15+ Menu Ramadhan Sehat, Hidup Lebih Produktif

Selain meningkatkan ibadah, selama puasa juga harus memperhatikan kesehatan tubuh supaya bisa menerapkan Ramadhan sehat.

Salah satu menjaga kesehatan tubuh dengan pola makan sehat saat sahur dan berbuka. Apa saja rekomendasi menu ramadhan sehat?

Menu Ramadhan Sehat

Ramadhan Sehat

Pola makan yang berubah selama puasa dapat mempengaruhi kesehatan. Oleh karena itu, supaya imunitas tidak menurun selama puasa diperlukan konsumsi makanan yang sehat dengan nutrisi tinggi. Berikut menu sahur dan buka Ramadhan sehat yang bisa kamu coba di rumah.

Baca Juga: 10+ Menu Sahur Diet Saat Puasa, Bikin Badan Jadi Ideal

1. Sahur: Smoothie Protein

Menu ramadhan sehat pertama yaitu smoothie protein. Smoothie protein terbuat dari whey protein, buah-buahan segar seperti pisang atau berry, dan susu almond. Ini memberikan asupan protein yang tinggi untuk menjaga kenyang selama puasa dan memberikan energi yang stabil.

2. Iftar: Sup Sayur

Sup sayur adalah sumber serat yang baik dan rendah kalori. Dengan mencakup berbagai sayuran seperti wortel, kentang, kubis, dan bayam, sup ini memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan.

3. Sahur: Telur Panggang dengan Avocado

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi dan avocado kaya akan lemak sehat, serat, dan nutrisi lainnya. Kombinasi ini memberikan rasa kenyang yang tahan lama dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

4. Iftar: Tumis Tahu dengan Sayuran

Menu ramadhan sehat selanjutnya yaitu tumis tahu dengan sayuran. Tahu adalah sumber protein nabati yang baik, sementara sayuran seperti paprika, buncis, dan jamur memberikan serat, vitamin, dan mineral penting.

5. Sahur: Overnight Oats dengan Chia Seeds

Overnight oats adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik, sementara chia seeds kaya akan serat, protein, dan asam lemak omega-3. Ini memberikan energi tahan lama dan membantu menjaga kesehatan jantung.

6. Iftar: Ayam Panggang dengan Quinoa dan Sayuran Panggang

Ayam adalah sumber protein hewani yang kaya akan zat besi dan selenium, sedangkan quinoa adalah sumber karbohidrat yang tinggi protein dan serat. Sayuran panggang menambahkan rasa dan nutrisi tambahan.

7. Sahur: Roti Gandum Utuh dengan Selai Kacang

Roti gandum utuh kaya serat dan nutrisi, sedangkan selai kacang memberikan lemak sehat dan protein. Ini adalah sarapan sederhana yang memberikan energi dan rasa kenyang.

8. Iftar: Ikan Panggang dengan Kentang Manis dan Sayuran Rebus

Ikan adalah sumber protein dan asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan jantung dan otak. Kentang manis memberikan karbohidrat kompleks, sementara sayuran rebus menambahkan nutrisi tambahan.

9. Sahur: Yogurt Greek dengan Potongan Buah-Buahan

Menu ramadhan sehat selanjutnya yaitu yogurt greek dengan potongan buah. Yogurt Greek rendah lemak adalah sumber protein dan kalsium yang baik, sementara potongan buah-buahan memberikan vitamin, mineral, dan serat. Ini adalah sarapan ringan yang menyegarkan dan bergizi.

10. Iftar: Tumis Sayuran dengan Tofu dan Nasi Merah

Tofu adalah sumber protein nabati yang kaya akan zat besi dan kalsium, sementara nasi merah memberikan karbohidrat kompleks dan serat. Tumis sayuran memberikan nutrisi tambahan dan rasa yang enak.

11. Sahur: Smoothie Bayam dengan Pisang dan Whey Protein

Smoothie bayam adalah cara yang sempurna untuk menyembunyikan sayuran dalam diet Anda. Pisang memberikan rasa manis alami, sementara whey protein menambahkan asupan protein yang tinggi.

12. Iftar: Daging Ayam Panggang dengan Sayuran Panggang dan Quinoa

Daging ayam adalah sumber protein hewani yang rendah lemak, sementara sayuran panggang memberikan serat dan antioksidan. Quinoa menambahkan nutrisi tambahan dan tekstur yang lezat.

13. Sahur: Telur Rebus dengan Tomat dan Roti Gandum Utuh

Telur rebus adalah sarapan yang cepat dan mudah, sementara tomat memberikan vitamin C dan serat. Roti gandum utuh memberikan karbohidrat kompleks dan serat tambahan.

14. Iftar: Tumis Udang dengan Sayuran dan Nasi Coklat

Udang adalah sumber protein laut yang rendah lemak dan kaya akan selenium, sementara sayuran memberikan serat dan nutrisi tambahan. Nasi cokelat memberikan karbohidrat kompleks dan serat.

15. Sahur: Smoothie Protein dengan Buah-Buahan Segar

Smoothie protein adalah cara yang mudah untuk mendapatkan asupan protein yang tinggi, sementara buah-buahan segar memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan penting.

