10 Pola Makan Agar Umur Panjang Seperti Orang Jepang

Perkada jodoh, rezeki, dan maut adalah tiga hal yang sudah digariskan jauh sebelum kita dilahirkan ke dunia. Meskipun demikian, bukan berarti kita hidup di dunia tanpa usaha sedikitpun dengan dalih takdir Tuhan, misalnya saja perihal maut.

Kita tidak tahu kapan kita mati dan bagaimana kita mati. Kendatipun, kita tetap bisa mengusahakan agar tetap sehat dan memiliki umur panjang. Salah satunya upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola makan agar umur panjang nih, guys.

Sebenarnya, pola makan seperti ini merupakan hal yang biasa bagi orang-orang yang terbiasa menerapkan pola makan yang sehat, sehingga seharusnya isu ini bukan perkara yang sulit untuk dilakukan, bukan?

Okay, untuk mengetahui pola makan agar umur panjang sehat sentosa, yuk kita kupas bersama pada pembahasan di bawah ini!

Apakah Pola Makan Mempengaruhi Umur Panjang?

vitameal

Ketika kita membicarakan tentang umur panjang, ini bukan hanya soal angka saja namun juga baiknya kualitas hidup seseorang. Misalnya, orang-orang Jepang dikenal akan angka harapan hidupnya yang tinggi sedari dulu, yaitu sekitar 90 tahun.

Kalau menilik lebih jauh tentang bagaimana orang Jepang hidup, kita akan mendapatkan semua jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mengenai rahasia umur panjang mereka.

Ya, apalagi kalau bukan pola makan yang luar biasa sehat.

Masyarakat mengenal pola makan orang Jepang sebagai diet Jepang. Bukan hanya pola makan agar umur panjang, diet tersebut juga mengatur mengenai makanan apa sajakah yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh.

Adapun bahan-bahan makanan yang tak pernah absen dari menu makan mereka, seperti kacang kedelai, makanan fermentasi, ikan, teh, hidangan laut, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, diet Jepang digadang-gadang menjadi diet yang memiliki nutrisi paling seimbang di antara semua jenis diet di dunia. However, diet semacam ini juga menunjang kesehatan kulit, lho. Tidak heran kalau kulit orang-orang Jepang glowing dan awet muda, ya.

Baca Juga: Mengulik Manfaat Buah Berry Dan 5 Ide Olahan Buah Berry Yang Enak Dan Menyehatkan

Kunci Utama Agar Umur Panjang

vitameal

Selain karena takdir Tuhan, umur panjang juga bisa diusahakan dengan meningkatkan kualitas hidup kita. Lantas, pertanyaan selanjutnya adalah “Bagaimana cara meningkatkan kualitas hidup?”.

Menurut ahli medis, at least ada lima kunci utama agar umur panjang yang bisa kita lakukan, di antaranya meliputi:

1. Terapkan pola makan sehat

Sudah menjadi rahasia umum kalau makanan yang sehat dan bergizi tinggi merupakan kunci utama memiliki umur panjang. Makanan yang kaya nutrisi membawa banyak kebaikan untuk tubuh, terutama dalam memelihara kesehatan tubuh.

Kamu disarankan untuk memenuhi nutrisi dari buah, sayur, daging, ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang kaya akan antioksidan, folat, karotenoid, dan vitamin (khususnya vitamin C) dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta agar tubuh terhindar dari penyakit kronis seperti hipertensi, jantung, stroke, dan kanker.

Di samping itu, hindarilah makanan yang mengandung tinggi garam, gula, pengawet, lemak jenuh, dan pewarna yang justru dapat memicu berbagai penyakit pada tubuh.

2. Tidur cukup

Seperti kata Bang Rhoma Irama, janganlah begadang kalau tiada artinya. Bukan tanpa alasan, tidur cukup ternyata masuk ke dalam satu kunci utama agar umur panjang, lho.

Idealnya, orang dewasa tidur selama 7-8 jam sehari. Bukan hanya menghilangkan lelah, salah satu studi penelitian menjelaskan bahwa tidur cukup dapat mencegah kita dari depresi, stres, dan penyakit mematikan seperti penyakit jantung.

Selain itu, usahakan untuk selalu bangun di jam yang sama setiap harinya, ya!

