Efek Samping Susu Kambing Etawa dan 10 Manfaatnya Untuk Kesehatan

Bagi kaum muslim, kambing merupakan hewan yang dihargai. Maksud dihargai di sini ialah bahwa kambing masuk dalam salah satu hewan yang boleh dikurbankan saat Hari Raya Idul Adha. Bagaimanapun, kurban semacam ini bernilai ibadah.

Dagingnya pun enak asalkan diolah dengan tepat agar tidak berbau ‘prengus’ (bau khas kambing), misalnya menjadi sate, sop, gulai, tongseng, dan lain sebagainya. Namun, tahukah kamu kalau kambing bukan hanya bisa dinikmati dagingnya saja melainkan juga susunya, seperti halnya pada susu kambing etawa.

Mungkin kita sudah sering mendengar perihal susu kambing etawa ya, teman mata. Tetapi, apakah ada dari kalian yang tahu apa manfaat serta efek samping susu kambing etawa?

Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai apa efek samping susu kambing etawa berikut manfaat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Stay tuned!

Susu Kambing Etawa

vitameal

Selama ini, kita lebih mengenal susu sapi. Faktanya, hampir semua produk susu yang beredar dihasilkan berasal dari sapi, entah itu susu segar, kemasan, mupun susu bubuk.

Tetapi, ada juga susu kambing yang disinyalir lebih sehat dari susu sapi nih, tekanan mata. Susu kambing etawa salah satunya.

Basically, susu kambing etawa adalah susu yang dihasilkan dari jenis kambing Jamnapari atau Jamunpari. Sebutan etawa diberikan karena kambing tersebut berasal dari sebuah distrik bernama Etawah di Uttar Pradesh yang merupakan negara bagian India.

Selain diambil susunya, jenis kambing tersebut dipelihara oleh masyarakat untuk diambil dagingnya untuk dikonsumsi. Siapa sangka, jenis kambing ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: 5 Manfaat Energi Untuk Tubuh Dan Contoh Makanan Sumber Energi Agar Harimu Selalu Produktif

Adapun nutrisi pada susu kambing etawa yang menjadikannya lebih unggul dari susu sapi. Berikut di bawah ini deretan nutrisi susu kambing etawa per gelas (200 ml), yaitu:

  • 130 kkal kalori
  • 9 gr protein
  • 13 gr karbohidrat
  • 5 gr lemak
  • 200 mg kalsium
  • 320 gr kalium
  • 5 mg zat besi
  • 160 mg fosfor
  • 70 mg natrium

Tidak hanya itu, susu kambing etawa juga diperkaya dengan kandungan beragam vitamin seperti vitamin A, B1, B3, C, aerta seng dan tembaga. Jadi, yakin nih tidak mau minum susu kambing etawa?

Manfaat Susu Kambing Etawa

vitameal

Manfaat susu kambing etawa sudah dikenal dengan baik hingga ke seluruh dunia. Tidak heran kalau saat ini sudah banyak orang yang mulai beralih dari susu sapi ke susu kambing demi tubuh yang lebih sehat.

Meskipun demikian, apa saja sih manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan?

Nah, di bawah ini merupakan 10 manfaat susu kambing etawa yang wajib kamu tahu, di antaranya yaitu:

1. Mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Sudah menjadi rahasia umum kalau susu kambing etawa memiliki protein lebih banyak dari susu sapi. Kalau kita melihat dari nutrisi per takaran 200 ml, kita akan mendapati bahwa susu sapi mengandung 6 mg protein, sedangkan susu kambing mengandung 9 mg protein.

Padahal, protein merupakan nutrisi yang sangat diperlukan oleh anak dalam proses tumbuh kembangnya. Protein berperan penting dalam proses pembentukan jaringan dan sel tubuh. Selain itu, protein berfungsi sebagai sumber energi serta memelihara imunitas tubuh.

Nah, perlu kamu tahu, protein hewani merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk mencegah stunting. Jadi, Ayah-Bunda bisa banget nih beralih dari susu sapi ke susu kambing etawa untuk memenuhi kebutuhan protein anak.

Oh iya, susu kambing etawa tidak disarankan untuk dikonsumsi anak-anak berusia di bawah 1 tahun, ya.

2. Menunjang pertumbuhan tulang

Kandungan kalsium dan fosfor dalam susu kambing etawa berperan dalam menunjang pertumbuhan tulang, lho. Keduanya merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang kita.

Anak-anak yang tercukupi kebutuhan kalsiumnya, kelak akan memiliki tulang yang kuat dan sehat saat menginjak usia dewasa. Selain kuat, tubuh mereka pun terbilang lebih tinggi nih.

Bagaimanapun, kalsium bagi orang dewasa berfungsi untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Di samping itu, kalsium berperan dalam proses pembekuan darah, mengatur denyut jantung, kontraksi otot, serta memastikan saraf berfungsi dengan normal.

3. Mengurangi risiko alergi

Seringkali Ayah-Bunda khawatir mengenai susu apakah yang cocok untuk anak-anak dengan alergi susu sapi. Nah, susu kambing etawa jawabannya!

Susu kambing etawa berisiko lebih rendah menyebabkan alergi ketimbang susu sapi. Jadi, bisa banget nih kalau Ayah-Bunda ingin menjadikan susu kambing sebagai alternatifnya.

Namun perlu diingat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata sebelum mengonsumsi susu kambing etawa, ya.

4. Menjaga kadar kolesterol

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, namun kalau terlalu banyak justru dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, stroke, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu ingin menurunkan kadar kolesterol namun masih ingin minum susu, kamu disarankan untuk minum susu kambing etawa karena ia mengandung lemak jenuh lebih sedikit dari susu sapi.

