12 Minuman Diet yang Ampuh Turunkan Berat Badan, Mudah Dicari!

Minuman diet telah menjadi fokus perhatian bagi banyak orang yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis minuman diet, mulai dari air mineral hingga minuman berprotein rendah kalori. Kita akan membahas manfaat masing-masing minuman serta tips menarik untuk membuat minuman diet.

Apa itu Minuman Diet? 

Saat ini ada banyak sekali minuman yang mengklaim dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun tahukah kamu, jenis minuman seperti ini sebenarnya tidak dianjurkan dan cukup berisiko.

Tidak perlu mengonsumsi minuman dalam bentuk kemasan atau obat, di sekeliling kita ada berbagai macam minuman yang sehat dan sangat membantu menurunkan berat badan. Apa saja ya? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Baca Juga: 7+ Olahraga untuk Bakar Lemak Tubuh dan Perut Supaya Tetap Ideal

Macam-Macam Minuman untuk Diet

Tidak perlu harus membeli berbagai macam minuman diet yang mahal, disekitar kita ada banyak minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan seperti:

1. Air Putih

Minuman Diet

Air putih adalah salah satu minuman diet yang ampuh menurunkan berat badan. Tak hanya itu, air putih merupakan jenis minuman yang sehat dan paling mudah dikonsumsi. Air putih tidak mengandung gula dan kalori sehingga sangat aman dikonsumsi setiap hari dan tidak membuat gemuk.

Dalam sebuah penelitian mengatakan jika minum air putih sebanyak 1,5-2 liter setiap hari selama 8 minggu akan membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, minum air putih juga dapat meningkatkan pembakaran kalori tubuh dengan cepat. 

Jika kamu menjadikan air putih sebagai salah satu minuman diet, disarankan untuk selalu minum 2 gelas sebelum makan supaya memberikan efek kenyang dan mencegah makan berlebihan. 

2. Jus Sayuran

Selain disajikan dalam bentuk masakan, sayuran juga bisa dijadikan sebagai minuman yang menyehatkan dan membantu menurunkan berat badan loh. Sayuran mengandung serat yang tinggi sehingga mampu mengendalikan rasa lapar.

3. Jus Buah

Seperti yang sudah kita ketahui, jus buah merupakan minuman diet yang paling direkomendasikan. Selain memberikan rasa yang enak dan menyegarkan, mengonsumsi jus buah juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Namun perlu diingatkan juga, hindari penambahan gula dan susu kental manis dalam jus. Bukannya menyehatkan dan membuat berat badan turun, hal tersebut justru meningkatkan risiko diabetes dan meningkatkan berat badan.

Hindari juga konsumsi jus dalam bentuk kemasan, sebab itu bukanlah minuman diet yang sehat. Jus buah dalam bentuk kemasan justru mengandung kadar gula yang cukup tinggi dan kalori yang dapat meningkatkan berat badan dengan drastis.

4. Susu Kedelai

Jika kamu suka konsumsi susu, cobalah beralih ke susu kedelai. Susu kedelai salah satu minuman diet yang dapat menurunkan berat badan. Susu kedelai juga termasuk jenis susu yang rendah kalori namun tinggi nutrisi. Susu kedelai sangat cocok dikonsumsi bagi yang memiliki masalah intoleransi laktosa dan dapat menurunkan risiko terjadinya osteoporosis dan penyakit jantung.

5. Susu Rendah Lemak

Sesuai dengan namanya, susu rendah lemak memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dari susu biasa. Oleh karena itu susu ini bisa menjadi minuman diet yang membantu menurunkan berat badan. 

6. Teh Hijau

Teh hijau salah satu minuman diet yang paling direkomendasikan. Minuman ini kaya antioksidan dan bebas kalori. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, rutin mengkonsumsi teh hijau dapat mengurangi risiko diabetes 2, penyakit jantung dan liver. 

Disarankan konsumsi teh hijau dua kali sehari. Hindari juga penggunaan gula pada teh untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

7. Smoothies

Minuman Diet

Smoothies adalah minuman diet yang terbuat dari campuran berbagai macam buah-buahan seperti blueberry, stroberi, pisang dan lain-lain. Kombinasi buah-buahan ini dapat membantu menurunkan berat badan. Umumnya cara membuat smoothie ditambahkan dengan susu rendah lemak.

