Mengulik Manfaat Buah Berry dan 5 Ide Olahan Buah Berry yang Enak

Pasca pandemi COVID-19, kesadaran masyarakat akan kesehatan kian meningkat. Kini masyarakat lebih aware perihal makanan yang masuk ke dalam tubuh, terutama sayur dan buah-buahan.

Ngomong-ngomong soal buah, pernah nggak sih kamu dengar tentang buah berry?

Buah semacam ini memiliki ukuran yang terbilang mini dan rasanya cenderung manis dan asam. Tidak hanya itu, manfaat buah berry juga sudah dikenal di segala penjuru dunia, lho.

Nah, cocok!

Artikel kita kali ini akan membahas mengenai manfaat buah berry, termasuk macam-macam buah berry, nutrisinya, serta ide olahan buah berry yang lezat.

Daripada buang-buang waktu, yuk kita bahas bersama!

Apa Itu Buah Berry?

vitameal

Banyak yang  mengatakan kalau buah berry adalah buah yang paling mudah kamu temukan di seluruh belahan dunia. Buah ini tidak endemik yang hanya tumbuh di iklim tertentu saja, misalnya buah tropis.

Kamu bisa dengan mudah memetiknya di alam liar, menanamnya di kebun belakang rumah, maupun membelinya di toko bahan-bahan makanan. Pun, ada banyak jenis berry yang bisa kamu temukan.

Tidak sampai di situ, buah berry merupakan salah satu makanan yang sangat sehat atau yang dikenal juga dengan superfood. Mengonsumsinya akan membawa banyak kebaikan bagi kesehatan tubuh kita nih, teman mata.

Pada dasarnya, buah berry adalah kategori dalam buah-buahan, sama halnya seperti buah sitrus. Untuk dikatakan sebagai buah berry, buah tersebut harus berasal dari satu bunga dengan satu putih dan beberapa biji.

Fun fact, dalam ilmu botani (ilmu tumbuh-tumbuhan), pisang dan tomat masuk dalam kategori buah berry, lho.

Baca Juga: 3 Idol Korea Ini Berhasil Menjalani Diet Ala Korea Turun 5Kg Dalam 3 Hari, Semuanya Berhasil!

Macam-Macam Buah Berry dan Nutrisinya

vitameal

Tidak sulit mengetahui macam-macam buah berry. Biasanya, buah berry diikuti dengan kata “berry” pada akhir kata sehingga kamu akan mudah mengidentifikasi buah semacam ini.

Melansir dari laman Healthline, ada beberapa macam buah berry dari yang mulai mudah sampai yang jarang ditemukan, di antaranya adalah:

1. Strawberry

Strawberry masuk ke dalam jenis buah berry yang paling mudah ditemukan. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di berbagai tempat, seperti supermarket hingga pasar tradisional.

Buah berry yang satu ini memiliki rasa yang asam with a hint of sweet. Ukurannya pun bervariasi nih, teman mata. Strawberry lokal cenderung berukuran lebih kecil daripada strawberry import, misalnya strawberry Korea.

Kandungan vitamin C pada strawberry tidak main-main. Setiap 100 gr, setidaknya mengandung vitamin C sebanyak 58,8 gr.

2. Cranberry

Bagi masyarakat Indonesia, kita mungkin kurang familiar dengan buah cranberry. Namun, buah berry ini sudah dikonsumsi oleh masyarakat Amerika sejak tahun 1550.

Seperti halnya strawberry, cranberry memiliki rasa yang asam dengan sedikit rasa manis. Usually, orang-orang mengonsumsinya secara langsung maupun menjadi pelengkap masakan.

Pada setiap 100 gr cranberry, kita akan mendapatkan kebaikan dari nutrisinya yang meliputi, karbohidrat, serat, vitamin C, E, dan jenis mineral lainnya.

3. Blueberry

Blueberry memiliki ciri khas berbentuk bulat kecil berwarna biru kehitaman. Buah berry yang satu ini dikenal baik sebagai superfood sebab manfaatnya yang mengagumkan bagi kesehatan tubuh kita.

Berbeda dengan jenis berry sebelumnya, rasa blueberry cenderung lebih manis. Biasanya, orang-orang mengonsumsinya untuk dijadikan sebagai bahan pada smoothies atau smoothie bowl.