3. Tidak minum alkohol dan merokok

Minum minuman beralkohol dan merokok adalah dua kebiasaan yang tidak sehat. Keduanya telah terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit seperti kanker hati, kanker paru-paru, penyakit kardiovaskular, keguguran pada ibu hamil, dan masih banyak lagi.

Merokok dan minum alkohol memang hal setiap individu, namun kalau kita memang benar-benar mencintai diri sendiri, alangkah baiknya hentikanlah sebelum terlambat.

4. Terus bergerak aktif

Berolahraga bukan hanya soal mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif, namun dapat turut meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Bahkan, dikatakan bahwa orang-orang yang rutin berolahraga memiliki umur yang lebih panjang daripada yang tidak melakukannya sama sekali.

Oleh karenanya, cukup luangkan waktu 30  menit sehari untuk berolahraga dengan gerakan yang ringan di dalam rumah. Kalau kamu bingung harus mulai dari mana, kamu bisa berkonsultasi dulu dengan ahli medis atau personal trainer, ya.

5. Hindari stres berlebihan

Tahukah kamu kalau stres berlebihan bisa memicu penyakit?

Perlu kita ketahui bersama bahwa stres berlebihan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit seperti depresi, diabetes, stroke, jantung, bahkan kanker sekalipun, lho.

Penting bagi kita untuk mengelola stres agar stres tidak berlarut-larut. Kalau kamu merasa tidak bisa menyelesaikannya sendiri, janganlah sungkan untuk meminta bantuan kepada ahlinya, seperti psikolog, psikiater, dan lain-lain.

Ingat ya, stres bukanlah aib karena our mental health is our priority.

Pola Makan Agar Umur Panjang

vitameal

Memiliki umur panjang adalah doa setiap orang. Bahkan, harapan tersebut selalu menjadi penyerta setiap kali lagu ulang tahun dinyanyikan.

Umur panjang merupakan hal yang lumrah di negeri sakura dengan angka harapan hidup 90 tahun. Sedangkan di Indonesia, Badan Pusat Statistik merilis angka harapan hidup di Indonesia pada tahun 2021 yaitu sebesar 73,5 tahun.

Semakin besar angka harapan hidup, maka semakin tingginya kualitas hidup masyarakatnya. Kendatipun, kita juga tidak boleh jumawa. Agar angka tersebut kian meningkat setiap tahun, ada banyak upaya yang bisa kita lakukan, salah satunya mengatur pola makan agar umur panjang.

Kita bisa meniru pola makan orang Jepang yang sudah dikenal yang terbaik di antara semua yang ada. Adapun pola makan agar umur panjang di Jepang yang bisa kita contoh, di antaranya seperti:

1. Makan perlahan

Kebiasaan makan orang Jepang yang patut ditiru adalah makan secara perlahan. Meskipun makanan akan dilumatkan dan dicerna pada lambung dan sistem pencernaan lainnya, mengunyah dengan sempurna merupakan poin penting yang tidak bisa dilewatkan.

Makan secara perlahan sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan pencernaan serta menjadi suatu wadah untuk saling berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman.

2. Atur porsi makan

Mengatur porsi makan adalah poin selanjutnya pada pola makan agar umur panjang seperti orang Jepang. Semua ini diawali dengan sebuah mindset bahwa makan adalah suatu kegiatan yang dilakukan bukan untuk memuaskan hawa nafsu, melainkan mengisi perut.

Kamu pun akan menemukan orang Jepang menggunakan piring yang lebih kecil untuk membatasi porsi makan, memenuhi kalori, serta membuatnya kenyang lebih cepat.

3. Minum ocha secara rutin

Ocha merupakan sebutan untuk teh hijau di Jepang. Biasanya, minuman semacam ini bisa kamu jumpai di berbagai gerai makanan khas Jepang, lho.

Perlu kamu tahu, matcha adalah teh hijau alami yang diseduh dari daun teh hijau asli. Biasanya, orang Jepang rutin meminum teh hijau tanpa menambahkan pemanis apapun sehingga rasanya cenderung tawar.

Ternyata, ocha membawa banyak manfaat bagi tubuh, seperti baik untuk kesehatan kulit serta menangkal radikal bebas berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

4. Hara hachi bun me

Hara hachi bun me adalah prinsip yang selalu dipegang oleh orang Jepang yang artinya makanlah sampai 80% kenyang. Prinsip ini bertujuan agar kita tidak makan terlalu banyak.

