Multigrain, Superfood dengan 5 Manfaat Utamanya Bagi Kesehatan

vitameal

Angka terjadinya penyakit kronis bisa jadi mengalami penurunan. Pasalnya, saat ini masyarakat sudah mulai menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Agaknya, semua ini disadari sejak pandemi Covid-19 merebak ke seluruh belahan bumi. Beragam upaya telah dilakukan, mulai dari berolahraga secara rutin, banyak mengonsumsi buah dan sayur, serta memilih makanan yang bergizi tinggi, seperti multigrain.

Sudah sering mendengar istilah tersebut, namun tahukah kamu apa itu multigrain?

Buat kamu yang penasaran, kita akan mencoba mengulas secara detail mengenai apa itu multigrain, jenis-jenisnya, hingga manfaatnya bagi kesehatan.

Rugi deh kalau sampai kelewatan!

Multigrain Adalah…

vitameal

Pernahkah kamu mendengar istilah multigrain?

Sebenarnya, istilah ini terdiri dari dua kata, yaitu “multi” yang berarti banyak atau lebih dari satu, dan “grain” yang berarti biji-bijian. Bisa disimpulkan kalau “multigrain” artinya banyak biji-bijian.

Baca Juga: 4 Manfaat Oatmeal yang Tidak Banyak Diketahui, Mitos atau Fakta?

Dalam penggunaannya, istilah ini merujuk pada makanan yang terbuat dari banyak jenis biji-bijian. Tidak hanya lezat, multigrain merupakan jenis makanan yang kaya akan nutrisi, mulai dari serat, vitamin, mineral, dan masih banyak lagi.

Ahli medis mengatakan bahwa konsumsi biji-bijian perlu digencarkan. Pendapat ini didasarkan pada tingginya angka peningkatan penyakit jantung di Indonesia. Bahkan, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia.

Multigrain sudah sejak dulu dikenal akan manfaat utamanya dalam menjaga kesehatan jantung, sehingga akan sangat berdampak kalau penggunaan biji-bijian lebih di-masif-kan hingga ke seluruh lapisan masyarakat.

Bagaimanapun, kita tidak akan bosan untuk mengonsumsi biji-bijian sebab ada begitu  banyak ide olahan yang inovatif, lezat dan tentunya menyehatkan, seperti roti, kue, popcorn, oatmeal, sereal, hingga susu.

Jadi, sudah tertarik untuk mulai mengadopsi multigrain dalam menu makanmu belum, nih?

Jenis-Jenis Multigrain

vitameal

Tak kenal, maka tak sayang. Inilah sebuah ungkapan yang menyatakan bahwa mengenal seseorang atau seseorang itu penting untuk memupuk rasa sayang. Pun, sama halnya dengan pembahasan kita kali ini.

Multigrain terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Kendati demikian, kita perlu mengetahui apa saja jenis-jenis multigrain berikut kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti:

1. Beras merah

Sebagai orang Indonesia, tentunya kita tidak asing lagi dengan beras. Makanan pokok yang satu ini menjadi salah satu sumber karbohidrat yang berperan dalam pembentukan energi.

Bukan beras putih, multigrain yang pertama adalah beras merah. Sesuai dengan namanya, jenis beras yang satu ini memiliki ciri khas yaitu berwarna merah.

What’s more, beras merah mengandung senyawa tumbuhan bermanfaat serta deretan nutrisi yang sangat memukau. Beras merah digadang-gadang lebih baik daripada beras putih sebab kaya akan protein dan serat.

Bahkan, dalam sebuah jurnal penelitian yang berjudul Optimization of Flavonoid Extraction from Red and Brown Rice Bran and Evaluation of the Antioxidant Properties disebutkan bahwa beras merah penuh dengan antioksidan flavonoid, termasuk myricetin, anthocyanins apigenin, dan quercetin.

Diperoleh kesimpulan dari hasil penelitian tersebut bahwa beras merah potensial untuk menangkal radikal bebas, menurunkan risiko penyakit kronis (penyakit jantung dan diabetes tipe 2), serta mengatasi peradangan di dalam tubuh.

2. Jagung

Jagung yang memiliki nama latin Zea mays merupakan biji-bijian sehat yang diperkaya dengan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, antosianin, asam ferulic, dan asam asam fitik.

Melansir dari laman Healthline, ada beberapa manfaat jagung untuk kesehatan, di antaranya seperti menjaga kesehatan mata, mencegah terjadinya penyakit divertikular serta menurunkan risiko tubuh terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

3. Kacang kedelai

Kedelai (Glycine max) adalah jenis biji-bijian yang berasal dari wilayah Asia bagian timur. Merupakan komponen penting dalam makanan Asia, kedelai telah dikonsumsi selama ribuan tahun lamanya.

