2 Tips Makan Daging Untuk Penderita Kolesterol

Makanan yang kita pilih setiap hari memiliki dampak besar pada kesehatan kita, terutama bagi mereka yang hidup dengan kondisi medis tertentu seperti kolesterol tinggi.

Daging seringkali dianggap sebagai penyebab utama tingginya kadar kolesterol dalam darah. Ini menimbulkan kekhawatiran dan sering membuat penderita kolesterol tinggi enggan menikmati hidangan yang mengandung daging.

Lalu apakah makan daging aman untuk penderita kolesterol? Bagaimana tips aman konsumsi daging bagi penderita kolesterol?

Bolehkah Penderita Kolesterol Makan Daging?

Makan Daging

Hampir semua orang menyukai daging sebagai hidangan utama, baik itu daging ayam, kambing, atau sapi. Di antara berbagai pilihan, daging sapi sering menjadi favorit banyak orang.

Namun, ada anggapan bahwa konsumsi daging sapi berbahaya bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Apakah ini benar?

Pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar atau salah. Faktanya, semua jenis daging merah, termasuk daging sapi, mengandung lemak jenuh. Konsumsi lemak jenuh yang berlebihan memang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 3 Cara Mengelola Daging Kurban Supaya Lebih Enak dan Sehat

Dalam 100 gram daging sapi, kandungan lemak total berkisar antara 12 hingga 42 gram, dan kolesterol sekitar 78 hingga 94 mg. Angka ini relatif tinggi dibandingkan dengan daging ayam yang rata-rata mengandung 5 gram lemak total dan 85 mg kolesterol.

Namun, perlu diingat bahwa setiap bagian dari daging sapi memiliki kandungan kalori, lemak, dan kolesterol yang bervariasi.

Meskipun daging sapi memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang cukup tinggi, ia juga menawarkan manfaat penting seperti protein, zat besi, dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Artinya, penderita kolesterol tinggi masih bisa menikmati daging sapi, asalkan konsumsinya tidak berlebihan dan dilakukan dengan cara yang sehat.

Tips Makan Daging Sapi Agar Tetap Sehat

Makan Daging

Daging sapi memang mengandung kolesterol, tetapi ini tidak berarti bahwa orang dengan kadar kolesterol tinggi harus sepenuhnya menghindarinya.

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2021 di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa diet jantung sehat yang termasuk potongan daging merah tanpa lemak masih bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Lebih penting bagi mereka dengan kolesterol tinggi untuk fokus menghindari makanan yang kaya akan lemak jenuh daripada kolesterol itu sendiri. Ini karena lemak jenuh dapat mengganggu fungsi hati dalam mengolah kolesterol, sehingga berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Supaya kamu tetap aman dan tidak khawatir saat konsumsi daging, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti yaitu:

  • Perlu diingatkan, hindari konsumsi daging secara berlebihan. Jika kamu memiliki masalah kesehatan seperti kolesterol, direkomendasikan untuk mengonsumsi daging 1-3 kali dalam seminggu dengan berat 56-85 gram per porsi.
  • Saat makan daging, jangan pilih bagian yang berlemak
  • Hindari konsumsi bagian organ dalam seperti usus dan hati
  • Supaya mendapat nutrisi lain, konsumsi daging bersama dengan sayuran 
  • Hindari mengolah daging dengan cara digoreng. Disarankan untuk mengolah daging dengan cara direbus atau dipanggang sebab lebih aman terutama bagi penderita kolesterol tinggi.
  • Apabila memasak dengan kuah, maka hindari menggunakan santan dan garam yang berlebihan.
  • Jika kamu rutin mengonsumsi daging, imbangi dengan rutin berolahraga supaya tetap aman

Tips Makan Daging Kambing Agar Tidak Pusing

Secara umum, daging kambing dikenal sebagai makanan yang kaya nutrisi, sehingga ini merupakan kabar baik bagi penggemarnya.

Dalam setiap 100 gram daging kambing, terkandung sekitar 150 kalori, 27 gram protein, dan 15 gram lemak. Selain itu, daging kambing juga mengandung banyak kalium, vitamin B12, zat besi, magnesium, selenium, dan omega-3.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun daging kambing padat nutrisi, ia juga mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Konsumsi daging ini bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, penting untuk membatasi jumlah konsumsi daging kambing demi menjaga kesehatan. Berikut ini tips makan daging kambing yang bisa kamu terapkan.

1. Porsi yang Pas

Makan daging berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan porsi yang pas saat makan.

Supaya tetap aman dan terhindar dari risiko berbagai risiko penyakit, sangat disarankan makan daging kambing sebanyak 1-2 porsi dalam seminggu. Pastikan konsumsi daging segar dan bersih.

2. Perbandingan Nutrisi

Konsumsi daging memang membantu mencukupi kebutuhan nutrisi, namun bukan berarti dapat dikonsumsi dalam porsi berlebihan.

Jika kamu memiliki masalah kolesterol, penting untuk mengetahui kandungan nutrisi dalam daging kambing. Dalam 100 gram daging kambing mengandung 75 mg kolesterol.

Meskipun jumlah ini lebih sedikit dari dada ayam dan daging sapi sirloin, namun bukan berarti boleh mengonsumsi dalam jumlah banyak. 

3. Mengolah Daging dengan Tepat

Makan Daging

Saat mengolah hindari proses menggoreng sebab akan menambah kadar lemak pada daging. Pilihlah pengolahan dengan cara dipanggang, santan dibuat sup atau dibakar. Sebelum mengolah, pastikan untuk membuang terlebih dahulu lemak pada daging.

4. Lengkapi dengan Sayuran

Makan Daging

Supaya makan daging tetap aman tanpa takut kolesterol naik, maka diimbangi dengan konsumsi sayur dan buah-buahan. Jenis makanan ini dapat melancarkan pencernaan dan mengurangi penyerapan kolesterol yang berasal dari daging.

Jangan lupa juga untuk selalu konsumsi vitameal yaa….

Vitameal adalah merupakan sereal sehat dengan kombinasi serealia oat dan multigrain yang bagus untuk tubuh. Ada banyak manfaat Vitameal salah satunya yaitu membantu menurunkan berat badan. 

Vitameal juga terbuat dari susu kambing yang membantu dalam meningkatkan imunitas dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi Vitameal dapat membuat tubuh lebih kuat, tidak mudah sakit akibat virus dan bonus tubuh ideal. 

Tinggalkan komentar

Index