Orang Jepang memang sudah dikenal tidak makan berlebihan dan makan sebelum merasa benar-benar kenyang. Sadar atau tidak, prinsip yang sama tertuang dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang menyuruh kita untuk berhenti makan sebelum kenyang.

5. Tidak melewatkan sarapan

Seringkali dilewatkan, sarapan merupakan pondasi yang tidak boleh sama sekali dianggap remeh. Tidak melewatkan sarapan adalah kunci pada pola makan agar umur panjang ala orang Jepang.

Saat sarapan, menu lengkap selalu tersedia di atas meja dengan detail menu seperti nasi putih, ikan panggang, dan sup miso. Menyantap sarapan dengan menu lengkap menekan keinginan mereka untuk makan camilan pada siang hari.

6. Makan banyak kedelai

Pernahkah kamu mendengar natto?

Natto adalah makanan khas Jepang dengan bahan dasar kacang kedelai yang telah difermentasi. Umumnya, mereka menyantap natto dengan menambahkan kecap asin khas Jepang yang disebut dengan shoyu.

Meskipun rasanya kurang ramah di lidah orang Indonesia, manfaat natto sangat luar biasa, di antaranya melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, menunjang kesehatan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh, sampai meringankan gejala sinusitis.

7. Sering makan rumput laut

Berbagai olahan rumput laut banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jepang, mulai dari nori, sup, dan masih banyak lagi. Ternyata, makan rumput laut adalah salah satu poin penting dalam pola makan agar umur panjang seperti orang Jepang, lho.

Rumput laut mengandung nutrisi seperti mineral, vitamin, serta asam lemak omega 3 yang telah terbukti baik untuk kesehatan.

8. Olahan masakan kukus dan tumis lebih disukai

Orang Jepang tidak terlalu menyukai makan dengan banyak minyak. Hal inilah yang mungkin mendasari olahan makanan kukus dan tumis lebih disukai ketimbang makanan yang digoreng menggunakan minyak.

Dari sisi kesehatan pun, penggunaan minyak berlebih meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit serius, seperti penyakit kardiovaskular, stroke, dan lain-lain.

9. Nasi sebagai asupan karbohidrat utama

Tidak seperti orang Amerika dan Eropa yang menyukai roti, orang Jepang lebih memilih nasi sebagai sumber karbohidrat utama. Itulah sebabnya gerai makanan khas Jepang tidak pernah menyediakan roti.

Orang Jepang menganggap bahwa nasi lebih sehat. Roti dianggap kurang sehat sebab mengandung tepung-tepungan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering.

10. Makan dessert secukupnya

Pola makan agar umur panjang yang terakhir adalah tidak terlalu banyak makan manis seperti dessert. Konsumsi gula berlebihan sudah lama dikenal tidak baik untuk kesehatan.

Orang Jepang cenderung lebih menggemari makanan gurih dan makanan dengan rasa asli yang rendah gula dan garam. Jadi, tidak heran ya kalau orang Jepang memiliki umur yang panjang.

vitameal

Nah, itulah 10 poin pola makan agar umur panjang seperti orang Jepang. Masih banyak PR yang harus dibenahi, namun bukan berarti tidak mungkin, bukan?

Mulailah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan jangan pernah lewatkan sarapan. Kalau kamu tidak sempat menyiapkan makanan karena diburu oleh waktu, Vitameal akan membantu kamu memenuhi asupan nutrisi, nih.

Vitameal adalah sereal sehat dan enak yang terbuat dari bahan-bahan unggulan seperti Psyllium husk, oat, susu kambing Etawa, multigrain, buah-buahan, dan mixed berries. Selain itu, Vitameal menggunakan stevia sebagai pemanis yang aman untuk penderita diabetes sekalipun.

Berkat bahan-bahan tersebut, kamu akan memperoleh nutrisi lengkap, mulai dari antioksidan, vitamin, mineral, kalsium, magnesium, dan masih banyak lagi.

Yuk, sarapan dengan Vitameal untuk memulai hari yang lebih berenergi!

Vitameal, your tasty healthy meal!

Tinggalkan komentar

Index