4. Raspberry

Raspberry (Rubus idaeus) merupakan buah yang berasal dari Amerika Utara dan Asia. Pada awalnya, raspberry ditemukan oleh orang-orang di alam liar di daerah pegunungan, namun saat ini buah berry yang satu ini sudah banyak dibudidayakan.

Raspberry memiliki bentuk menyerupai blackberry dengan warna buah kemerahan. Ketika kamu memetiknya, bagian tengah raspberry akan nampak berlubang.

Untuk nutrisinya sendiri, raspberry kaya akan vitamin C, E, antioksidan lutein, zeaxanthin, likopen, beta karoten, serta selenium.

Wah, ternyata kandungan raspberry sebagus itu ya, teman mata.

5. Goji berry

Goji berry dikenal juga dengan sebutan wolfberries merupakan buah berry yang berasal dari daratan Asia. Manfaat buah berry yang satu ini tidak diragukan lagi sehingga telah dipercaya sebagai obat tradisional sejak ribuan tahun yang lalu.

Manfaat buah berry yang satu ini pun telah dibuktikan dalam berbagai studi penelitian berjudul An Evidence-Based Update on the Pharmacological Activities and Possible Molecular Targets of Lycium barbarum Polysaccharides dan Goji Berries as a Potential Natural Antioxidant Medicine: An Insight into Their Molecular Mechanism of Action.

Adapun manfaat goji berry seperti menjaga kesehatan mata, memperkuat fungsi hati, paru-paru, ginjal, serta memperlambat proses penuaan.

Seperti buah berry lainnya, goji berry memiliki rasa yang manis dan asam dengan corak merah yang cerah. Kendati demikian, buah ini jarang dikonsumsi saat segar, melainkan dikeringkan atau dijadikan bubuk.

6. Gooseberry

Ribes uva-crispa atau yang dikenal juga dengan nama gooseberry adalah kelompok berry yang berasal dari area beriklim sedang di Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Gooseberry pertama kali dibudidayakan pada tahun 1276. Nyatanya, buah berry yang satu ini cocok untuk memenuhi ‘koleksi’ tanaman di taman belakang rumahmu.

Physically, setidaknya ada 4 warna gooseberry, meliputi merah, kuning, hijau, dan putih. Perlu kamu tahu, di Indonesia juga ada jenis gooseberry yang dapat dengan mudah kamu temukan yaitu ‘ciplukan’.

7. Huckleberry

Sekilas, bentuk huckleberry hampir mirip dengan blueberry. Jenis berry yang satu ini banyak ditemukan di sepanjang bagian timur Amerika Utara, pegunungan Andes, dan daerah pegunungan lainnya di Amerika Selatan.

Huckleberry memiliki bentuk yang kecil dan berwarna merah dan ungu. Ngomong-ngomong soal nutrisinya, huckleberry kaya akan vitamin C dan antioksidan, lho

8. Marionberry

Tak banyak yang tahu mengenai jenis berry ini, marionberry merupakan kelompok kultivar dsri blackberru yang pertama kali dikembangkan  pada tahun 1950 an oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Dalam prosesnya, instansi tersebut bekerja sama dengan Oregon State University. For your information, nama ‘marionberry’ berasal dari Marion County di daerah Oregon di mana jenis berry ini pertama kali dikembangkan.

Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, manfaat berry marionberry di antaranya adalah melawan kanker dan menjaga sirkulasi darah.

9. Açai berry

Açai berry adalah buah yang menyerupai anggur yang berasal dari hutan tropis di wilayah Amerika Selatan. Buah ini dipanen langsung dari pohon palem açai.

Generally, buah berry açai dinikmati dalam berbagai bentuk, misalnya dikeringkan, dibekukan (untuk jus atau smoothies), dibubukkan, dan masib banyak lagi.

Açai berry mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan antioksidan utama berupa antosianin bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan daya ingat, serta mencegah kanker.

Manfaat Buah Berry Untuk Tubuh

vitameal

Seperti yang telah kita ketahui bersama, manfaat buah berry tak terelakkan lagi. Bahkan, hal ini telah dibuktikan di dalam berbagai jurnal penelitian, di antaranya Recent Studies on Berry Bioactives and Their Health-Promoting Roles dan Article Review of the Health Effects of Berries and Their Phytochemicals on The Digestive and Immune Systems.

