalam air. Karena gula stevia sudah sangat manis, maka dari itu jangan berlebihan menggunakannya.

Selain dalam bentuk bubuk dan cair, kamu juga bisa menyajikan gula stevia dengan cara langsung menggunakan daunnya. Cukup celupkan daun stevia pada air mendidih, maka air akan berubah rasa menjadi manis. 

Vitameal Sereal Sehat dengan Kandungan Stevia

Dari penjelasan diatas, kita dapat menyimpulkan jika gula stevia merupakan salah satu gula alami yang sehat jika dikonsumsi. Upaya kita dalam menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Salah satu makanan sehat dengan pemanis alami yang bisa dikonsumsi jangka panjang adalah Vitamal.  

Vitameal adalah merupakan sereal sehat dengan kombinasi serealia oat dan multigrain yang bagus untuk tubuh.

Ada banyak manfaat Vitameal seperti menurunkan tekanan darah, mengatasi gangguan pencernaan, mengatasi hepatitis, bantu atasi diabetes, menjaga kadar kolesterol, mengatasi radang usus, pengganti sumber energi dan protein, sumber vitamin dan serat, menjaga berat badan, menjaga kesehatan tulang, mencegah penyakit kronis, hingga mengatasi asam lambung, maag dan gerd. 

Cara mengkonsumsi Vitameal juga mudah. Cukup tuangkan 3 sendok makan Vitameal ke dalam gelas atau mangkuk. Setelah itu tambahkan 150 ml air panas kedalam gelas dan aduk rata. Konsumsi Vitameal secara rutin dan rasakan berbagai manfaatnya

Itulah cara mengelola gula stevia dan cara penyajiannya yang mudah. Dengan mengetahui cara mengelola gula stevia, kamu bisa mencoba mengelola sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Index