Apakah Susu Kambing Bisa Menambah Berat Badan? Simak Jawabannya!

Apakah susu kambing bisa menambah berat badan? Pertanyaan ini banyak ditanyakan masyarakat mengingat jika kualitas susu kambing lebih baik dari susu sapi.

Untuk mengatahui jawaban Apakah Susu Kambing Bisa Menambah Berat Badan? Yuk simak selengkapnya poko bahasan susu kambing hingga tuntas.

Penyebab Berat Badan Susah Bertambah

Apakah susu kambing bisa menambah berat badan
Ilustrasi pada Artikel Apakah Susu Kambing Bisa Menambah Berat Badan

Sebelum menjawab pertanyaan ‘apakah susu kambing bisa menambah berat badan’ kita perlu tahu terlebih dahulu penyebab berat badan susah bertambah. 

Bertambah berat badan tidak selalu buruk. Sebagian orang ada yang berusaha keras menaikkan berat badan agar mendapat berat badan yang ideal. Bahkan dari mereka ada yang berusaha mengonsumsi banyak makanan, namun tetap saja berat badannya di angka yang sama. Lalu apa penyebab berat badan yang susah bertambah?

1. Keturunan

Faktor genetik merupakan penyebab paling utama berat badan susah bertambah. Faktor genetik umumnya seluruh anggota keluarga memiliki karakteristik susah gemuk walau sudah banyak makan. Jika sudah garis keturunannya, maka akan susah untuk menambah berat badan, sekalipun sudah berusaha keras.

2. Stres

Penyebab seseorang sulit menaikkan berat badan karena stres yang berkepanjangan. Beberapa orang yang memiliki beban pikiran hingga stres, akan mempengaruhi nafsu makannya. Alhasil mereka susah makan dan badannya semakin kurus. Jika sudah begini, alangkah baiknya segera konsultasi ke psikolog untuk mengatasi permasalahannya. 

3. Kurang Gizi

Tubuh yang kekurangan gizi dan nutrisi sangat berpengaruh pada berat badan. Untuk menaikkan berat badan, kamu bisa coba dengan mengonsumsi beras merah, alpukat, pisang, kentang dan ubi jalar. Kamu juga bisa mengkombinasikan dengan beberapa makanan yang mengandung protein.

4. Terlalu Sering Begadang

Selain membuat tubuh tidak sehat, begadang juga akan membuat berat badan susah naik. Begadang akan membuat metabolisme tubuh berantakan dan tidak berjalan dengan baik, terutama dalam proses penyerapan nutrisi. 

5. Tuberkulosis (TB)

Penyakit paru-paru ini salah satu penyebab seseorang tetap kurus dan tidak bisa gemuk. Sebab saat tubuh terinfeksi bakteri tuberkulosis, maka metabolisme tubuh akan meningkat melawan infeksi tersebut. Jika kamu merasakan gejala tuberkulosis, alangkah baiknya segera periksa ke dokter.

Cara Menaikkan Berat Badan

Apakah susu kambing bisa menambah berat badan
Ilustrasi pada Artikel Apakah Susu Kambing Bisa Menambah Berat Badan

Tidak sedikit orang yang berusaha menaikkan berat badannya dengan cara mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, gula dan lemak berlebih. Namun cara ini salah dan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Apabila kamu ingin menaikkan berat badan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti:

1. Konsumsi Makanan Tinggi Nutrisi

Jika kamu ingin mendapat berat badan yang ideal dan sehat, kamu bisa coba dengan mengonsumsi makanan dengan tinggi nutrisi. Kamu juga harus mulai membiasakan mengurangi makanan dengan kadar gula tinggi dan berlemak. Disarankan mengonsumsi makanan sehat seperti daging tanpa lemak, buah, sayuran, kacang-kacangan, tempe, telur dadar, ikan dan lain.

2. Makan Sering Porsi Sedikit

Cara untuk menaikkan berat badan selanjutnya yaitu sering makan dengan posi sedikit. Kamu bisa coba makan sebanyak 5-6 kali dalam sehari namun dengan porsi sedikit atau kecil. Dengan metode ini, kamu bisa menambah asupan kalori tanpa merasa kenyang yang berlebihan.

3. Pilihlah Makanan Padat Kalori

Apabila kamu ingin berat badanmu terus naik secara konsisten, cobalah dengan mengonsumsi asupan kalori sebanyak 300-500 kalori per hari. Kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan makanan sehat seperti daging merah, salmon, telur, kacang almond, kacang almond, kacang mete dan kacang tanah.

