20 Hidup Sehat Ala Rasulullah, Yuk Lakukan Untuk Hidupmu!

Saat ini pola hidup sehat sudah jarang diterapkan di masyarakat. Gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat membuat orang menjadi lebih mudah terkena penyakit. Sebagai umat Islam, sudah seharusnya kita mencontoh gaya hidup sehat yang diterapkan Rasulullah.

Hidup sehat ala Rasulullah adalah sebuah konsep yang mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari pola makan yang teratur hingga menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar.

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Semua ajaran ini menunjukkan bahwa hidup sehat ala Rasulullah tidak hanya mencakup aspek fisik, tetapi juga spiritual dan sosial, sehingga membentuk pola hidup yang seimbang dan berkelanjutan.

Berikut ini adalah hidup sehat ala Rasulullah yang bisa kamu terapkan sehari-hari.

1. Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Seperti hadits yang berbunyi “Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak pernah kekenyangan” (HR Bukhari Muslim)

Rasulullah mengajarkan agar kita menyantap makanan sebelum merasakan lapar dan menghentikan makan sebelum merasa kenyang. Saran ini memiliki nilai kesehatan yang signifikan karena mencegah gangguan lambung akibat kelaparan berlebihan dan menghindari kelebihan makan.

Mengontrol asupan makanan sebelum merasa kenyang juga membantu mencegah gangguan pencernaan. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti pola makan yang teratur dan sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan hidup sehat. 

2. Makan Secukupnya, Tidak Berlebihan

Dari Aisyah RA, “Dahulu Rasulullah tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti.”

Baca Juga: 71 Ucapan Menyambut Ramadhan Penuh Doa dan Makna

Prinsip ini menekankan bahwa Rasulullah menganjurkan untuk makan dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan, tanpa berlebihan.

Hal ini mengingatkan kita untuk mengontrol konsumsi makanan agar tidak terjadi penumpukan yang berlebihan, serta mencegah berbagai masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat pola makan yang tidak seimbang.

Dalam konteks modern, penting untuk menghindari mengonsumsi makanan sebagai simbol status sosial atau pameran, dan lebih fokus pada makanan yang memberikan nutrisi yang seimbang bagi tubuh.

3. Satu Per tiga isi dengan Makanan, Minuman, dan Udara

Saran ini menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara konsumsi makanan, minuman, dan udara dalam perut.

Memenuhi perut hanya dengan makanan dan minuman tanpa memberikan ruang untuk udara dapat mengganggu proses pencernaan dan menyebabkan ketidaknyamanan serta masalah kesehatan.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan proporsi yang seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti hadits yang berbunyi:

“Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya.

Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

4. Tidak Makan Makanan yang Haram

Hidup sehat ala Rasulullah selanjutnya yaitu tidak makan makanan haram. Larangan untuk mengonsumsi makanan yang haram tidak hanya merupakan ajaran Rasulullah, tetapi juga merupakan ketetapan Allah yang tetap berlaku.

Hal ini ditegaskan karena makanan yang haram cenderung mengandung zat-zat berbahaya yang dapat merugikan tubuh manusia jika dikonsumsi secara terus-menerus.

Hal ini juga tercantum dalam Al-Quran Surat Al Maidah ayat tiga yang artinya:

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.” (QS. Al Maidah: 3)

5. Tidak Meminum Khamr

Selain larangan mengonsumsi makanan yang haram, Rasulullah juga melarang minuman yang mengandung alkohol, seperti khamr. Hal ini disebabkan oleh efek merusak yang dimiliki oleh alkohol terhadap tubuh manusia, terutama pada sistem saraf.

Hal ini juga tercantum dalam Al-Quran Surat Al Maidah ayat 90-91 yang artinya berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, yang adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaithan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Sesungguhnya syaithan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu lantaran (meminum) khamr dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat, maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)” (QS Al Maidah : 90-91)

6. Berpuasa

Hidup sehat ala Rasulullah yang dianjurkan selanjutnya yaitu berpuasa. Selain wajib berpuasa pada bulan Ramadhan, terdapat pula anjuran untuk melakukan puasa sunnah lainnya.

Puasa tidak hanya memiliki nilai ibadah, tetapi juga membantu membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat berbahaya, serta membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Seperti hadits yang berbunyi:

“Berpuasalah kamu supaya sehat tubuhmu” (HR Bukhari)

7. Tidak Tidur Setelah Ashar dan Sebelum Magrib

Rasulullah menyarankan agar kita tidak tidur setelah shalat Ashar hingga sebelum Magrib. Hal ini karena waktu tersebut dianggap sebagai waktu yang produktif untuk tetap melakukan aktivitas, sementara masih ada kesempatan untuk beristirahat setelah Magrib. Tidur di malam hari dianggap lebih baik untuk kesehatan tubuh daripada tidur di siang hari.

8. Bangun dan Shalat di Sepertiga Malam

Anjuran untuk bangun dan melaksanakan shalat di sepertiga malam menunjukkan pentingnya memanfaatkan waktu yang baik untuk beribadah dan meningkatkan kesehatan secara spiritual dan fisik.

