30 Menu Halal Bihalal Sederhana dan Enak

Tidak lama lagi umat Islam akan merayakan hari Raya Idul Fitri. Mendekati hari kemenangan, biasanya ibu-ibu bingung memilih menu hidangan untuk lebaran.

Pada artikel kali ini akan membahas menu halal bihalal yang enak. Oleh karena itu simak sampai selesai ya. 

Menu Halal Bihalal Sederhana

Saat Idul Fitri, orang-orang akan melakukan halal bihalal ke rumah tetangga atau saudara. Halal bihalal adalah tradisi saat lebaran dimana orang-orang akan saling bermaaf-maafan.

Dalam acara tersebut biasanya tuan rumah akan menyediakan hidangan untuk para tamunya. Supaya tidak bingung memilih menu makanan, berikut menu halal bihalal yang bisa jadi rekomendasi

1. Nasi Kebuli

Menu halal bihalal pertama yaitu nasi kebuli. Nasi yang diolah dengan rempah-rempah khas, disajikan dengan potongan daging kambing atau daging sapi serta taburan kismis dan almond. Menu ini memberikan sentuhan khas Timur Tengah yang lezat dan aromatik.

Baca Juga: 15 Tips Lebaran Hemat Supaya Keuangan Tetap Aman!

2. Ayam Bakar Madu

Menu Halal Bihalal
Menu Halal Bihalal

Potongan ayam yang dipanggang dengan bumbu madu yang karamelisasi, memberikan rasa manis gurih yang lezat pada daging ayam. Menu halal bihalal ini cocok sebagai pilihan yang menarik bagi para tamu yang menyukai cita rasa manis.

3. Sate Ayam

Tusukan daging ayam yang dimarinasi dengan bumbu khas, kemudian dipanggang hingga matang. Disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan gurih, menu ini selalu menjadi favorit dalam acara prasmanan.

4. Gulai Ikan Patin

Menu halal bihalal selanjutnya yaitu gulai ikan patin. Potongan ikan patin yang dimasak dalam kuah gulai kaya rempah dan santan. Aroma harum rempah-rempah dan kelembutan ikan patin membuat hidangan ini sangat menggugah selera.

5. Sop Buntut

Kuah gurih yang disajikan dengan potongan buntut sapi yang dimasak hingga empuk. Rasanya yang kaya dan hangat, menu halal bihalal ini cocok untuk menyegarkan selera para tamu.

6. Ikan Bakar

Ikan segar yang dipanggang dengan bumbu rempah dan disajikan dengan sambal terasi. Kehangatan dari bara api dan aroma rempah yang harum membuat hidangan ini sangat menggoda.

7. Soto Ayam

Menu Halal Bihalal
Menu Halal Bihalal Sederhana

Menu halal bihalal selanjutnya yaitu soto ayam. Sup ayam khas Indonesia dengan tambahan nasi, potongan ayam, tauge, seledri, dan bawang goreng. Sajian yang hangat dan beraroma ini akan menjadi pilihan yang nyaman bagi para tamu.

8. Rendang

Daging sapi yang dimasak dalam kuah kental dengan santan dan rempah-rempah, hingga kuahnya menyusut dan daging menjadi empuk. Hidangan klasik Indonesia yang selalu menggugah selera.

9. Nasi Goreng Seafood

Nasi goreng yang dimasak dengan berbagai macam seafood seperti cumi, udang, dan ikan. Aroma wangi nasi goreng yang gurih dan rasa seafood yang segar akan membuat para tamu ketagihan.

10. Lontong Sayur

Menu halal bihala selanjutnya yaitu lontong sayur. Lontong yang disajikan dengan kuah sayuran khas Indonesia seperti tahu, tempe, labu, dan kacang panjang. Hidangan yang sehat dan lezat, cocok untuk menu pelengkap pada acara prasmanan.

11. Sate Padang

Sate yang disajikan dengan kuah gulai khas Padang dan potongan lontong. Kombinasi kuah gulai yang gurih dan sate yang garing dan beraroma sangat menggoda selera.

12. Tongseng Kambing

Menu halal bihalal selanjutnya Potongan daging kambing yang dimasak dengan kuah santan dan rempah-rempah khas. Ditambah dengan potongan kentang dan tomat, hidangan ini memberikan cita rasa yang khas dan nikmat.

13. Sayur Lodeh

Sayuran segar yang dimasak dalam kuah santan dengan tambahan potongan tempe, tahu, dan daun melinjo. Hidangan yang kaya serat dan gurih, cocok sebagai pelengkap menu prasmanan.

14. Gado-Gado

Sayuran segar yang disajikan dengan bumbu kacang dan kerupuk, biasanya juga dilengkapi dengan telur rebus dan tahu. Hidangan yang segar dan gurih, cocok untuk menambah variasi menu prasmanan.