Meskipun demikian, ahli medis telah menyimpulkan kumpulan manfaat buah berry untuk tubuh, yaitu:

  • Kaya akan antioksidan
  • Meningkatkan respon insulin dan kadar gula dalam darah
  • Tinggi serat yang bagus untuk pencernaan
  • Mengandung berbagai nutrisi
  • Membantu melawan peradangan
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Baik untuk kesehatan kulit
  • Mencegah kanker
  • Aman untuk segala jenis diet
  • Menjaga kesehatan arteri
  • Memiliki rasa yang lezat

Ide Olahan Buah Berry

vitameal

Sebenarnya, jenis buah apapun paling nikmat apabila dimakan secara langsung tanpa melalui proses pengolahan tertentu. Namun, diperlukan juga kreativitas untuk membangun image bahwa makan buah sangat menyenangkan.

Adapun di bawah ini ide olahan buah berry yang patut kamu coba setidaknya once in a lifetime (ceileh…), seperti:

1. Smoothies

Sekilas, smoothies mirip dengan jus buah, namun teksturnya cenderung lebih kental. Biasanya, buah berry yang digunakan untuk smoothies harus dibekukan terlebih dahulu.

Sebelum disantap, kamu bisa menuangkannya ke dalam gelas maupun mangkuk yang diberi berbagai jenis topping di atasnya, seperti chia seed, coconut flakes, buah potong, dan masih banyak lagi.

Selain enak, manfaat buah berry sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, ahli medis sangat menyarankan untuk memasukkannya sebagai menu harian.

2. Selai

Selai merupakan ‘soulmate’ roti, khususnya roti tawar. Biasanya kita mengolesnya pada salah satu sisi dan kemudian menyantapnya sebagai menu sarapan.

Daripada membeli selai kemasan, kita bisa dengan mudah membuatnya sendiri dengan menyiapkan hanya 3 bahan saja, yaitu buah berry, gula pasir, dan perasan lemon.

Masaklah semua bahan-bahan tersebut dengan menggunakan api kecil hingga berubah tekstur menjadi lebih kental. Selai siap dinikmati dengan roti pilihan kamu.

3. Sirup

Olahan berry yang satu ini bisa kamu nikmati dalam bentuk minuman, nih. Rasanya yang manis dan asam akan menambah kesegaran yang tak tertandingi. Terlebih lagi, sirup biasanya dinikmati dalam keadaan dingin.

Tak hanya itu, manfaat buah berry tetap dapat kamu peroleh jika sirup yang kamu konsumsi merupakan produk buatan rumah (handmade). Bahan-bahan yang alami dan minim pengawet menjadi suatu kelebihan yang lebih menonjol apabila dibandingkan dengan sirup kemasan.

4. Sorbet

Ingat ya, namanya sorbet bukan serbet. Sorbet adalah sejenis ice cream yang biasanya terbuat dari buah alami. Rasanya pun cenderung lebih segar sebab tidak mengandung susu atau krim sedikitpun.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan buah dengan gula atau madu sebagai pemanis dan air secukupnya. Setelah itu, tuangkan di dalam wadah dan bekukan di dalam freezer.

Sesaat setelah membeku, keluarkan dari freezer, kemudian serut jus buah berry tersebut dan berilah perasan lemon secukupnya. Masukkan lagi ke dalam freezer dan sorbet siap dinikmati.

5. Sereal

Selain ide olahan di atas, kamu juga bisa merasakan manfaat buah berry apabila dikonsumsi dengan sereal. Tentunya, sereal yang digunakan pun harus sereal sehat yang rendah akan gula seperti Vitameal, ya.

Perlu kamu tahu, Vitameal merupakan sereal sehat dan enak yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas seperti Psyllium husk, oat, susu kambing Etawa, stevia, dan diperkaya oleh buah-buahan dan mix berries.

Oh iya, Vitameal juga cocok banget buat kamu yang ingin sarapan praktis namun tetap sehat. Kamu hanya perlu menyeduhnya dengan air hangat dan Vitameal siap dinikmati kapan saja dan di mana saja.

Bukan hanya manfaat buah berry, kamu pun akan turut merasakan manfaat dari bahan-bahan unggulan Vitameal lainnya, lho.

Cari sereal enak dan menyehatkan? Vitameal jawabannya!

Vitameal, your tasty healthy meal!

Tinggalkan komentar

Index