Per 200 ml, susu kambing mengandung 5 gr lemak jenuh, sedangkan lemak jenuh pada susu sapi mencapai angka 7 gr. Meskipun tidak terlalu signifikan, selisih 2 gr akan sangat berarti bagi kesehatan tubuh. Bukan begitu?

Nah, buat kamu yang memiliki kolesterol tinggi, kamu aman banget minum susu kambing etawa, nih. Bahkan, klaim akan manfaat ini telah dibuktikan dalam jurnal penelitian, lho.

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Bukan hanya keluarga sitrus, susu kambing etawa juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, lho.

Minum susu kambing etawa dapat meningkatkan jumlah imunoglobulin dalam tubuh, yang mana immunoglobulin merupakan jenis protein yang diproduksi oleh sel kekebalan tubuh. Protein ini berfungsi untuk melawan virus, bakteri, jamur, dan berbagai macam penyakit.

Meskipun manfaat susu kambing etawa yang satu ini sudah dibuktikan melalui studi penelitian, namun studi penelitian lanjutan masih dibutuhkan.

6. Intoleransi laktosa rendah

Tidak hanya susu sapi, laktosa pun terkandung di dalam susu kambing. Normally, enzim laktase di dalam tubuh berperan sebagai pemecah laktosa yang mana laktosa dipecah menjadi gula dalam bentuk yang lebih mudah diserap sebagai sumber energi.

Namun, ada sebagian orang yang mengalami intoleransi laktosa di mana tubuh mereka tidak memproduksi enzim ini dengan cukup. Umumnya, akan muncul reaksi setelah minum susu kambing etawa seperti sakit perut, diare, buang angin terus menerus, kembung, dan kram perut.

Karena kandungan laktosa pada susu kambing etawa lebih rendah dari susu sapi, susu ini aman dikonsumsi buat kamu yang menderita intoleransi laktosa.

7. Ramah bagi penderita tukak lambung

Susu kambing etawa mampu aman dikonsumsi oleh penderita lambung karena tidak memicu peningkatan asam lambung. Bahkan, susu kambing mampu mencegah goresan atau luka yang diakibatkan oleh asam lambung yang meningkat.

Jadi, susu kambing etawa disinyalir aman dikonsumsi bagi penderita tukak lambung. Tetapi, jangan konsumsi berlebihan dan tetap diimbangi dengan makanan bergizi tinggi lainnya, ya.

8. Memaksimalkan fungsi pencernaan

Susu kambing mengandung prebiotik yang lebih tinggi dari susu sapi, bahkan prebiotik jenis ini sama seperti prebiotik yang terkandung di dalam ASI (Air Susu Ibu).

Berkat kandungan prebiotik ini, susu kambing etawa dikenal akan manfaatnya dalam melancarkan dan memaksimalkan fungsi pencernaan karena menunjang pertumbuhan bakteri baik di usus.

9. Mengurang risiko serangan jantung

Susu kambing etawa mengandung asam lemak omega-6 bernama Conjugated Linoleic Acid (CLA). CLA dikenal baik untuk kesehatan jantung, di antaranya menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung.

Kalau kamu ingin memiliki jantung yang sehat, kamu bisa mempertimbangkan untuk rutin minum susu kambing etawa.

10. Mencegah katarak

Kandungan vitamin A dalam susu kambing etawa membawa manfaat untuk mata, nih. Setiap 200 ml, ada sekitar 76 mg vitamin A yang terkandung di dalamnya. Angka ini terbilang cukup tinggi, lho.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, vitamin A dikenal baik untuk memelihara kesehatan mata dan fungsi penglihatan, serta mencegah berbagai penyakit mata, misalnya katarak.

Apakah Ada Efek Samping Susu Kambing Etawa?

vitameal

Pengonsumsian susu kambing etawa mulai masif saat ini. Masyarakat mulai mengenal manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan, mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko penyakit jantung, dan lain-lain.

Kalau dibandingkan dengan susu sapi, reaksi minum susu kambing etawa akan sedikit lebih berbeda sebab banyak orang yang mengatakan kalau baunya sedikit lebih ‘prengus’. Namun, hal tersebut tidak begitu mengganggu, kok.

Namun, banyak juga yang penasaran “Apakah ada efek samping susu kambing etawa?”. Maka, jawabannya adalah ADA.

Efek samping susu kambing etawa memang tidak selalu terjadi, tetapi setidaknya kita harus tahu untuk mencegahnya terjadi. Menurut ahli medis, ada beberapa efek samping susu kambing etawa, yaitu:

  • Muntah
  • Mual
  • Sakit kepala
  • Ruam atau bintik merah
  • Gatal-gatal 
  • Alergi
  • Asidosis (penurunan kadar pH dalam tubuh)
  • Susah tidur
  • Dehidrasi
  • Peningkatan berat badan
  • Kejang-kejang 

Pada dasarnya, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Oleh karenanya, minum susu kambing etawa secukupnya untuk mencegah efek samping susu etawa yang tidak diinginkan.

Nah, kalau kamu ingin mendapatkan kebaikan susu kambing etawa namun dengan dosis yang wajar, kamu bisa nih minum atau makan sereal sehat Vitameals.

Vitameals itu apa sih?

Jadi, Vitameals adalah sereal sehat dan enak yang terbuat dari bahan-bahan unggulan berkhasiat tinggi seperti oat, mixed berries, Psyllium husk, stevia, multigrain dan susu kambing etawa.

Vitameals cocok dikonsumsi buat kamu yang ingin makan sehat namun tetap terasa enak. Manfaatnya pun tidak diragukan lagi, mulai dari menjaga berat badan, sumber energi, baik untuk kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

Mau makan sehat tapi masih tetap enak?

Yuk, cobain sereal sehat Vitameals!

Your tasty healthy meal!

Tinggalkan komentar

Index