5 Tips Memilih Sereal Sehat Untuk Sarapan dan Diet

Awal bulan emang paling cocok belanja bulanan ke swalayan sambil healing tipis-tipis. Berjalan menyusuri lorong skincare, snack, sayur mayur, buah-buahan, dan hingga berbagai macam sereal.

Eh, ngomong-ngomong soal sereal, sekarang ini sudah banyak sekali sereal yang dijual di Indonesia. Padahal, dulu jumlah produk sereal masih bisa dihitung dengan jari nih, teman mata. Persaingan semakin ketat dan mereka saling melontarkan klaim, salah satunya adalah sereal sehat.

Tapi, sebenarnya ada nggak sih sereal sehat?

Kalau kamu mau tahu jawabannya, yuk simak artikel ini sampai akhir!

Sereal: Sehat atau Tidak?

vitameal

Saat ini, sereal sudah sangat populer di Indonesia. Dahulu, nasi menjadi primadona, sampai-sampai ada kutipan yang menyebutkan bahwa orang Indonesia belum dikatakan sarapan jika belum makan nasi.

Berbeda halnya dengan saat ini, berbagai jenis makanan telah menempati posisi nasi sebagai makanan utama, terutama untuk menu sarapan. Salah satunya adalah sereal.

Istilah sereal bukan hal yang baru lagi, bukan?

Sereal adalah jenis makanan yang dikenal kaya akan kandungan karbohidrat. Dengan mengonsumsi sereal, kamu memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas dengan baik.

Pada dasarnya, sereal adalah sumber energi yang terbuat dari biji-bijian yang terkadang dikombinasikan dengan vitamin dan mineral yang terfortifikasi. Biasanya, orang-orang mengonsumsinya dengan menggunakan yogurt, susu, kacang, maupun buah.

Umumnya, ada beberapa proses yang harus dilewati untuk memproduksi sebuah sereal, yaitu:

  • Pemrosesan. Tahap ini mencakup pembuatan tepung dari biji-bijian.
  • Pencampuran. Tepung dari biji-bijian dicampur dengan komposisi lain seperti air, gula, dan coklat.
  • Ekstraksi. Proses ekstraksi melibatkan mesin yang berfungsi untuk membentuk sereal dengan suhu tinggi.
  • Pengeringan. Sereal dikeringkan.
  • Pencetakan. Sereal dibentuk menjadi bentuk-bentuk lucu seperti kotak, donat, bintang, maupun bulat seperti bola.

Setelah mengetahui proses pembuatan sereal yang umum dijual di pasaran, kita pun menjadi bertanya-tanya sebenarnya sereal sehat atau tidak.

To be honest, melihat komposisinya pun membuat kita bergidik ngeri. Bagaimana tidak? Seringkali dijadikan sebagai menu sarapan, ternyata sereal mengandung gula yang tinggi.

Sebenarnya, hal ini tidak lagi membuat kita kaget sebab makanan olahan dan kemasan memang sudah identik dengan kandungan gula yang tinggi, baik itu pemanis alami maupun buatan yang seringkali ditambahkan pada permen, minuman manis, dan masih banyak lagi.

Dalam sebuah studi berjudul Source of Added Sugar Intake Among the U.S. Population: Analysis by Selected Sociodemographic Factors Using the National Health and Nutrition Examination Survey 2011-18 disebutkan kalau sereal sarapan merupakan penyumbang asupan gula tambahan ketujuh di kalangan orang dewasa di Amerika Serikat.

Akibat kandungan gulanya yang tinggi, maka indeks glikemik pun meningkat sehingga dapat mengakibatkan lonjakan gula darah yang tajam setelah makan.

Tidak sampai di situ, kadar gula darah yang tinggi berpotensi menyebabkan berbagai macam penyakit kronis mulai dari diabetes tipe-2, penyakit kardiovaskular, penyakit mata retinopati diabetik, dan lain-lain.

Jadi, bisa dikatakan kalau sereal yang banyak beredar saat ini tidak sehat ya, teman mata. Ada baiknya, kamu memilah dan memilih sereal sehat yang kaya akan kandungan serat dan tentunya rendah gula.