8. Kopi

Saat ini kopi menjadi pilihan anak-anak muda saat nongkrong. Namun tahukah kamu, ternyata kopi menjadi minuman diet yang membantu menurunkan berat badan loh. Kopi memiliki kandungan antioksidan dan bebas kalori yang bagus untuk tubuh.

Namun perlu diingatkan, kopi yang dikonsumsi adalah kopi tanpa gula ya. Kopi yang biasa di cafe adalah kopi yang sudah ditambahkan berbagai pemanis seperti gula dan susu. Kopi tersebut justru tinggi kalori dan gula yang dapat memicu datangnya penyakit.

9. Air Kelapa

Air kelapa seringkali disebut sebagai minuman penangkal racun. Tak hanya it saja, air kelapa juga seringkali dijadikan sebagai minuman diet yang menyegarkan. Air kelapa termasuk minuman yang rendah kalori namun memiliki kandungan bagus lainnya seperti antioksidan dan elektrolit yang bagus untuk kesehatan. 

10. Infused Water

Kamu pastinya sudah sering dengar istilah infused water kan? Infused water adalah minuman diet yang dipercaya mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Mengonsumsi infused water dapat mengganti asupan minuman manis  dan memotong asupan kalori sehingga lebih mudah untuk menurunkan berat badan. 

Cara membuat infused water juga sangat mudah. Kamu cukup masukan beberapa potongan buah ke dalam sebotol air lalu simpan dalam kulkas. Kamu bisa memakai berbagai jenis buah, namun umumnya buah yang paling sering digunakan untuk membuat infused water adalah mentimun, lemon, tomat.

11. Teh Oolong

Teh oolong adalah minuman tradisional yang berasal dari Tiongkok. Minuman ini memiliki aroma yang khas dan mengandung 0 kalori sehingga cocok dijadikan asupan saat diet. 

Dikutip dari Hello Sehat teh oolong dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh, pembakaran lemak dan mampu menurunkan berat badan. Supaya hasilnya lebih maksimal, disarankan untuk rutin konsumsi teh oolong dan diimbangi dengan olahraga.

12. Kombucha

Kombucha adalah jenis minuman fermentasi yang dibuat dengan cara merendam teh hitam atau teh hijau ke dalam larutan gula dan bakteri fermentasi selama beberapa hari. Minuman termasuk minuman rendah kalori sehingga cocok dijadikan sebagai minuman diet.

Meskipun minuman ini memiliki rasa yang asam, namun minuman ini mengandung probiotik, enzim dan senyawa yang bagus untuk kesehatan termasuk diet. Mengonsumsi kombucha dapat meningkatkan keragaman bakteri dalam usus dan melancarkan penurunan berat badan.

Jus Buah Minuman Diet untuk Hempaskan Lemak

Minuman Diet

Dari penjelasan diatas kita tahu jika buah bisa menjadi minuman yang sehat sekaligus membantu berat badan turun. Sebenarnya semua buah memiliki nutrisi dan manfaat yang baik untuk tubuh, namun beberapa diantara kurang cocok dijadikan sebagai minuman diet sebab mengandung gula yang lumayan tinggi.

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, ada beberapa macam buah yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan ampuh menurunkan berat badan, yaitu:

1. Jus Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat dan lemak tak jenuh. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga jadikan alpukat sebagai jus penurun berat badan. Namun perlu diingat, hindari pemanis tambahan seperti gula dan susu.

2. Jus Pisang

Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga olah pisang sebagai jus loh. Pisang kaya akan kalium serta pati resisten atau jenis karbohidrat yang sulit dicerna tubuh. Hal inilah yang membuat kamu kenyang lebih lama dan mencegah makan terlalu berlebihan.