15. Ikan Asam Manis

Menu Halal Bihalal

Potongan ikan yang digoreng dan disajikan dengan kuah asam manis yang segar. Kombinasi antara gurih dan asam membuat hidangan ini menjadi pilihan yang menyegarkan.

Menu Prasmanan Halal Bihalal

16. Kare Ayam

Menu halal bihalal selanjutnya yaitu kare ayam. Potongan ayam yang dimasak dalam kuah kari kental dengan santan, kentang, dan wortel. Hidangan yang lezat dan kaya rempah, cocok untuk dinikmati bersama nasi hangat.

17. Ayam Goreng Mentega

Potongan ayam yang digoreng renyah dan disajikan dengan saus mentega yang kaya rasa. Hidangan yang lezat dan beraroma, cocok untuk memanjakan lidah para tamu.

18. Pepes Ikan

Ikan yang dibumbui dengan rempah dan kemudian dibungkus daun pisang sebelum dipanggang. Aroma harum dari rempah-rempah dan rasa ikan yang lembut membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang.

19. Sambal Goreng Kentang

Kentang yang digoreng dan disajikan dengan sambal pedas yang khas. Hidangan yang sederhana namun menggugah selera, cocok sebagai pelengkap menu prasmanan.

20. Capcay

Sayuran yang direbus dan disajikan dengan saus tiram, potongan daging, dan udang. Hidangan yang kaya rasa dan gizi, cocok untuk menyegarkan selera para tamu.

21. Semur Daging

Daging sapi yang dimasak dalam kuah gurih dengan tambahan kecap manis dan bawang bombay. Hidangan yang lezat dan beraroma, cocok untuk dinikmati bersama nasi hangat.

22. Pindang Serani

Ikan yang dimasak dalam kuah asam pedas dengan tambahan tomat dan daun bawang. Hidangan yang segar dan beraroma, cocok untuk membangkitkan selera makan para tamu.

23. Sayur Asem

Menu Halal Bihalal

Sayuran segar yang dimasak dalam kuah asam segar dengan tambahan kacang tanah dan potongan jagung. Hidangan yang segar dan bersih, cocok sebagai menu pelengkap pada acara prasmanan.

24. Udang Goreng Tepung

Udang yang dicelupkan dalam adonan tepung dan kemudian digoreng hingga crispy. Hidangan yang renyah dan gurih, cocok sebagai camilan atau pelengkap menu prasmanan.

25. Nasi Liwet

Nasi yang dimasak dengan santan dan daun pandan, disajikan dengan lauk-pauk dan sambal. Hidangan yang lezat dan beraroma, cocok untuk dinikmati bersama dengan hidangan lainnya.

26. Bakso Malang

Menu halal bihalal selanjutnya yaitu baksoBakso yang disajikan dengan tambahan mie, tahu, bakso telur, dan sambal. Hidangan yang nikmat dan kenyang, cocok untuk memanjakan lidah para tamu.

27. Oseng-Oseng Mercon

Potongan daging sapi atau ayam yang dimasak dengan sambal pedas, bawang, dan cabai. Hidangan yang pedas dan nikmat, cocok untuk para pecinta makanan pedas.

28. Ayam Goreng Kalasan

Potongan ayam yang digoreng dengan bumbu khas Kalasan, biasanya disajikan dengan nasi uduk. Hidangan yang lezat dan beraroma, cocok untuk dinikmati sebagai hidangan utama pada acara prasmanan.

29. Perkedel Jagung

Perkedel yang terbuat dari jagung segar yang dicampur dengan tepung dan bumbu. Hidangan yang gurih dan lezat, cocok sebagai camilan atau pelengkap menu prasmanan.

30. Sambal Udang Petai

Udang yang dimasak dengan sambal pedas dan petai yang khas aromanya. Hidangan yang pedas dan beraroma, cocok untuk para pecinta makanan pedas.

Jaga Berat Badan Tetap Ideal dengan Vitameal!

Untuk mendukung kecantikan, kamu tidak hanya menjaga kesehatan kulit wajah namun juga tubuh. Tubuh yang ideal akan membuat kamu terlihat cantik dan percaya diri.

Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menerapkan pola makan sehat salah satunya dengan Vitameal.

Vitameal adalah sereal sehat dengan kombinasi serealia oat dan multigrain yang bagus untuk tubuh. Ada banyak manfaat Vitameal salah satunya yaitu membantu menurunkan berat badan. 

Vitameal juga terbuat dari susu kambing yang membantu dalam meningkatkan imunitas dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi Vitameal dapat membuat tubuh lebih kuat, tidak mudah sakit akibat virus dan bonus

Tinggalkan komentar

Index