Bahkan, akan lebih bagus kalau berbagai komposisi ditambahkan di dalamnya, seperti buah-buahan, susu, dan masih banyak lagi.

Tips Memilih Sereal Sehat

vitameal

Di tengah gempuran berbagai jenis sereal, kamu pasti bisa menemukan sereal sehat kok, teman mata. Meskipun agak njelimet, kamu harus memperhatikan dengan betul komposisi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Melansir dari laman Harvard Health Publishing, ada beberapa tips memilih sereal sehat yang bisa kamu lakukan nih, di antaranya adalah:

1. Rendah gula

Sudah menjadi rahasia umum kalau sereal terasa manis, sehingga tidak heran kalau beberapa orang menjadikan sereal sebagai snack.

Agar manfaat sereal dapat kamu rasakan, pilhlah sereal sehat dengan kandungan gula yang rendah. Kamu bisa menambahkannya dengan berbagai berbagai macam buah-buahan untuk mendapatkan rasa manis alami.

Seorang praktisi kesehatan bernama McManus merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi gula lebih dari 5 gram dalam satu porsi sereal.

Baca Juga: Sereal Enak Dan Sehat Berikut 5 Manfaatnya!

2. Kaya akan serat

Serat yang terkandung dalam sereal sehat merupakan nutrisi yang memiliki banyak manfaat, misalnya menurunkan kadar kolesterol, menurunkan gula darah, menurunkan risiko penyakit diabetes, kardiovaskular, obesitas, dan melancarkan pencernaan.

Jumlah serat harian yang direkomendasikan berbeda antara wanita dan pria. Wanita memerlukan 21-25 gram serat per hari, sedangkan pria membutuhkan sekitar 30-38 gram serat per hari.

3. Rendah kalori

Sejatinya, kalori merupakan energi yang diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Energi semacam ini akan kita gunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Kendati demikian, makanan tinggi kalori tidak disarankan sebab dapat menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, obesitas, dan sebagainya.

Jadi, konsumsilah sereal sehat yang rendah kalori, ya!

4. Rendah sodium atau garam

Bukan hanya gula, kandungan garam tinggi juga terkadang ditemukan di dalam sereal. Padahal, kandungan garam atau sodium yang tinggi berdampak negatif pada tubuh, termasuk memicu hipertensi, menyebabkan penumpukan cairan, dan masih banyak lagi.

American Heart Assosciation merekomendasikan untuk membatasi konsumsi sodium sebanyak 1.500 mg per hari. Untuk sereal, usahakan kandungan sodium  tidak lebih dari 200 mg per takaran saji.

5. Adanya komplemen tambahan

Kebanyakan sereal mengandung gula yang tinggi dan disertai dengan berbagai macam rasa, seperti perisa buah-buahan, coklat, vanilla, dan lain-lain. Duh, nggak terbayang semua bahan makanan itu masuk ke dalam tubuh.

Berbeda halnya dengan sereal sehat yang dikombinasikan dengan bahan-bahan bernutrisi tinggi seperti susu dan buah-buahan yang kaya akan kalsium dan serat serta berperan sebagai pemanis alami.

Apakah Ada Sereal Sehat dan Enak?

vitameal

Terlalu sering ‘dijejali’ dengan sereal kemasan dengan nutrisinya yang berantakan, sebagian masyaarakat penasaran apaakah ada sereal sehat yang bisa kita andalkan?

Jawabannya adalah ADA. Is it really?

Yup, buat kamu yang mencari sereal sehat kesana kemari, kamu bisa nih mengonsumsi Vitameals. Saking menakjubkannya, Vitameals disebut-sebut sebagai sereal sehat untuk sarapan dan sereal sehat untuk diet.

Di dalamnya, terkandung Psyllium husk, oat, susu kambing etawa, mixed berries, dan stevia yang mengandung high fiber, high calcium, antioksidan berupa antosianin, berbagai macam vitamin dan masih banyak lagi.

Sereal sehat yang satu ini sangat cocok dikonsumsi sebagai pengganti sarapan dan pengganjal di waktu jeda makanmu. Jadi, yuk mulai sarapan sehat dengan sereal sehat dengan Vitameals!

Vitameals! Tasty, healthy, meal replacement!

Tinggalkan komentar

Index