4. Mengonsumsi Camilan Sehat

Selain mengonsumsi makanan berat, kamu juga harus memperbanyak mengonsumsi cemilan sehat untuk menaikkan berat badan. Namun pilihlah jenis cemilan yang sehat dan kaya nutrisi seperti roti gandum, yogurt, buah-buahan, coklat hitam dan lain-lain.

Sangat disarankan untuk mengurangi atau hindari cemilan yang tinggi kolesterol dan mengandung minyak jenuh seperti gorengan. Karena cemilan ini justru akan mendatangkan macam-macam penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan kanker.

5. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga bukan hanya untuk menurunkan berat badan saja, namun juga membantu menaikkan berat badan. Jika kamu ingin tujuan menaikkan berat badan tercapai, rutinlah berolahraga untuk menambah massa otot dan mengurangi jaringan lemak. Kamu bisa pilih olahraga kekuatan otot seperti push up, lunges, plan dan latihan barbel.

6. Minum di Waktu yang Tepat

Beberapa orang menganggap jika lebih baik minum air sebelum makan. Hal itu baik bagi yang menjalankan diet karena dapat menurunkan nafsu makan dan membuat cepat kenyang. Namun bagi yang sedang berusaha menaikkan berat badan, hal itu tidak berlaku.

Justru sebaiknya hindari minum air mineral sebelum makan. Untuk menambah asupan kalori, cobalah untuk mengonsumsi minuman tinggi kalori seperti jus buah tanpa gula setelah makan.

7. Minum Susu

Minum susu merupakan salah satu upaya untuk menaikkan berat badan, sebab susu memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi salah satunya susu kambing. Namun apakah susu kambing bisa menambah berat badan?

Apakah Susu Kambing Bisa Menambah Berat Badan?

Apakah susu kambing bisa menambah berat badan
Ilustrasi pada Artikel Apakah Susu Kambing Bisa Menambah Berat Badan

Susu kambing telah lama dianggap sebagai minuman yang memiliki beragam manfaat kesehatan. Jenis kambing etawa saat ini sering disebut sebagai kambing yang bisa menghasilkan susu berkualitas baik. Namun dibandingkan dengan susu sapi, apakah susu kambing bisa menambah berat badan? 

Apakah Susu Kambing Etawa Bisa Menambah Berat Badan Menjadi Ideal

Ilustrasi pada Artikel Apakah Susu Kambing Bisa Menambah Berat Badan

Banyak yang percaya bahwa susu kambing etawa dapat menjadi solusi bagi orang yang ingin menambah berat badan. Anggapan ini mungkin muncul karena susu kambing etawa memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Namun, apakah kepercayaan ini benar adanya?

Meskipun susu kambing etawa mengandung lemak dan kalori, namun tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa konsumsi susu kambing secara khusus dapat meningkatkan berat badan.

Kenaikan berat badan terjadi ketika seseorang mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang mereka bakar. Oleh karena itu, penambahan berat badan tergantung pada pola makan secara keseluruhan dan tidak hanya dari satu jenis makanan atau minuman saja.

Lalu apakah susu kambing bisa menambah berat badan? jawaban dari pertanyaan apakah susu kambing bisa menambah berat badan yaitu mungkin saja bisa.

Meski belum ada penelitian yang membuktikan, namun susu kambing etawa bisa menambah berat badan dengan diibangi pola makan yang baik.

Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

Meskipun tidak secara langsung meningkatkan berat badan, susu kambing tetap memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat yang diketahui dari susu kambing:

1. Kaya akan Nutrisi: Susu kambing mengandung protein, lemak, vitamin, dan mineral penting seperti kalsium dan fosfor yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

2. Mudah Dicerna: Beberapa orang yang mengalami intoleransi laktosa atau alergi terhadap susu sapi mungkin dapat mentoleransi susu kambing karena kandungan protein dan lemaknya yang lebih mudah dicerna.

3. Mendukung Kesehatan Kulit: Kandungan anti inflamasi dalam susu kambing dapat membantu mengurangi peradangan kulit dan menjaga kulit tetap sehat.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Susu kambing mengandung senyawa bioaktif seperti peptida bioaktif dan oligosakarida, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dari artikel diatas kita tahu jawaban dari ‘apakah susu kambing bisa menambah berat badan’. Kesimpulannya susu kambing bisa menambah berat badan dengan diikuti pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Untuk menunjang pola hidup yang sehat, kamu bisa nih mengonsumsi vitameal, sereal sehat yang mengandung segudang nutrisi, bahkan vitameal juga menggunakan susu kambing etawa sebagai bahannya, yuk atur pola hidup sehat bareng vitameal.

Tasty Healthy Meal Replacement!

Tinggalkan komentar

Index