Sereal Enak dan Sehat Berikut 5 Manfaatnya!

Sereal dikenal dengan rasanya yang enak dan efeknya yang mengenyangkan. Dikombinasikan dengan susu, membuat sereal semakin kaya akan nilai gizinya.

Saat ini, hadirnya sereal enak pun membantu para ibu-ibu dalam menyiapkan sarapan untuk si kecil. Namun, kita juga tidak boleh lengah sebab kandungan gula pada sereal tergolong tinggi, nih.

Sebenarnya, ada nggak sih sereal enak dan sehat?

Kalau kamu mau tahu jawabannya, baca artikel ini sampai habis, ya!

Serba-Serbi Sereal

vitameal

Sebagai orang Indonesia, nasi sudah menjadi bagian dari hidup kita. Bagaimana tidak, setidaknya 3 piring nasi masuk ke dalam tubuh setiap harinya.

Umumnya, masyarakat kita mengkombinasikannya dengan berbagai macam jenis makanan seperti sayur dan lauk. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merekomendasikan untuk memenuhi syarat “4 Sehat 5 Sempurna”.

Saking pentingnya peran nasi dalam kehidupan kita, banyak orang yang bilang kalau belum makan kalau nggak makan nasi. Waduh, ada-ada aja ya…

Akan tetapi saat ini, sebagian orang memilih untuk memperoleh sumber energi dari jenis makanan lainnya, misalnya sereal.

Tahukah kamu apa itu sereal?

Sebenarnya, istilah sereal berasal dari kata serelia yang berarti biji-bijian. Pada abad ke 18, para ibu menyiapkan sarapan berupa biji-bijian yang dipadukan dengan krim dan gula. Nah, ini menjadi sejarah awal mengapa sereal banyak dinikmati sebagai menu sarapan.

Kandungan gizi pada sereal tidak main-main, lho. Kalau dikonsumsi secara rutin, ada banyak kebaikan yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan tubuhmu.

Kendati demikian, sereal yang kita kenal sekarang jauh berbeda dengan sereal yang sebenarnya. Kok bisa?

Bagi kita, sereal adalah jenis makanan yang terbuat dari biji-bijian seperti gandum yang melewati proses panjang hingga siap dikemas. Bisa dikatakan, sereal masuk ke dalam kategori makanan olahan dan kemasan.

Tidak sampai di situ, kandungan gula yang tinggi menjadi poin penting di sini. Bagaimana tubuh menjadi sehat dan penuh energi kalau terus menerus diberikan makanan tinggi gula.

Mungkin kita tidak akan merasakannya saat itu juga, namun dampak negatifnya akan terasa beberapa tahun ke depan. Jadi, bisa disimpulkan kalau sereal enak tidak selalu sehat.

Be aware, guys!

Manfaat Sereal

vitameal

As we discussed before, sereal enak tidak berarti menyehatkan sebab kandungan gulanya yang tinggi justru ‘mengobrak-abrik’ kinerja tubuh. Jadi, tidak heran kalau berbagai penyakit muncul, deh.

Namun, sereal enak dan sehat juga ada, kok. Kamu bisa memilih sereal enak dengan kandungan nutrisi yang kompleks namun tetap rendah gula. However, ada beberapa manfaat sereal bagi tubuh, nih, di antaranya adalah:

1. Sebagai sumber energi

Sereal enak dan sehat seharusnya mengandung karbohidrat yang nantinya diubah oleh tubuh menjadi energi. Nantinya, energi inilah yang kita gunakan untuk melakukan banyak aktivitas sehari-hari.

Di samping itu, karbohidrat sebagai sumber energi akan membuat perut kenyang lebih lama sehingga cocok banget nih kalau sereal menemani program diet kamu.

Jangan sampai kita mengganti nasi dengan jenis makanan lain yang tidak mengandung karbohidrat karena tubuh berisiko mengalami kelelahan akibat kekurangan energi.

2. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Sereal mengandung berbagai jenis nutrisi yang baik untuk tubuh, termasuk di dalamnya serat atau fiber. Perlu kamu tahu, serat merupakan asupan penting yang bermanfaat untuk memaksimalkan fungsi tubuh.

Salah satu kebaikan serat adalah mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung yang mana penyakit jantung menempati urutan pertama dalam penyebab kematian di Indonesia.

3. Kandungan vitamin dan mineral tinggi

Terbuat dari sejumlah biji-bijian unggulan, sereal kaya akan mineral dan vitamin yang membantu kita dalam memelihara kesehatan tubuh.

Kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium dan berbagai macam vitamin yang menunjang kesehatan tulang, menjaga kesehatan jantung, memproduksi hormon, serta memaksimalkan kerja impuls saraf.

4. Melancarkan pencernaan

Fiber atau serat yang tinggi terkandung di dalam sereal enak dan sehat. Pada dasarnya, manfaat serat untuk tubuh adalah berkontribusi pada kesehatan usus, menurunkan kadar gula darah yang diperoleh dari makanan, serta mencegah penyakit jantung, diabetes, kanker usus, dan ulkus duodenum.

Ada dua jenis serat, yaitu serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut dalam air. Keduanya sama-sama dibutuhkan oleh tubuh nih, guys.

5. Menstabilkan gula darah

Lagi-lagi, serat membawa banyak manfaat untuk tubuh kita. Kali ini, serat berperan dalam menstabilkan kadar gula darah dengan menurunkan kadar HbA1c yang mana merupakan jenis hemoglobin yang memicu terjadinya diabetes.

Namun, sereal enak bukan jaminan kadar gula darah stabil, ya. Oleh karenanya, pilihlah sereal enak dan sehat yang rendah gula sehingga tidak memicu lonjakan kadar gula darah tubuh.

Sereal Enak dan Sehat, Apakah Ada?

vitameal

Kebanyakan produk sereal yang ada saat ini memiliki kandungan gula yang tinggi, padahal komposisinya didominasi oleh bahan-bahan unggulan seperti oat, biji-bijian, granola, dan lain sebagainya.

Para ahli medis tidak menyarankan untuk mengonsumsi sereal, terutama untuk anak-anak dan penderita penyakit tertentu seperti diabetes. Mungkin, sereal enak dan sehat bisa menjadi solusi nih, guys.

Tetapi, banyak dari kita yang penasaran apakah ada sereal enak dan sehat saat ini?

Jangan khawatir! Jawabannya, ADA.

Saat ini, sudah banyak produk organik yang mengandung bahan-bahan kaya akan nutrisi, dan tentunya rendah gula. Nah, salah satunya adalah Vitameal.

Bisa dikatakan kalau Vitameal adalah sereal yang enak untuk sarapan karena memberikan rasa kenyang dari oat, multigrain, mixed berries, susu kambing etawa, dan stevia sebagai pemanis yang lebih sehat.

Ada banyak manfaat Vitameal yang bisa kamu peroleh nih, guys, mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan tulang, mencegah penyakit jantung, dan menstabilkan kadar gula darah.

Sereal enak Vitameal boleh dikonsumsi mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, lansia, bahkan aman untuk penderita diabetes dan intoleransi laktosa sekalipun.

Selain itu, Vitameal memiliki formula aktif yang sangat menjanjikan, seperti high fiber, high calcium, antioksidan antosianin, beta glucan, serta selenium.

Oh iya, Vitameal digadang-gadang menjadi sereal yang enak untuk diet berkat manfaatnya dalam menjaga berat badan. Buat kamu yang sedang melakukan program diet, Vitameal siap menemani hari-harimu.

Sereal enak dan sehat?

Apalagi kalau bukan Vitameal!

Vitameals, your tasty healthy meal.

Tinggalkan komentar

Index