3. Jus Pir

Pir merupakan salah satu buah yang mengandung kadar air cukup tinggi yang dapat mencukupi cairan dalam tubuh. Tak hanya itu saja, buah pir juga mengandung serat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Dikutip dari Alodokter, dalam sebuah penelitian mengatakan jika mengonsumsi 3 buah pir dalam satu hari akan membantu mengendalikan nafsu makan 

Tak hanya segar dimakan secara langsung, buah pir yang dibuat sebagai jus dan ditambah sedikit es akan terasa lebih nikmat. Disarankan untuk tidak mengupas kulit buah pir supaya mendapat manfaat yang lebih maksimal.

4. Jus Apel

Beberapa orang memilih buah apel untuk sarapan karena lebih sehat dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Buah apel memiliki kandungan kalori yang rendah namun sangat tinggi akan serat. Rutin mengonsumsi apel akan membantu dalam mengendalikan nafsu makan.

5. Jus Delima

Delima memiliki banyak manfaat yang bagus untuk tubuh salah satunya dalam menurunkan berat badan. Mengonsumsi jus buah delima akan membantu mengendalikan nafsu makan dan menurunkan jumlah lemak perut.

6. Jus Markisa

Jus markisa adalah salah satu minuman yang sangat segar dengan rasa asamnya. Selain menyegarkan, jus markisa juga mengandung vitamin dan tinggi serat. Mengonsumsi jus markisa akan membantu mengendalikan nafsu makan dan menurunkan berat badan. 

7. Jus Semangka

Tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah, jus semangka juga bisa menghempaskan perut buncit. Semangka mengandung kadar air yang cukup sehingga dapat membantu merasa kenyang lebih lama dan menurunkan berat badan. 

Tips Membuat Jus dan Smoothie

Minuman Diet

Meskipun membuat jus dan smoothie terlihat mudah, namun beberapa cara yang keliru yang justru dapat menaikkan berat badan. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuat jus dan smoothie

1. Utamakan Bahan Protein

Kebanyak orang saat membuat jus atau smoothie hanya fokus pada jenis buah dan sayur yang dipilih. Tak hanya itu saja, protein juga memiliki peran yang penting sebagai pengganti karbohidrat. Kamu bisa menambahkan kefir, greek yogurt, susu protein atau bubuk protein saat membuat jus dan smoothie. Dengan begitu kita akan kenyang lebih lama.

2. Batasi Penambahan Gula

Glukosa adalah penyumbang lemak terbesar bagi tubuh yang dapat membuat cepat gemuk. Salah satu tips yang harus diperhatikan dalam membuat jus dan smoothie yaitu jumlah gula. Jika kamu bertujuan menurunkan berat badan, hindari pemanis tambahan baik gula, susu dan madu.

3. Gunakan Buah dan Sayur Segar

Supaya jus dan smoothie lebih sehat, gunakanlah jenis sayur dan buah yang segar. Kombinasi buah dan sayur akan lebih efektif bagi kamu yang sedang menerapkan program diet.

4. Porsi yang Sesuai

Meskipun smoothie dan jus terbuat dari bahan-bahan alami, bukan berarti boleh dikonsumsi dengan porsi besar dan berlebihan ya. Sajikan smoothie dan jus sesuai dengan porsi yang dibutuhkan. Sebab dalam smoothie dan jus sudah mengandung berbagai macam nutrisi yang membantu memenuhi kebutuhan tubuh.

Vitameal Sereal Alami untuk Diet

Selain mengonsumsi jus dan smoothie, kamu juga bisa mengonsumsi sereal alami yang enak dan bernutrisi seperti Vitameal.

Vitameal adalah daily meal nutrition (sereal sehat) dengan kombinasi fiber kompleks (serealia oat dan multigrain) sebagai sumber karbohidrat dan protein rendah kalori yang diperkaya dengan serat Psyllium Husk serta vitamin dan extra antioksidan yang bersumber dari mixed berry (raspberry, cherry, anggur hijau, dan blueberry). 

Vitameal memiliki kandungan gula yang rendah dan rendah allergen dengan penggunaan susu kambing sehingga Vitameal aman dikonsumsi setiap hari. Vitameal bisa berperan sebagai pendamping pola makan sehat untuk memulai hidup sehat serta mengurangi resiko penyakit kronis yang disebabkan pola hidup yang tidak sehat.

Tinggalkan komentar

Index