Kedelai menawarkan berbagai senyawa tumbuhan yang bermanfaat, bahkan multigrain yang satu ini digadang-gadang sebagai sumber protein nabati yang powerful.

Berbagai penelitian telah dilakukan guna membuktikan manfaat kedelai bagi kesehatan, yang antara lain seperti menurunkan risiko terkena penyakit kanker dan meringankan gejala menopause bagi kaum hawa.

On the other hand, konsumsi kedelai berlebihan dapat mengakibatkan masalah pencernaan. Jadi, konsumsi secukupnya saja, ya.

4. Oat 

Oat adalah biji-bijian yang mengandung sumber karbohidrat yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan berbagai senyawa tumbuhan unik.

Multigrain semacam ini patut untuk dipertimbangkan untuk dikonsumsi sehari-hari sebab ada banyak manfaat untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh, seperti menurunkan kadar kolesterol serta meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Manfaat Multigrain

vitameal

Multigrain diperkaya dengan aneka macam nutrisi yang bisa kamu andalkan untuk memelihara kesehatanmu. Bukan tanpa alasan, klaim tersebut telah dibuktikan melalui banyak studi penelitian sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Ini adalah alasan mengapa para ahli medis dan ahli gizi merekomendasikan untuk memasukkan biji-bijian ke dalam menu sehatmu.

1. Kaya akan antioksidan

Antioksidan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Di dalam tubuh, kandungan antioksidan bertugas menangkal radikal bebas yang memicu berbagai penyakit serius, misalnya kanker.

Nah, dengan mengonsumsi multigrain, itu berarti kita membantu memenuhi asupan antioksidan yang nantinya dibutuhkan untuk mencegah terjadinya kanker.

2. Mengontrol kadar kolesterol

Di dalam tubuh, ada kolesterol jahat yang dinamakan sebagai LDL (Low Density Lipoprotein). Kolesterol jenis ini berkontribusi terhadap pembentukan lemak pada arteri yang meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Multigrain berupa oat mengandung beta-glucan yang memegang peranan penting dalam mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Oleh sebab itu, sayangi jantung kita dengan mengonsumsi biji-bijian.

3. Melancarkan pencernaan

Para ahli membuktikan bahwa serat dalam makanan merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan. Begitu pun juga pada serat yang terkandung di dalam multigrain.

Pada multigrain, serat bermanfaat dalam meningkatkan meningkatkan berat dan ukuran feses serta melunakkannya. Hal ini membantu memudahkan keluarnya feses dan mencegah terjadinya sembelit.

4. Menurunkan risiko diabetes

Salah satu jenis multigrain yaitu beras merah dikenal lebih baik daripada beras putih sebab mengandung indeks glikemik rendah, di mana indeks glikemik dinyatakan dalam angka yang merujuk pada kecepatan proses pemecahan karbohidrat di dalam tubuh menjadi glukosa.

Memiliki indeks glikemik rendah, beras merah bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah serta menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2.

5. Menjaga berat badan tetap sehat

Siapa sih yang tidak ingin punya berat badan ideal?

Bagi kamu yang mendambakan berat badan sehat dan ideal, kamu perlu mempertimbangkan manfaat multigrain yang satu ini.

Serat yang terkandung di dalam biji-bijian mampu memberikan rasa kenyang tahan lama namun rendah kalori, bahkan biji-bijian cocok dijadikan sebagai snack di sela-sela jam makan tanpa khawatir jarum timbangan bergeser ke arah kanan.

Belum banyak dikenal, nyatanya hal tersebut tidak menyurutkan para ahli medis untuk merekomendasikan multigrain sebagai makanan pelengkap. Bagaimanapun, kebaikannya akan kembali ke diri kita sendiri, kok.

Buat kamu yang masih bingung ingin mengonsumsi makanan seperti apa yang mengandung multigrain, kamu bisa memilih Vitameal, nih.

Vitameal merupakan sereal enak dan sehat yang mengandung multigrain seperti beras merah, jagung, kacang kedelai, serta oat. Tidak hanya itu, bahan berkualitas lainnya juga bisa kamu peroleh manfaatnya, mulai dari susu kambing Etawa, psyllium husk, stevia, buah-buahan, serta mixed berries.

Jangan khawatir, nutrisi Vitameal lengkap-lengkip. Kamu bisa mendapatkan kebaikan dari antioksidan, vitamin, mineral, dan serat hanya dengan mengonsumsi Vitameal secara rutin setiap hari.

Jadi, yuk mulai rutin konsumsi multigrain dengan Vitameal!

Vitameal, your tasty healthy meal!

Tinggalkan komentar

Index