16. Tumis Tempe dengan Sayuran dan Quinoa

Tempe adalah sumber protein nabati yang tinggi dan kaya akan probiotik yang baik untuk pencernaan. Sayuran dan quinoa menambahkan serat dan nutrisi tambahan.

17. Oatmeal dengan Potongan Buah-Buahan

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik, sementara potongan buah-buahan memberikan rasa manis alami dan serat tambahan.

18. Iftar: Ikan Panggang dengan Kentang Rebus dan Sayuran Kukus

Diet Saat Puasa Ramadhan Sehat

Ikan panggang adalah sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Kentang rebus memberikan karbohidrat kompleks, sementara sayuran kukus menambahkan nutrisi tambahan.

19. Sahur: Smoothie Kacang Hijau dengan Buah-Buahan Segar

Smoothie kacang hijau adalah sumber protein nabati yang tinggi, sementara buah-buahan segar memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan.

20. Iftar: Tumis Sayuran dengan Tahu dan Nasi Merah

Tahu adalah sumber protein nabati yang baik, sementara nasi merupakan sumber karbohidrat yang bagus untuk menghasilkan energi setelah berpuasa seharian. 

Kegiatan Ramadhan Sehat

Selain menjaga asupan makanan, kamu juga perlu mengetahui macam-macam kegiatan Ramadhan sehat. Bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk melakukan banyak kegiatan yang positif agar mendapat banyak manfaat. Adapun kegiatan Ramadhan sehat yang bisa kamu lakukan yaitu:

1. Tadarus Al-Quran

Kegiatan yang sudah seharusnya dilakukan selama bulan puasa yaitu tadarus. Tidak hanya mendapatkan pahala saja, dengan membaca Al-Quran hasti dan batin kamu akan lebih sehat dan tenang. 

2. Berbagi Takjil

Saat puasa kamu juga bisa melakukan kegiatan Ramadhan sehat dengan berbagi takjil bersama teman-teman. Selain menyenangkan, berbagi takjil juga merupakan kegiatan yang dapat mendatangkan pahala. 

3. Ngabuburit

Ngabuburit merupakan kegiatan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Kamu bisa ngabuburit dengan jalan-jalan keliling kota hingga waktu buka puasa tiba.

4. Buka Puasa Bersama

Diet Saat Puasa Ramadhan Sehat

Memasuki bulan Ramadhan, kamu bisa mengadakan acara buka puasa bersama dengan teman-teman. Kegiatan ini tentunya akan mempererat tali silaturahmi dengan sesama teman. 

5. Menyiapkan Menu Berbuka Puasa

Supaya tidak bosan menunggu waktu berbuka puasa, kamu bisa membantu ibu di dapur menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Kamu juga bisa coba memasak berbagai macam menu dari internet.

6. Olahraga Ringan

Meskipun saat puasa harus menahan makan dan minum selama lebih dari 12 jam, namun bukan berarti itu menjadi alasan tidak berolahraga ya. Saat puasa kamu juga harus tetap olahraga supaya kebugaran meningkat. Tidak perlu olahraga yang berat, kamu bisa melakukan yoga, jalan kaki atau lari kecil. Olahraga bisa kamu lakukan pada waktu 1 jam sebelum berbuka puasa. Dengan begitu kamu menerapkan kegiatan Ramadhan sehat.

7. Bersedekah

Ramadhan Sehat

Di bulan yang mulia dan penuh berkah, kamu juga bisa memperbanyak sedekah kepada orang. Sebab dengan bersedekah dapat mendatangkan kebaikan dan mendapatkan banyak pahala. 

8. Bersih-Bersih

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Saat berpuasa juga bukan alasan untuk bermalas-malasan. Kamu juga harus tetap melakukan bersih-bersih rumah seperti menyapu dan mengepel. Dengan begitu kamu menerapkan kegiatan Ramadhan sehat.

9. Mengikuti Kajian

Supaya ibadah puasamu lebih bermakna, mendapat pahala dan banyak ilmu, disarankan untuk mengikuti kajian baik online maupun dengan langsung datang ke masjid terdekat. 

10. I’tikaf di Masjid

Di bulan yang penuh berkah ini, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan i’tikaf di masjid. I’tikaf salah satu kegiatan sunnah yang dilakukan saat bulan puasa. Biasanya orang-orang akan beritikaf di masjid pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. 

Puasa Sehat Bersama Vitameal

Tubuh yang sehat akan membantu kamu dalam menjalani ibadah puasa tanpa sakit. Ada berbagai macam upaya yang bisa kamu lakukan supaya tubuh tetap fit saat puasa, salah satunya dengan mengonsumsi Vitameal.

Vitameal merupakan sereal sehat dengan kombinasi serealia oat dan multigrain yang bagus untuk tubuh. Ada banyak manfaat Vitameal salah satunya mengatasi masalah asam lambung, maag dan gerd. 

Supaya ibadah puasa dapat berjalan lancar tanpa hambatan, maka disarankan untuk mengonsumsi Vitameal baik saat sahur atau berbuka. Tak hanya itu saja, Vitameal juga mampu mengatasi gangguan pencernaan dan mampu menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit selama puasa.

Tinggalkan komentar

Index