9. Olahraga dengan Berkuda, Memanah, dan Berenang

 hidup sehat

Rasulullah juga menganjurkan untuk berolahraga, termasuk berkuda, memanah, dan berenang. Hal ini menekankan pentingnya menjaga kebugaran fisik dan mengeluarkan zat-zat berbahaya dari tubuh melalui aktivitas fisik. Hidup sehat Rasulullah ini dapat dilakukan baik laki-laki atau perempuan

10. Tidur Miring ke Kanan

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidur dengan posisi miring ke kanan dianjurkan oleh Rasulullah karena dapat membantu memperlancar peredaran darah dan proses metabolisme tubuh, serta memudahkan proses detoksifikasi.

11. Tidak Tidur Tengkurap

Hidup sehat ala Rasulullah selanjutnya yaitu tidak tidur tengkurap. Rasulullah tidak tidur dalam posisi tengkurap karena dianggap tidak baik untuk kesehatan pernapasan dan metabolisme tubuh yang lancar.

12. Bersiwak atau Membersihkan Gigi

Rasulullah mencontohkan kebersihan gigi dengan menggunakan siwak atau menyikat gigi. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut serta mencegah penumpukan bakteri. Seperti hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim:

“Andaikan aku tidak memberatkan umatku, niscaya aku akan menyuruh mereka bersiwak (menyikat gigi) setiap kali berwudhu.” (HR Bukhari dan Muslim)

13. Bersuci dari Hadas

Islam mewajibkan umatnya untuk menjaga kebersihan dan kesucian, termasuk membersihkan diri dari najis dengan bersuci atau berwudhu.

14. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Salah satu upaya untuk hidup sehat yaitu menjaga kebersihan. Mengutamakan kebersihan diri dan lingkungan merupakan prinsip yang diajarkan oleh Rasulullah untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

15. Memotong Kuku dan Bulu-Bulu atau Rambut di Bagian Tubuh

“Waktu untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan hendaknya tidak melebihi 40 hari.” (HR Muslim dan Tirmidzi)

Merawat tubuh dengan memotong kuku, bulu-bulu, atau rambut di bagian tubuh yang perlu merupakan tindakan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri.

16. Konsumsi Kurma dan Madu

 hidup sehat

Rasulullah Bersabda:

“Barang siapa setiap pagi mengkonsumsi tujuh butir kurma ‘Ajwa, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir,” (HR Bukhari dan Muslim).

Selain sunnah, madu juga memiliki banyak manfaat seperti menurunkan risiko penyakit jantung koroner, hipertensi, kardiovaskular dan lain-lain.

17. Bangun Awal di Pagi Hari

Rasulullah selalu bangun pagi saat adzan subuh berkumandang. Secara ilmiah ternyata bangun pagi juga dapat menjaga produktivitas yang lebih baik dan kesehatan mental pun menjadi terjaga.

18. Konsumsi Buah Delima

hidup sehat ala rasullullah

Selain mengonsumsi kurma, Rasulullah juga mengonsumsi buah delima. Hal ini sesuai dalam hadits yang berbunyi:

“Delima dan kulit buahnya memperkuat pencernaan,” (HR. Abu Nuaim)

Rasulullah rutin mengonsumsi buah delima setiap hari supaya tubuh tetap sehat dan bugar. Dalam sebuah penelitian juga membuktikan bahwa buah delima merupakan makanan yang menyehatkan. Delima mengandung mangan yang dapat membantu pembentukan struktur tulang saat proses metabolisme berlangsung. 

Delima juga memiliki kandungan potasium yang berfungsi untuk menjaga fungsi sel serta keseimbangan kadar cairan. Kandungan flavonoid, polifenol dan antioksidan pada buah delima akan membantu kita terhindar dari masalah penyakit jantung. Dengan begitu kita akan mendapatkan hidup sehat tanpa penyakit. 

19. Makan Perlahan

Hidup sehat ala Rasulullah selanjutnya yaitu makan dengan perlahan. Tubuh membutuhkan setidaknya 20 menit untuk mengirimkan sinyal ke otak jika kamu sudah kenyang. Makan secara perlahan akan membantu kamu mengonsumsi makanan lebih sedikit dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

20. Minum Air Bertahap

 hidup sehat

Rasulullah menganjurkan minum jangan satu kali teguk dan sebaiknya dilakukan secara bertahap. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda:

“Jangan minum dalam satu tegukan seperti unta, tapi dalam dua atau tiga (tegukan). Sebutkan Nama Allah (yaitu, ucapkan bismillah) ketika Anda mulai minum dan pujilah Dia (yaitu ucapkan alhamdulillah) setelah Anda selesai (minum).” (HR. Al-Tirmidzi)

Dalam penelitian membuktikan jika mengonsumsi air dalam jumlah banyak sekaligus akan menyebabkan sakit kepala, pusing dan ketidakseimbangan kadar elektrolit.

Itulah cara hidup sehat ala rasullullah yang bisa diterapkan dalam hidup sehari-hari, begitu disiplin dan sehat.

Untuk kamu yang ingin hidup sehat maka perlu menjaga asupan nutrisi dan makanan, maka, vitameal adalah salah satu solusi menjalani hidup sehat.

Yuk pesan vitameal sekarang!

Tinggalkan komentar

Index